Tips Fotografi Keluarga

Keluarga merupakan harta yang paling berharga, untuk mengabadikan momen bersama biasanya orang melakukan fotografi keluarga serta momotretnya dengan penuh kebersamaan.

Foto-foto keluarga yang telah harmonis akan menjadi kenangan terindah ketika sedang berjauhan, saya sangat sering mengalami hal tersebut. Jadi fotografi keluarga yang bagus menjadi sangat penting.

Cukup banyak tema foto keluarga yang bisa dijadikan sebagai referensi, untuk itu ada beberapa tema yang nantinya akan diberikan serta beberapa tips agar foto terlihat bagus.

Penasaran apa saja tema dan tipsnya? berikut ini adalah tips fotografi keluarga serta tema foto keluarga yang bisa dijadikan contoh untuk keluarga kalian.

1. Hindari Benda untuk Fotografi Keluarga

fotografi keluarga

Maksud dari hindari benda ialah memindahkan benda yang tidak dibutuhkan yang masuk ke dalam frame kamera. Benda yang tidak mendukung tentu saja akan merusak pemandangan.

Benda yang tidak mendukung seperti gelas yang ada diatas mejad, tempat sampah, atau benda lainnya yang tidak pantas ada didalam sebuah foto.

Saya sendiri lebih suka dengan tema foto keluarga yang polos seperti gambar diatas, sehingga terlihat lebih bersih dan elegan saat dilihat.

2. Memakai Alat Pendukung

fotografi keluarga

Apabila tidak berada di tempat foto studio keluarga maka akan sulit untuk memotret gambarnya. Karena dibutuhkan seorang fotografer untuk pengambilan gambar.

Sehingga dibutuhkan alat bantu seperti tripod untuk membantu pemotretan, setelah itu setting waktu pada kamera agar semua keluarga bisa masuk ke dalam frame.

Jika tidak ada tripod akan sulit mendapatkan foto dengan keluarga yang lengkap, pasti ada satu orang yang rela untuk mengambil gambar. Jika seperti itu bisa menggunakan meja atau benda lainnya.

Baca juga: Tips Fotografi di Pantai

3. Pencahayaan yang Cukup

fotografi keluarga

Cahaya memiliki peran penting saat mengambil gambar. Ketiadaan cahaya akan membuat foto terlihat lebih gelap, jika mengambill saat siang hari sebaiknya buka gorden dan jendela supaya cahaya matahari bisa masuk.

Namun jika pengambilan gambar dilakukan ketika malam hari dibutuhkan alat pendukung seperti lighting untuk mendapatkan cahaya yang lebih bagus.

Jangan sekali-kali membelakangi cahaya ketika berfoto, karena akan membuat wajah terlihat gelap. Akan tetapi jika ingin menggunakan teknik siluet maka akan cocok sekali.

4. Jangan Kaku

fotografi keluarga

Jangan sampai tubuh terlihat kaku saat pemotretan berlangsung karena akan terlihat tidak realistis dan membuat kesan yang buruk. Cara supaya tidak kaku ialah relax, jangan tergesa-gesa.

Pastikan wajah tetap tersenyum seperti gambar diatas, terlihat bagus bukan? wajah yang tersenyum membuatnya lebih manis, jangan sampai cemberut apalagi memalinkan pandangan jika sedang fotografi keluarga.

5. Tertawa Lepas Bersama Keluarga

fotografi keluarga

Tema foto keluarga dengan tertawa lepas bisa dijadikan contoh yang sangat baik. Tertawa lepas bersama keluarga memberikan kesan yang bahagia, harmonis dan tidak terlihat kaku sama sekali.

Biasanya tertawa seperti itu akan sulit dilakukan bagi orang yang masih belum biasa berfoto, sehingga kamu perlu melakukan beberapa kali pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Macam-Macam Angel Fotografi

6. Pergi ke Foto Studio Keluarga

fotografi keluarga

Daripada bingung memikirkan cara mendapatkan foto keluarga yang bagus saya menyarankan untuk pergi ke foto studio keluarga yang ada di daerah kalian. Untuk harganya sendiri tergantung kualitas, biasanya dimulai dengan harga Rp300.000.

Konsep foto keluarga di studio sangat beragam, disana biasanya diberikan tema atau konsep yang menarik. Anda hanya perlu memilih ingin menggunakan konsep yang seperti apa.

Selain konsep, hasil gambar yang dipotret biasanya lebih profesional dengan kualitas yang sangat tinggi. Sehingga saat dicetak tidak akan ada yang namanya blur, jadi worth it banget deh.

Dengan pergi ke studio saya jamin, fotografi keluarga anda akan terlihat lebih elegan, terlebih jika dicetak lalu dipasangkan dengan bingkai yang simple, keren banget pastinya.

Leave a Comment