Teknik Dasar Fotografi

Teknik Dasar Fotografi – Teknik dasar fotografi adalah salah satu hal yang wajib diketahui ooleh seorang fotografer. Tapi jika kamu ingin menjadi fotografer, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga, seperti pemahaman mengenai segitiga exposure.

Kata Photography berasal dari 2 kata, yakni Photo yang berarti cahaya, dan Graphy yang berarti lukisan atau tulisan. Istilah umum dari fotografi memiliki arti metode atau proses untuk menghasilkan foto atau gambar dari suatu obyek.

15+ Teknik Dasar Fotografi Bagi Pemula

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai teknik-teknik dasar fotografi. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar fotografi bagi pemula, antara lain.

1. High Speed Fotografi

Teknik-Dasar-Fotografi-High-Speed

Teknik dasar fotografi ini menggunakan kecepatan sebagai unsur utama, foto yang dihasilkan dari teknik ini didapatkan dalam waktu yang sangat cepat. Waktu pengambilan gambar menjadi kunci utama pada foto ini.

Gambar yang dihasilkan dari teknik High Speed adalah gambar/foto terkesan freeze/membeku. Hal tersebut dikarenakan rana terbuka sangat cepat, sehingga cahaya yang masuk ke sensor akan lebih sedikit.

Contoh dari foto dengan menggunakan high speed adalah balon air pecah, tetesan air memantul, cairan terbang di udara, kaca pecah, mobil balapan, dan lain sebagainya.

Foto diatas diambil menggunakan shutter speed berkisar 1/500, hal tersebut membuat motor yang bergerak dengan kecepatan tinggi terlihat freeze dan tidak blur.

2. Tilt-Shift Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini membutuhkan gerakan khusus serta kamera yang berukuran sedang, dan juga membutuhkan lensa khusus. Pada dasarnya teknik fotografi ini adalah pergerakan serta rotasi lensa kamera kepada gambar. Shift akan menghasilkan gambar yang blur dan halus, seedangkan Tilt memberikan gambar yang tajam.

Teknik ini umumnya digunakan pada saat model dengan background yang ingin dibuat terlihat jauh lebih blur. Misalnya saja seperti saat orang menyebrangi jalan dimana ada gedung didepannya tapi gedung ini ingin dibuat blur.

3. Motion Blur Fotografi

Teknik fotografi ini memiliki ciri mirp dengan teknik dasar fotografi High Speed, namun perbedaannya terletak pada pengambilan teknik motion blur lebih mudah dibandingkan high speed.

Untuk cara mengambil foto motion blur ini bisa dilakukan dengan kamera yang di setting slow shutter speed. Penggunaan software photoshop juga bisa membantu menghasilkan efek motion blur yang lebih baik.

4. Infrared Fotografi

Teknik dasar fotografi yang selanjutnya adalah Infrared fotografi, tekinik ini menambil gambar menggunakan cahaya infrared, tapi pengembalian cahaya infrared tersebut tidak sehanya menggunakan infrared. Penggunaan ini bisa kamu atur di kamera kamu masing-masing.

Ada beberapa hal yang harus kamu penuhi sebelum melakukan teknik infrared fotografi, antara lain.

  1. Kemra digital dengan sensitivitas yang baik terhadap infrared.
  2. Image Processing Software.
  3. Filter Kamera jelas (contohnya adalah wratten 89B filter).

5. Night Fotografi

Teknik fotografi ini hanya bisa dilakukan pada saat malam hari saja, teknik ini sangat mengandalkan pencahayaan serta timing dalam melakukan foto. Jika cahaya dirasa kurang, kamu bisa juga menggunakan lampu.

Hasil dari teknik fotografi ini ditentukan oleh aperture yang disesuaikan dengan timing foto.

6. Black and White Fotografi

Bisa dilihat dari nama tekniknya, tentu saja teknik ini menghasilkan foto yang berwarna hitam dan putih. Untuk mengambil gambar dengan efek ini kamu hanya perlu mengubah settingan kamera menjadi monokrom.

Jika dilihat dari cara mengambil foto Black & White ini terlihat sangat mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil foto hitam putih. Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, seperti pencahayaan dan komposisi foto.

Faktor utama dari teknik fotografi ini adalah pencahayaan, hal tersebut dikarenakan teknik ini sangat memanfaatkan cahaya untuk menangkap bayangan benda. Sedangkan komposisi juga menjadi faktor utama, hal tersebut berguna untuk keselarasan foto.

