Jenis-Jenis Fotografi yang Wajib Diketahui

Jenis-Jenis Fotografi yang Wajib Diketahui

Jenis-Jenis Fotografi Terbaik – Pada zaman modern saat ini, foto sangat mudah untuk dijumpai baik itu dipajang di dinding maupun di smartphone. Foto tersebut bisa menampilkan berbagai subjek, mulai dari hewan, tumbuhan, pemandangan alam maupun yang lainnya.

Sebuah foto bisa memiliki value yang sangat tinggi, walaupun hanya sebuah foto namun bisa mengungkapkan seribu kata. Selain itu foto juga memiliki kemampuan menyampaikan arti yang baru pada sebuah situasi tertentu.

15 Jenis Fotografi yang Wajib Fotografer Ketahui

Berikut ini adalah beberapa jenis jenis fotografi yang wajib fotografer ketahui, antara lain.

1. Fotografi Jurnalistik

Fotografi Jurnalistik

Fotografi jenis ini identik dengan fotografer yang ahli, tapi sebenarnya fotografi jenis ini bisa dilakukan oleh fotografer begginer. Salah satu faktor kenapa jenis fotografi ini hanya dilakukan oleh ahli fotografer adalah para fotografer harus yakin jika foto tersebut mempertahankan keaslian dari peristiwa yang terjadi.

Umumnya fotografer yang suka dengan fotografi jurnalistik akan memotret selebriti maupun kejadian-kejadian tertentu. Industri hiburan biasanya menggunakan Fotografi Jurnalistik untuk dimuat dalam website maupun media mereka.

Baca Selengkapnya di Tips Foto Jurnalistik.

2. Fotografi Dokumenter

Jenis Fotografi Dokumenter

Fotografi jenis ini mampu mendeskripsikan sebuah peristiwa hanya melalui gambar saja. Fotografi jenis ini berbeda dengan fotografi jurnalistik, umumnya foto dokumenter ditujukan sebagai sebuah dokumen sosial maupun sejarah era politik pada suatu negara.

Sedangkan fotografi jurnalistik menggambarkan peristiwa tertentu saja. Fotografer yang menyukai jenis fotografi ini akan memotret para tunawisma di pusat kota.

Baca Selengkapnya di Fotografi Dokumenter.

3. Fotografi Aksi

Fotografi Aksi

Selanjutnya adalah Fotografi Aksi, para fotografer aksi hanya memotret momen-momen yang menarik dalam sebuah pertandingan olahraga.

Selain itu para fotografer aksi juga harus mengetahui kejadian sebelum kejadian tersebut terjadi (menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya). Hal tersebut bertujuan supaya para fotografer bisa bersiap-siap terlebih dahulu dan tidak ketinggalan momen.

Momen-momen menarik dalam pertandingan olahraga terjadi secara cepat, jadi anda harus terus bersiap-siap dengan kamera dan settingan kamera anda.

Jenis Fotografi ini menggunakan shutter speed yang cukup tinggi, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil foto yang freeze.

4. Fotografi Mikro

Fotografi Mikro

Fotografi Mikro ini menggunakan perangkat khusus untuk bisa menangkap objek yang berukuran sangat kecil. Fotografi ini sering digunakan dalam bidang ilmiah, baik itu di bidang biologi, astronomi maupun kedokteran.

Tapi untuk melakukan jenis fotografi ini, anda harus membeli beberapa komponen tambahan.

5. Fotografi Makro

Fotografi Makro

Jenis fotografi yang selanjutnya adalah Fotografi Makro, jenis fotografi ini mengharuskan para fotografer mengambil gambar secara dekat. Jika anda ingin memotret makro dengan kamera DSLR atau mirrorless, anda harus menggunakan lensa makro.

Karena biasanya lensa kit/bawaan tidak bisa memotret makro. Tapi saat ini ada beberapa perangkan smartphone yang bisa memotret makro.

Objek jenis fotografi ini bisa berbentuk bunga, serangga, butir air ataupun objek lainnya yang jika di close up bisa menghasilkan detail gambar yang indah.

6. Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan
snapshot.canon-asia.com

Fotografi pernikahan merupakan perpaduan dari berbagai macam jenis fotografi. Meskipun album pernikahan adalah jenis fotografi dokumenter yang menggambarkan hari pernikahan, tapi foto pernikahan ini bisa dikreasikan dengan gaya foto yang menarik.

Contohnya saja anda bisa mengkreasikan foto pernikahan menggunakan mode sepia supaya memberikan kesan abadi dan klasik pada foto tersebut.

