Tips dan Trik Fotografi di Pantai

Sering main ke pantai untuk foto-foto tapi hasilnya selalu jelek? jika seperti itu kalian harus mengikuti tips dan trik fotografi di pantai yang akan saya bahas sekarang.

Memang sulit bagi sebagian orang untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terlebih jika orang tersebut masih pemula dalam hal fotografi.

Namun tidak perlu khawatir, dengan mengikuti tips fotografi di pantai ini, saya jamin akan membuat foto kalian terlihat lebih menarik dan cocok banget untuk diposting ke instagram.

Oke kita langsung saja masuk ke pembahasan utamanya, berikut ini adalah tips fotografi di pantai secara sederhana namun dengan hasil yang sangat memuaskan.

1. Lensa yang Cocok untuk Fotografi di Pantai

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik

Tips pertama sebelum pergi ke pantai saya menyarankan untuk menggunakan lensa yang cocok untuk di pantai agar hasilnya lebih bagus nantinya.

Nah menurut saya lensa yang cocok untuk digunakan di pantai adalah lensa wide-angle karena frame yang atau jangkauan yang didapat akan lebih luas dibanding memakai lensa lainnya.

Sehingga area pantai yang begitu luas serta air laut yang indah akan masuk ke dalam kamera, jadi bakal lebih indah nantinya.

Namun itu hanyalah saran, jadi kamu tidak perlu memikirkannya lebih jauh. Terlebih jika tidak memilikinya, jangan sampai menggunakan uang tabungan untuk membeli lensa wide-angle.

Baca juga: Tips Fotografi Keluarga

2. Memotret dengan Waktu yang Tepat

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik

Bagi saya, waktu yang paling tepat memotret foto di pantai adalah pada sore hari saat matahari mulai tenggelam atau pagi hari saat terbit.

Matahari yang terbit biasanya disebut sunrise, sedangkan saat terbenam disebut sunset. Kedua waktu tersebut sangat tepat jika kamu ingin melakukan foto-foto karena cahaya mataharinya begitu indah.

Jadi, pastikan kalian datang ke pantai dengan kedua waktu tersebut agar tidak perlu menunggu lagi. Jika hasilnya kurang bagus, perhatikan ilmu fotografi kalian hehehe.

3. Gunakan Objek yang Ada di Pantai untuk Berfoto

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik

Tips fotografi di pantai selanjutnya ialah berfoto dengan objek yang biasanya ada di pesisir pantai. Biasanya apa aja sih objek yang bagus untuk berfoto?

Pertama ada batu karang, biasanya kamu akan menemukan batu karang di pantai. Nah itu akan menjadi spot terbaik yang bisa digunakan untuk berfoto.

Selanjutnya air, berkunjung ke pantai tentu saja untuk menikmati indahnya air yang terhembus oleh air yang membentuk ombak besar. Air tersebut bisa dijadikan objek foto, terlebih saat waktu sunrise atau sunset.

Hewan liar yang ada dipesisir pantai dapat dijadikan sebagai objek foto menarik. Hewan yang ada di pantai bermacam-macam, misalnya kepiting, kerang keci, bahkan biasanya ada bintang laut.

4. Bird Eye Angel

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik 4

Jika sudah paham mengenai angel fotografi tentu saja akan tau dengan bird eye angel yang mengambil gambar dari sudut atas sehingga objek akan terlihat secara keseluruhan.

Biasanya foto seperti ini memanfaatkan kamera yang ada didalam drone atau bisa juga menaiki bukit disekitar pantai untuk memotret pantai yang luas.

5. Foto Ombak dengan Sudut Berbeda

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik 5

Pada umumnya orang akan memotret ombak pada bagian depannya. Sekarang coba lakukan improvisasi dari teknik tersebut dengan mengambil gambar ombak dari bagian samping.

Namun saya mengingatkan jangan terlalu dekat dengan air, dikhawatikan kamera yang kalian gunakan tidak tahan apabila terkena air yang mengakibatkan rusaknya kamera.

6. Pantulan Air Laut

ips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik

Tips fotografi di pantai selanjutnya ialah memanfaatkan air laut untuk memantulkan bayangan objek yang ada didalam foto dengan cara berdiri diatas air yang membelakangi cahaya matahari saat ingin terbenam.

Jangan kaku dengan contoh yang diberikan, maksudnya harus sama dengan contoh gambar yang diberikan. Kalian bisa berkreasi dengan cara sendiri agar hasilnya lebih maksimal.

7. Menggunakan Model Perempuan

9 Tips & Trik Fotografi di Pantai Agar Terlihat Menarik

Biasanya fotografer menggunakan model dalam fotonya untuk dijadikan sebagai objek utama, sehingga foto tersebut akan terlihat menarik dengan model perempuan yang lucu dan cantik hehehe.

Setelah berhasil memotret gambar, kalian bisa mengeditnya menggunakan aplikasi lightroom untuk memberikan filter agar terlihat lebih bagus. Silahkan ikuti rumus lightroom pantai jika ingin mengeditnya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai tips dan trik fotografi di pantai ala asalkata.com, semoga informasi yang saya bagikan bisa membuat foto kamu lebih bagus.

Leave a Comment