Teknik Fotografi Siluet

Teknik fotografi siluet sebenarnya cukup mudah, namun tetap saja bagi para pemula yang masih baru mengenal dunia ini akan sulit menghasilkan gambar yang bagus.

Untuk itu saya membuat tutorial cara membuat foto siluet yang ditujukan kepada para pemula yang masih belajar agar hasilnya memuaskan hasrat berfoto hehehe.

Teknik foto siluet sangat cocok digunakan ketika sedang bermain di pantai saat matahari terbit atau mulai tenggelam, karena cahaya yang dihasilkan matahari sangat cocok untuk berfoto.

Jadi ketika ingin mampir ke pantai, disarankan untuk pergi pada waktu pagi atau sore supaya tidak perlu lagi menunggu hingga matahari tenggelam. Langsung saja, berikut ini adalah teknik fotografi siluet yang bagus.

1. Posisikan Objek untuk Fotografi Siluet

Teknik Fotografi Siluet

Cara membuat foto siluet yang benar haruslah memposisikan objek yang benar agar hasilnya lebih baik. Lalu bagaimana posisi objek yang tepat?

Posisi objek yang tepat untuk berfoto siluet ialah berada dibelakang cahaya atau biasa disebut back light. Sehingga cahaya akan tertutup, akibatnya objek terlihat lebih gelap karena mebelakangi cahaya.

Baca juga: Teknik Fotografi Keluarga

2. Pilih Objek yang Jelas

Memilih objek sangat penting dilakukan ketika melakukan fotografi siluet. Pilihlah objek yang mudah dikenali dan memiliki bentuk yang jelas agar lebih mudah dikenali.

Sebenarnya objek apapun bisa dijadikan sebagai siluet, akan tetapi karena warna yang dihasilkan ialah hitam. Sehingga apabila objek tidak jelas bentuknya maka orang lain akan kebingungan dan bertanya-tanya, ini objeknya apa ya?

3. Menjaga Bentuk Objek

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hasil warna siluet ialah hitam akibatnya akan sulut mengenali objek yang dipotret apabila bentuknya tidak jelas.

Ketika memotret dua objek atau lebih disarankan jangan berdempetan atau tumpang tindih, karena hasilnya akan menyatu antara objek satu dengan yang lainnya.

Menjaga bentuk objek sangatlah penting, ketika memotret manusia kalian harus memperjelas mana bagian kepala, kaki dan tangan. Jangan sampai kepala menunduk karena tidak akan terlihat nantinya wkwkwk.

4. Memilih Waktu yang Tepat

Waktu yang paling tepat menurut saya ialah pada saatu matahari terbit atau mulai tenggelam. Karena pada waktu tersebut kamera, objek, dan sumber cahaya berada di garis yang lurus.

Sehingga sumber cahaya akan tertutup oleh objek, akibatnya warna hitam yang dihasilkan oleh sumber cahaya yang terhalang lebih terasa dan jelas.

Namun jika berfoto didalam ruangan tidak perlu memperhatikan teknik seperti ini. Yang penting kamera, objek dan sumber cahaya berada di garis yang sejajar. Sumber cahaya itu sendiri bisa menggunakan lighting atau lainnya.

5. Menggunakan Matering Spot atau Center

Kamera memiliki cara untuk mengukur tingkat tingkat kecerahan suatu objek, cara tersebut dinamakan matering. Pengukuran cahaya dilakukan pada titik tengah frame kamera.

Untuk menghasil fotografi siluet yang bagus bisa menggunakan matering dengan cara menempatkan sumber cahaya seperti matahari atau lighting di tengah frame kamera, kemudian tempatkan objek ke dalam frame.

6. Mengatur Pencahayaan

Setiap kamera memiliki pengaturan eksposur secara otomatis, hanya dengan itu sebenarnya sudah cukup. Namun agar lebih bagus bisa mengaturnya secara manual, caranya sebagai berikut.

  • Shutter Speed, disarankan menggunakan shutter speed dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk mengurangi cahaya yang masuk.
  • ISO, menurunkan intesitas cahaya yang masuk menjadi point penting dalam membuat foto siluet, caranya bisa menggunakan iso yang rendah.

7. Matikan Lampu Flash

Siluet terbuat ketika kurangnya cahaya yang masuk dibagian objek. Apabila menyalakan lampu flash pada kamera tentu saja akan menghancurkan semuanya, yang ada objek akan terlihat jelas dengan cahaya tersebut.

Baca juga: Tips Fotografi di Pantai

8. Melompat yang Tinggi

Teknik Fotografi Siluet

Melompat akan menjadikan foto terlihat lebih keren, untuk menangkap gambar dengan objek yang bergerak bisa menaikan shutter speed pada pengaturan kamera kalian.

Walaupun objek sedang melompat jangan sampai hasilnya blur atau menutupi bagian lainnya seperti yang sudah dijelaskan pada poin ke 3.

9. Teruslah Mencoba

Teknik fotografi siluet membutuhkan pengalaman yang banyak untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Karena pengalaman ialah guru terbaik kita dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi teruslah mencoba, belajar, buatlah cara baru dengan cara kalian sendiri. Silahkan ikuti cara dari para profesional, kemudian praktekan langsung hingga membuahkan hasil.

Karena teknik fotografi siluet sangatlah unik dan luas, mau bagaimanapun caranya dengan angel yang seperti apapun akan terlihat bagus terlebih jika sudah terbiasa.

Itu dia tips cara membuat foto siluet dari saya, semoga dengan informasi seperti ini bisa membuat kalian lebih berkembang dari sebelumnya. Pesan dari saya, teruslah mencoba.

Leave a Comment