Tips Fotografi Alam

Tips Fotografi Alam

Indonesia mempunyai banyak sekali pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan menarik. Hal itulah yang membuat banyak turis asing gemar berlibur ke Indonesia demi mengabadikan setiap keindahan alam yang ada.

Pada dasarnya, memotret gambar di alam terbuka memberikan keksempatan bagi para fotografer untuk mendapatkan akses yang tak terbatas dalam fotografi. Tapi dalam memotret fotografi alam liar selain harus memiliki kamera yang canggih, anda juga harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

Selain itu anda juga harus memiliki teknik yang baik untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

4 Tips Fotografi Alam Terbuka

tips fotografi alam

Berikut ini adalah beberapa tips fotografi alam terbuka supaya hasil jepretan kamera anda semakin menarik, antara lain.

1. Jangan Terpaku dengan Peralatan Kamera yang Canggih

Supaya anda mendapatkan hasil foto yang sangat memuaskan, anda tidak harus mengandalkan peralatan yang canggih. Bahkan anda bisa memulainya dengan menggunakan peralatan kamera yang sederhana, anda tidak perlu menggunakan kamera dengan gear yang lengkap.

Kenapa saya tidak perlu kamera dengan gear yang lengkap? Kamera dengan gear yang lengkap tentu saja akan menguras kantong, selain itu penggunaan kamera dengan gear lengkap belum tentu menghasilkan foto yang maksimal.

2. Peka dengan Sekitar

Jika anda ingin menjadi fotografer alam yang handal, anda harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap alam sekitar. Jika anda sudah memiliki kepekaan yang tinggi, anda bisa menjadikan bentangan alam yang luas sebagai objek bidikan dengan indah.

Tingkat skill dan kepekaan tidak bisa muncul begitu saja. Jadi anda harus terus berlatih secara pelan-pelan dan bertahap berdasarkan pengalaman Anda.

3. Latihlah Prespektif dan Sense Anda

Selain harus melatih kepekaan anda dengan sekitar, anda juga harus melatih perspektif anda. Hal ini supaya objek yang anda bidik memiliki komposisi yang tepat dan menarik.

Anda bisa melatih prespektif dan sense anda dengan cara sering-sering memptret di alam terbuka.

4. Terus Belajar dan Berlatih

Jika anda sudah memahami hal diatas, langkah selanjutnya adalah harus selalu belajar dan berlatih supaya mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Fotografi bukanlah sebuah teori saja, namun anda harus memerlukan praktik secara nyata guna mendapatkan feel yang nyata.

Jangan terburu-buru dengan hasil yang memuaskan, tapi nikmati dulu prosesnya. Latih skill fotografi anda dengan cara mencoba berbagai hal yang bisa mengasah kemampuan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Fotografi

Selain harus memperhatikan tips memotret gambar di alam terbuka, ada juga beberapa teknik yang harus Anda terapkan saat memotret objek di alam terbuka.

5 Teknik Fotografi Alam Terbuka

teknik fotografi alam

Berikut ini adalah beberapa teknik khusus dalam pengambilan foto alam supaya hasil gambar semakin indah dan menarik, antara lain.

1. Perhatikan Exposure/Cahaya

Pencahayaan atau Exposure merupakan unsur yang sangat penting dalam pengambilan gambar. Namun saat anda ingin memotret alam, tentunya anda tidak bisa memastikan akan mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dengan melakukan pengaturan exposure pada kamera yang anda gunakan.

Exposure yang ada di alam terbuka akan selalu berubah, tentu saja hal tersebut akan memberikan efek pada hasil foto yang anda potret. Untuk langkah antisipasinya anda bisa menggunakan diffusion panels serta refeletor atau alat yang bisa menggantikan pencahayaan alami.

2. Reflektor Untuk Foto Model Alam

Alat reflektor bisa menampilkan warna dalam berbagai ukuran untuk memberi kesan hangat dan sejuk pada objek foto. Reflektor juga membantu anda untuk bisa melihat hasil foto sebelum melakukan pemotretan.

Untuk cara penggunaanya anda bisa memegang dan mengarahkan reflektor ke sudut objek bidikan sesuai dengan keinginan Anda. Jika anda merasa kesulitan saat mengarahkan reflektor, anda bisa meminta bantuan seseorang.

3. Tentukan Titik Fokus

Jika anda sudah mendapatkan pencahayaan yang tepat, lalu tentukan titik fokus dalam foto tersebut. Anda harus tahu bagaimana cara mengarhkan kamera yang sesuai saat memotret suatu objek.

Anda bisa mengatur settingan fokus anda menjadi auto focus, tapi jika anda ingin memotret mode close up, sebaiknya gunakan manual focus.

4. Atur Posisi Kamera dengan Benar

Jika anda memutuskan untuk mengambil gambar berupa pemandangan alam, Anda wajib mengatur settingan kamera dengan benar, supaya hasilnya memuaskan.

Salah satu settingan yang harus anda perhatikan adalah penggunaan aperture. Untuk mendapatkan foto yang detail luas, anda harus menggunakan aperture kecil.

Tapi jika anda menggunakan aperture yang kecil, cahaya yang masuk ke sensor semakin sedikit, jadi anda harus menggunakan shutter speed yang lambat. Jadi kami sarankan anda untuk menggunakan tripod, supaya hasil gambar tidak shake.

5. Perhatikan Komposisi

Komposisi memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Anda bisa menggabungkan beberapa objek di sekitar anda, supaya hasil foto menjadi lebih indah.

Carilah objek yang menarik dengan memerhatikan warna serta tekstur, misalnya saja seperti perpaduan langit dan deretan pepohonan yang berjajar rapi.

Baca Juga: Teknik Fotografi Siluet

Nah itulah tips dan teknik fotografi alam yang perlu anda ketahui. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.