7. Macro Fotografi

Macro Fotografi adalah teknik foto untuk memotret benda-benda kecil secara cepat. Teknik dasar fotografi ini membutuhkan lensa makro serta kamera yang mendukung foot makro, tapi sebenarnya untuk melakukan teknik fotografi ini bisa menggunakan lensa normal tapi hasilnya tidak sebaik makro.

Ada beberapa jenis lensa makro, seperti lensa makro, lensa close-up, lensa makro zoom, dan lain sebagainya.

8. HDR

HDR (High Dynamic Range) adalah salah satu teknik dasar fotografi yang berguna untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan yang lebih baik, sehingga hasil gambar menjadi lebih hidup. Teknik ini memerlukan software untuk mengatur kembali foto supaya hasilnya lebih maksimal.

Cara mengambil foto HDR bisa dilakukan dengan foto RAW auti exposure serta foto yang dilakukan secara berulang, contohnya melakukan 5 take foto dengan ekposure dari -2 sampai +2.

9. Smoke Art Fotografi

Teknik dasar fotografi yang selanjutnya adalah Smoke Art, sesuai dengan namanya teknik dasar fotografi ini untuk mengambil foto asap. Cara menambil foto asap ini bisa digunakan dengan menggunakan dupa, setelah itu kamu bisa mengedit warna asap dengan software editorial sehingga lebih bervariasi.

10. Architecture Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini menonjolkan sisi artistik serta keindahan yang ada pada suatu bangunan. Bangunan tersebut seperti kantor, rumah, kastil, gedung tua, dan lain sebagainya. Teknik fotografi yang satu ini sangat dipengaruhi dengan tekstur, pattern, dan warna.

11. Raw Processing

RAW adalah gambar yang diambil tanpa melakukan kompres kepada file gambar, teknik ini sangat berguna untuk kamu yang tidak ingin mengkompress ukuran gambar. Ada beberapa efek yang ditimbulkan jika kamu mengkompres ukuran gambar, sepeprti kualitas gambar menjadi menurun.

Tipe foto RAW layaknya sebuah variable yang harus diolah, kamu bisa mengolah tipe gambar ini menggunakan software fotografi.

12. Panoramic Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini adalah teknik fotografi untuk menghasilkan foto lingkungan sekitar secara luas. Foto panorama ini bisa diambil dengan cara menggabungkan beberapa foto secara horizontal menjadi satu.

Teknik ini bisa kamu gunakan di kamera maupun smartphone, jika kamu ingin menggunakan kamera sebaiknya kamu gunakan tripod supaya gambar yang dihasilkan stabil dan tidak goyang.

13. Food Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini sangat membantu untuk membuat menu, poster, katalog dan lain sebagainya. Teknik fotografi yang satu ini sangat mempeprhatikan komposisi dan pencahayaan.

Pencahayaan ini digunakan untuk menentukan sisi makanan yang ingin ditonjolkan pada hasil foto. Sedangkan komposisi yang dimaksud disini adalah penggabungan antara makanan atau tata letak makanan supaya makanan tersebut terlihat lebih indah.

14. Low Light Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini sangat bergantung pada pencahayaan yang ada. Foto dengan intensitas cahya kurang memiliki teknik tersendiri supaya menghasilkan gambar yang indah. Pada dasarnya teknik yang satu ini mirip dengan teknik Night Fotografi, tapi teknik Low Light ini tidak harus menunggu malam tiba.

15. Baby Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini bisa terbilang sulit, hal tersebut dikarenakan bayi belum bisa mengerti apa yang dikatakan oleh manusia. Tapi para fotografer biasanya memiliki teknik khusus supaya pengambilan gambar berjalan lancar. Salah satu teknik yang biasa digunakan oleh para fotografer adalah dengan cara menarik perhatian si bayi lalu melakukan foto dengan cepat.

Ada beberapa foto yang bisa dilakukan, seperti black and whitw, close-up, dan lain sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai menggunakan flash secara langsung kepada bayi.

16. High-Key Fotografi

Teknik fotografi yang satu ini sering digunakan kepada anak-anak atau wanita. Teknik ini menonjolkan kecantikan pada kulit mereka yang halus, pengaturan cahaya menjadi hal yang paling krusial. Tujuan dari teknik ini adalah menampakan keindahan dari objek yang difoto serta menghilangkan bayangan dari objek sebisa mungkin.

Nah itulah beberapa teknik fotografi yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak sekali teknik fotografi, tapi pada kesempatan kali ini kami hanya menjelaskan 16 saja.

Leave a Comment