Macam-Macam Angel Fotografi

Sebelum mulai untuk memotret sebaiknya kalian harus tau dan paham mengenai angel fotografi agar hasilnya memuaskan, karena jika tidak memiliki ilmu akan sulit untuk kedepannya.

Sebenarnya fotografer bebas menggunakan cara apapun dalam memotret karena dunia fotografi adalah dunia yang bebas. Tidak perlu memikirkan benar dan salah ketika kamu memulainya.

Walaupun seperti itu, tetap saja kalian harus tau mengenai dasar dalam pemotretan. Dimulai dari belajar tentang angel foto yang bagus dan cocok untuk digunakan dalam keadaan yang sesuai.

Apa itu Angel Kamera?

Ngomong-ngomong kalian tau tidak apa itu angel kamera? angel kamera adalah sudut pengambil gambar ketika kamera memotret sebuah objek. Objek disini sangat luas artinya, tidak hanya manusia saja.

Sudut pengambilan gambar yanng tepat akan menghasilkan foto yang bagus pula, oleh karena itu sebagai fotografer tidak boleh memotret dengan sembarang. Kecuali kalian sudah biasa.

Berbicara soal angel kamera, terdapat beberapa jenisnya, itulah yang akan kita bahas sekarang. Nah berikut ini adalah 5 macam angel fotografi yang harus kamu ketahui.

1. Bird Eye Angel

Macam-Macam Angel Fotografi

Sesuai dengan namanya, bird eye angel merupakan sdutu pengambilan foto dari ketinggian yang memberikan kesan kepada objek terlihat lebih kecil karena pengambilan gambar yang jauh.

Angel fotografi yang satu ini biasanya digunakan untuk mengabadikan sebuah pemandangan agar lebih terlihat jelas karena cakupan frame yang lebih luas dari yang lainnya.

Biasanya kamera yang digunakan itu ditempelkan pada objek seperti pesawat, balon udara dan objek lainnya yang bisa mengudara tinggi. Angel ini masuk ke dalam pelajaran geografi tentang penginderaan jarak jauh.

2. High Angel

Macam-Macam Angel Fotografi

Angel kamera selanjutnya ialah high angel yang mana sudut pengambilan gambar berada diatas objek dengan syarat objek harus berada dibawah kamera yang digunakan oleh fotografer.

Sehingga membuat objek terlihat lebih rendah, pendek dan kesepian karena biasanya objek yang dijadikan foto hanya satu saja. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan angel fotografi seperti ini untuk beramai-ramai.

Objek itu sendiri tidak hanya manusia saja, kamu bisa mencoba angel fotografi seperti ini pada sebuah benda. Namun jangan lupa untuk meninggikan kamera kamu agar tidak lebih rendah dari objek yang digunakan.

3. Low Angel

Macam-Macam Angel Fotografi

Kebalikan dari high angel, angel kamera low merupakan sudut foto yang ada dibawah objek sehingga memberikan kesan tinggi dan besar kepada objek yang kamu potret.

Benda yang kecil akan terlihat lebih besar, kokoh dan masif ketika menggunakan angel fotografi seperti ini. Biasanya angel ini digunakan ketika objek membelakangi gedung-gedung tinggi.

Selain gedung bisa juga pohon-pohon rindang yang tinggi atau apapun itu asalkan tinggi dan terlihat bagus. Namun untuk mendapatkan hasil yang indah diperlukan pengorbanan.

Mengapa harus berkorban? ya karena kamu harus mengambil gambar lebih rendah dari objek, jika tidak jongkok kamu harus berbaring dengan tanah yang sedikit kotor.

4. Eye View Angel

Macam-Macam Angel Fotografi

Angel fotografi ke-4 sebenarnya sering kalian gunakan, hanya saja ketidaktauan membuat kalian tidak sadar dengan eye view angel. Tekik ini membuat objek terlihat seperti aslinya, berbeda dengan angel diatas yang membuat objek terlihat lebih kecil atau besar.

Sudut yang digunakan adalah bertatapan dengan mata sang objek, jadi kamera yang kamu gunakan harus sejajar dengan mata, sehingga akan memberikan kesan netral seperti gambar contoh.

5. Frog View Angel

Macam-Macam Angel Fotografi

Angel fotografi yang bagus salah satunya ialah frog view angel yang pengambilan fotonya berada dibawah obejek itu sendiri dan bisa juga sejajar dengan objek. Dan tentu saja ini berbeda dengan low angel yang sudah dibahas.

Seorang fotografer harus rela berbaring diatas tanah untuk mendapatkan hasil yang sesuai, karena jika tidak seperti itu akan sulit dalam pengambilan gambarnya.

Nah itulah macam macam sudut pengambilan gambar yang bagus untuk dicoba oleh pemula karena seorang profesional juga menggunakan teknik seperti ini loh.

Dalam mempratekan sebuah teori kalian tidak harus sesuai banget dengan apa yang dijelaskan. Jika kamu sudah terbiasa, menggunakan angel fotografi apapun hasilnya akan terlihat indah, terlebih jika menggunakan rumus lightroom keren.

Leave a Comment