Ukuran Video Youtube Terbaik

Ukuran Video Youtube Terbaik

Jika kamu juga ingin menjadi seorang youtuber sukses, kamu harus tahu ukuran video youtube yang direkomendasikan.

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa youtube sekarang ini sudah menjadi tren dan digunakan banyak orang. Platform media sosial berbagi video dari google ini memang memberikan kemudahan untuk mencari solusi permasalahan dan hiburan.

Sistem partnership dimana pengguna dapat berbagi video dan menghasilkan uang juga sangat menggiurkan.

Menghasilkan uang dari youtube hanya bisa di peroleh bagi konten kreator yang channelnya sudah bisa di monetisasi dengan google adsense. Dan syarat untuk memperoleh adsense itu juga tidak mudah.

Oke sekarang lanjut ke pembahasan utama,

Ukuran video youtube serta format yang di anjurkan oleh pihak google ini bertujuan agar konten yang disajikan para kreator konten bisa tayang secara maksimal dan sinkron dengan sistem aturan yang diadopsi google.

Untuk menjadi seorang youtuber itu tidak mudah, tidak hanya asal uploud video dan viral begitu saja. Ada hal- hal yang harus di penuhi dan di maksimalkan. Misalnya mematuhi aturan dari youtube, serta mengoptimasi konten video yang di uploud.

Youtube memberikan kemudahan bagi kreator konten untuk mengoptimasi channel yang di kelola, dan semua menu pengaturan nya ada di dashboard konten creator. Diantaranya mengoptimasi tag kata kunci , deskripsi video, judul dan kategori penonton.

Disamping itu kamu juga perlu mengatur gambar banner atau header channel agar channel yang kamu kelola bisa semakin menarik di mata penonton. Tentunya dengan memperhatikan ukuran header youtube yang di rekomendasikan.

Untuk uploud video ke youtube kamu bisa menggunakan komputer dan smartphone, jika kamu menggunakan android kamu bisa download dulu aplikasi youtubenya dibawah ini, atau kalau kamu sudah punya silahkan perbaharui dulu ke versi yang paling baru.

Ukuran Video Youtube yang Di Rekomendasikan

ukuran video youtube
ukuran video youtube harus bagus di semua perangkat

Ukuran video youtube ini jika kamu penuhi akan mendongkrak kualitas konten yang kamu buat, dan jika konten yang kamu buat ini berkualitas dan unik, peluang untuk bisa mendapatkan jutaan views sangatlah besar.

Kebanyakan video di youtube menggunakan layar landscape , dan menggunakan rasio 16:9. Berikut ukuran video youtube yang di rekomendasikan,

RASIORESOLUSI
240426×240 (16:9)
360640×360 (16:9)
480854×480 (16:9)
7201280×720 (16:9)
10801920×1080 (16:9)
14402560×1440 (16:9)
21603840 x 2160 (16:9)

Resolusi video youtube sekarang ini juga sudah bisa mendukung dengan resolusi tinggi. Video yang beresolusi tinggi memang memberikan kenyamanan ketika di lihat. Jika kamu ingin uploud video beresolusi tinggi ke youtube, perhatikan acuanya di bawah ini.

Video formatMP4
Audio CodecAAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video CodecH264
Frame RatesSesuaikan dengan video material aslinya agar tidak terlihat patah-patah
ukuran video youtube relosusi tinggi

Resolusi di atas merupakan resolusi tinggi dan mendukung perangkat yang canggih dengan resolusi kualitas video yang mencapai 4K.

Format video youtube juga harus kamu perhatikan sebelum video di uploud ke youtube. Berikut daftar format video youtube yang di anjurkan oleh pihak youtube,

  • MOV
  • MPEG4
  • MP4
  • AVI
  • WMV
  • MPEGPS
  • FLV
  • 3GPP
  • WebM

Diantara format diatas kamu boleh mengunggahnya ke youtube. Namun ada satu format yang paling bagus dan direkomendasikan oleh youtube dengan acuan seperti di bawah ini,

FormatMp4 dan Mpeg4
Audio CodecAAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video CodecH264
Frame RatesSesuaikan dengan video material aslinya supaya video yang di upload tidak terlihat patah-patah
ukuran video youtube dan format yang direkomendasikan

Nah sekarang kamu sudah tahu dengan ukuran video youtube dan format yang direkomendasikan. Sebaiknya kamu sebelum menguploud video ke youtube, terapkan acuan diatas agar kualitas video kamu bisa bagus.

Menggunakan ukuran video youtube standar dari google ini merupakan cara optimasi konten agar disukai oleh mesin pencari.

Buatlah channel sebagus mungkin baik dari segi konten dan nama channel itu sendiri. Untuk mengganti nama channel kamu bisa baca di cara mengganti channel youtube.

Sekian penjelasan saya mengenai ukuran dan format video yang direkomendasikan youtube untuk para konten kreator.