Ukuran Thumbnail Youtube – Jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber, kamu tidak hanya memerlukan skill serta konten yang bermutu. Kamu harus tahu bagaimana cara mengelola channel supaya terlihat rapi dan menarik.

Salah satu cara yang mudah untuk mengatur channel youtube kamu terlihat lebih rapi adalah dengan mengetahui ukuran Thumbnail Youtube dan header youtube. Foto atau gambar thumbnail Youtube tergolong sangat penting, hal tersebut bisa menarik perhatian user untuk menonton.

Tapi sebelum kita membahas lebih dalam mengenai Thumbnail Youtube dan Header Youtube, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan kedua hal tersebut.

Apa Itu Thumbnail dan Header Youtube?

Thumbnail Youtube adalah gambar sampul yang digunakan untuk video di Youtube. Ukuran thumbnail youtube memiliki resolusi gambar yang kecil, hal tersebut bertujuan untuk menghemat ruang layar pada smartphone maupun desktop.

Sebenarnya sistem youtube akan membuat thumbnail sendiri jika user tidak mengupload thumbnail video tersebut. Sistem youtube akan mengambil gambar yang menarik dari video yang di upload, lalu menjadikan gambar tersebut sebagai thumbnail video.

Sementara gambar Header Youtube adalah gambar yang berada di channel Youtube kamu. Ukuran gambar ini lebih panjang dibandingkan gambar thumbnail.

Ukuran Thumbnail Youtube

Untuk ukuran Thumbnail Youtube 2020 masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin hal tersebut juga berlaku untuk tahun 2021, 2022, dan seterusnya. Berikut ini adalah rekomendasi ukuran thumbnail Youtube yang kamu ambil dari Situs Official Support Google.

  1. Resolusi 1280×720 dengan lebar minimum berukuran 640 piksel.
  2. Gambar harus memiliki format JPG, GIF, BMP, atau PNG.
  3. Ukuran gambar tidak boleh melebihi dari 2 MB.
  4. Gunakan rasio aspek 16:9, rasio ini kerap digunakan di dalam pratinjau dan pemutar youtube.

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Untuk membuat thumnail video yang menarik juta tidak perlu menguasai software-software edit foto. Kamu hanya perlu menguasai sekedarnya saja, seperti menabahkan font, mengatur ukuran, dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak mempunyai software editing foto, kamu juga bisa menggunakan Canva. Kamu bisa menggunakan di web browser maupun di aplikasi android secara gratis, namun ada beberapa foto yang mewajibkan kamu membeli akun premium terlebih dahulu.

Ukuran Header Channel YouTube

Jika tadi kita sudah membahas mengenai ukuran thumbnail youtube, kali ini kami akan membahas mengenai rekomendasi ukuran header channel youtube.

  1. Resolusi minimum 2048 x 1152.
  2. Resolusi maksimum 2560 x 423, ukuran ini lebih direkomendasikan karena akan selalu terlihat.
  3. Ukuran gambar maksimum 6 MB.
  4. Ukuran teks dan logo yang aman minimum 1546 x 423.

Fungsi Thumbnail dan Header Channel Youtube

Thumbnail ini berfungsi sebagai gambar tautan, maksudnya adalah sebelum video diputar, maka yang pertama kali dilihat oleh user adalah gambar tersebut. Nah maka dari itu, kita sebagai yiutuber harus membuat sampul Youtube yang sangat menarik.

Kenapa kita harus membuat thumbnail youtube? Tujuannya adalah supaya para penonton penasaran dengan video kamu dan meng-klik video tersebut. Kamu bisa membuat thumbnail dengan judul yang menarik dan menambahkan clickbait supaya orang semakin penasaran.

Sedangkan Header Channel Youtube adalah gambar yang akan menjadi identitas channel youtube kamu. Biasanya orang-orang menaruh nama akun media sosial di gambar header channel youtube.

Tips Membuat Thumbnail Youtube yang Menarik

Untuk membuat thumbnail yotube yang menarik, kamu harus sedikit tahu cara membuat desain grafis yang sederhana. Jika kamu belum paham, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan Foto Pribadi

Jika kamu membuat konten daily vlog, maka kamu harus menggunakan foto kamu sendiri di thumbnail. Jadi pastikan kamu memiliki banyak stok foto pribadi.

Tapi ada juga youtuber yang tidak menggunakan fotonya sendiri. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, tapi kamu merekomendasikan ini supaya kamu mudah dikenal oleh para penonton.

2. Masukkan Judul Video di Thumbnail

Saat membuat thumbnail youtube, jangan lupa untuk menambahkan tulisan pada thumbnail yang kamu buat. Hal ini bisa mempengaruhi cukup besar untuk menunjang penonton youtube.

Para youtuber biasanya juga menambahkan nomor untuk video yang berseri atau bersambung. Penomoron ini bisa memudahkan penonton menemukan setiap part video kamu.

3. Gunakan Font yang Sama

Tips yang kedua adalah selalu menggunakan font yang sama, jadi kamu harus selalu mengingat nama font yang kamu gunakan. Hal tersebut bertujuan memberikan ciri khas pada smartphone kamu.

Saat ini ada banyak sekali variaso font yang bisa kamu pilih, silahkan sesuaikan dengan konten channel kamu dan selera kamu.

Nah itulah pembahasan mengenai Ukuran Thumbnail Youtube dan Ukuran Header Youtube. Jadi sebelum kamu meng-upload thumbnail dan header, pastikan ukurannya sesuai.

Leave a Comment