Baca Selengkapnya di Tips Fotografi Pernikahan.

7. Fotografi Malam

lastandardnewspaper.com

Jika dilihat dari namanya sudah jelas bahwa jenis fotografi ini adalah fotografi outdoor yang diambil pada malam hari. Umumnya para fotografer akan menggunakan pencahayaan buatan atau menggunakan long exposure karena minimnya cahaya yang masuk ke sensor.

Anda bisa menggunakan tripod untuk memegang kamera saat ingin mengambil gambar pada malam hari. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari shake saat mengambil gambar, karena menggunakan long exposure.

8. Fotografi Hitam Putih

Fotografi Hitam Putih

Walaupun saat ini foto sudah berwarna, tapi tidak sedikit orang yang suka dengan pengambilan gambar hitam putih. Banyak fotografer yang mengambil gambar secara hitam putih untuk mendapatkan efek tertentu.

Baca Juga: Teknik-Teknik Dasar Fotografi

9. Fotografi Makanan

Photo by Davide Cantelli on Unsplash

Jenis fotografi yang satu ini dikhususkan berdasarkan permintaan dari klien, karena biasanya klienlah yang ingin menentukan model makanan apa yang ingin difoto.

Jika anda ingin menjadi fotografer makanan, anda harus memperhatikan komposisi warna dari makanan tersebut supaya terlihat menarik. Selain itu anda harus memastikan makanan yang akan anda foto masih fresh, supaya terlihat menarik.

Atau anda juga bisa menggunakan teknik foto makanan yang banyak tersebar di internet.

10. Fotografi Panorama

Fotografi Panorama

Jenis fotografi yang satu ini menggunakan software atau peralatan khusus supaya bisa menangkap gambar dengan bidang pandang yang panjang. Fotografi panorama juga bisa disebut dengan fotograafi berformat panjang.

Meskipun tidak ada pembagian secara resmi antara fotografi panorama dan wide angle, umumnya wide angle mengacu kepada jenis lensa. Tapi jenis lensa tersebut tidak selalu menghasilkan foto panorama.

Fotografi panorama memiliki aspek rasio sebesar 4 : 1, 10 : 1, atau bahkan 360 derajat.

11. Fotografi Alam

Fotografi Alam

Jenis Fotografi yang satu ini memiliki objek utama berupa makhluk hidup atau benda mati, seperti gunung, hutan, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Fotografi ini dibagi menjadi beberapa jenis lagi, seperti foto landscape, flora dan fauna.

Baca selengkapnya di tips dan teknik fotografi alam.

12. Fotografi Forensik

Fotografi Forensik

Jenis fotografi yang satu ini umumnya digunakan untuk memotret bukti tindak kejahatan. Para fotografer dalam jenis ini akan menitik beratkan kepada representasi akurat dari sebuah TKP.

Seorang fotografer akan memotret pada setiap sudut, hal tersebut dikarenakan hasil jepretannya akan digunakan sebagai kebutuhan investigasi.

13. Astrophotography

Fotografi Astronomi

Selanjutnya ada Astrophotography, jenis fotografi ini memotret gambar yang ada di ruang angkasa. Astrophotography bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan, mengingat akan ada banyak masalah teknis yang dihadapi.

Tapi dengan berbagai alat fotografi yan ada,anda bisa memotret Astrophotography lebih mudah.

Baca Juga: Segitiga Exposure Fotografi

14. Fotografi Arsitektur

Fotografi Arsitektur
Dok. yopie pangkey

Pada jenis fotografi yang satu ini, umumnya akan menampilkan kecantikan dan keindahan dari bangunan yang menjulang tinggi dengan warna, desain dan bentuk yang menarik. Fotografi yang satu ini fokus kepada keindahan atau sejarah dari bangunan tersebut.

Fotografi jenis ini tidak terlepas dari dunia arsitektur, karena hasil foto arsitektur memiliki peranan yang cukup penting dalam bidang arsitek.

15. Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Jenis fotografi selanjutnya adalah Fotografi Jalanan, fotografi yang satu ini juga berjenis dokumenter. Foto yang disuguhkan biasanya candid. Objek fotografi ini bisa berupa jalanan, pantai, mall, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa jenis-jenis fotografi yang ada. Sebenarnya ada banyak sekali jenis fotografi, tapi kali ini kami hanya membahas 15 saja, mungkin lain waktu kita akan mengupdate artikel ini.

One Comment