2 Rumus Lightroom Pastel yang Sudah Teruji Keren

Bagi yang tau dengan selebgram bernama Nabilazirus tentu saja tidak akan asing lagi dengan rumus lightroom pastel, karena ia adalah salah satu pemakai rumus ini.

Mengapa harus rumus lightroom pastel? karena memiliki warna yang sangat lembut dengan perpaduan warna merah dan orange membuat nyaman saat melihatnya.

Sebelumnya kita sudah membahas rumus lightroom peach ala selebgram. Nah kali ini tampilannya tidak jauh berbeda dengan rumus tersebut hanya saja ada beberapa perbedaan saja.

Tutorial Edit Rumus Lightroom Pastel

Untuk kalian nih yang suka banget upload foto di instagram akan cocok banget dengan rumus lightroom pastel, karena warnanya yang indah dan tidak mencolok tidak akan merusak feed instagram kalian.

Namun sebelum masuk ke tutorial edit rumus lightroom pastel, saya sarankan untuk menggunakan foto yang sedikit lebih terang untuk diedit.

Jika kalian sudah memiliki foto yang gelap silahkan coba saja dulu. Namun sangat direkomendasikan untuk mengulang foto kembali karena cukup dengan android kamu sudah bisa mendapatkan foto yang lebih baik.

Disini sudah saya sediakan rumus lightroom pastel secara lengkap, jadi kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan aplikasi lightroom di androidnya masing-masing.

1. Pencahayaan (light) Rumus Lightroom Pastel

Mengapa saya merekomendasikan untuk menggunakan foto yang lebih terang? jawabannya karena rumus yang saya gunakan sangat cocok untuk foto yang seperti itu.

Silahkan teman-teman ikuti preset lightroom pastel berikut dan pastikan sesuai dengan apa yang ada.

Exposure+0,53EV
Contrast-17
Highlight-32
Shadows+28
Whites0
Black0

2. Warna (color) Rumus Lightroom Pastel

Selanjutnya masuk ke menu warna dibagian samping cahaya. Bagian ini memiliki peran yang cukup penting dalam membentuk filter pastel.

Namun kamu bisa menyesuaikannya dengan keadaan foto kalian, artinya kamu bisa mengubah sedikit settingannya agar pas dengan foto yang diedit.

Temp+9
Tint+11
Vibrance+22
Saturation+10

3. Campuran Warna (color mix) Rumus Lightroom Pastel

Setelah itu masuk ke bagian campuran warna yang bertuliskan CMPRN untuk membukanya.

Disini saya hanya mengedit empat warna saja dan membiarkan warna lainnya dengan pengaturan default. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat tabel dibawah.

WarnaHueSaturationLuminance
Merah-22+39-2
Oren-23-18+34
Kuning+41+9+47
Hijau-35-64-55

4. Efek (effect)

Selanjutnya kita atur pengaturan efek yang berisikan tool clarity, dehaze dan vignette agar nuansa dari preset pastel lebih terlihat.

Langsung saja ikuti atau duplikat pengaturan dibawah ke dalam lr kalian dan kamu juga bisa mengubah pengaturan tersebut agar lebih bagus hasilnya.

Clarity+22
Dehaze-7
Vignette0

5. Split Tone

Dibagian ini berfungsi untuk mengenalkan warna-warna yang lebih dominan digunakan kepada highlight dan shadows. Dan untuk balance turunkan hingga -83.

Baca juga: Rumus Lightroom Orange

NamaHS
Highlight2429
Shadows585.0

6. Detail Rumus Lightroom Pastel

Langkah terakhir kita atur settingan dalam bagian detail yang berlambang segitiga. Untuk settingannya silahkan ikuti tabel berikut.

Sharpening14
Radius1,00
Detail25
Masking0
Color Noise Reduction17
Detail50
Smoothness50

Dengan ini kita sudah berhasil memasukan rumus lr ke dalam foto yang sedang diedit. Selanjutnya kamu bisa menyalin rumus yang sudah dibuat untuk ditempel ke foto lain yang belum diedit.

Kesamaan hasil dari contoh yang saya buat dengan kalian itu tergantung dari cahaya dan warna dasar yang dimiliki oleh foto. Oleh sebab itu jika ada perbedaan saya mohon maaf.

Rumus Lightroom Pink Pastel Tone

Rumus Lightroom Pink Pastel Tone

Jika kurang puas dengan rumus lightroom pastel pertama tenang saja karena saya akan membagikan preset lightroom pastel lainnya yang tidak kalah keren dengan yang pertama.

Untuk hasilnya sendiri bisa kalian lihat dalam foto diatas, terlihat sangat jelas perbedaan antara foto yang belum diedit dengan foto yang sudah diedit menggunakan rumus lightroom pastel tone.

Rumusnya sendiri sudah saya rangkum menjadi satu gambar, jadi kalian bisa langsung menduplikat pengaturannya tersebut.

Rumus Lightroom Pink Pastel Tone

Saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan mengenai rumus lightroom pastel mobile yang sering digunakan oleh selebgram. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat.

Leave a Comment