Rumus Lightroom Malam Hari

Sering hunting atau foto-foto malam hari? dan melihat hasilnya tidak memuaskan? tenang saja, dengan rumus lightroom malam hari akan membuat objek terlihat lebih jelas.

Karena tidak adanya matahari membuat cahaya yang diterima oleh lensa kamera menjadi sedikit, akibatnya foto terlihat lebih gelap dan termasuk juga objeknya.

Mungkin jika memiliki lighting akan beda ceritanya, foto pasti memiliki cukup cahaya dan terlihat lebih bagus dibanding tanpa lightring.

Namun teman-teman tenang saja, karena pada kesempatan ini saya ingin memberikan rumus lightroom malam hari yang membuat foto tanpa lighting sekalipun menjadi lebih jelas.

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

Seperti rumus lightroom teal and orange, filter yang akan dibahas sekarang juga memiliki warna yang sedikit mencolok namun tidak menganggu penglihatan sama sekali, jadi pas banget deh.

Pastikan kamu menggunakan foto yang diambil saat malam hari supaya efek yang ada dibuat oleh rumus terlihat sempurna. Akan tetapi bila ingin mencobanya silahkan saja.

Tidak perlu basa basi lagi, mari langsung ke pembahasa utamanya. Berikut ini adalah rumus ligtroom night tone terbaru dengan filter yang sangat keren.

1. Cahaya (light)

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

Pengaturan rumus lightroom malam hari pertama buka bagian cahaya, naikan pencahayaan hingga 0,10EV, lalu kontras 16, dan bayangan 40 agar bayangan tetap terlihat nantinya. Selengkapnya perhatikan tabel berikut.

Pencahayaan+0,10EV
Kontras+16
Highlight+20
Bayangan+40
Rona Putih-100
Hitam+26

Catatan: Foto diatas merupakan foto yang belum diedit sama sekali jadi filter masih belum terlihat.

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

Selanjutnya masuk ke bagian kurva dan aturlah kurva warna putih hingga membetuk seperti yang ada didalam digambar diatas..

2. Warna (color)

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

Selanjutnya masuk ke bagian warna untuk mengatur rumus lightroom night tone. Disini saya menurunkan temperatur hingga -26, corak +6, dan menaikan vibrance ke angka +40 agar intensitas warna menaik.

Temp-26
Corak+6
Vibrance+40
Kejenuhan0

3. Campuran Warna (color mix)

Selanjutnya masuk ke campuran warna atau color mix, disini kita mengatur dengan tujuan warna lebih terang sehingga objek tidak tertutup dengan warna gelap karena kekurangan cahaya.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Merah-10+12+10
Oren-28-16+30
Kuning-100-62+16
Hijau-100-1000
Aqua+1000+14
Biru-28+100+12
Ungu-100-100+46
Pink0-1000

4. Efek

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

Pengaturan yang diberikan tidak berbeda dengan rumus lightroom aquamarine, silahkan naikan sedikit pada tekstur ke angka 4, kemudian kejernihan 42, efek kabut 8, vignette -14, dan titik tengah 27.

Lalu scroll kebawah untuk tool lainnya, silahkan sesuaikan dengan pengaturan tabel berikut agar lebih lengkap dan mudah dipahami.

Tekstur+4
Kejernihan+42
Efek Kabut+8
Vignette-14
Titik Tengah+27
Feather+100
Kebulatan+100
Highlight0

Catatan: Untuk tool yang tidak disebutkan tidak perlu kalian atur lagi, biarkan saja ia default.

Selanjutnya dibagian atas menu efek akan ada menu yang namanya Split Tone, dalam mengatur rumus lightroom malam hari kita membutuhkan tool tersebut, oleh sebab itu buka menu Split Tone dan aturlah seperti berikut.

Rumus Lightroom Malam Hari atau Night Tone

5. Detail Rumus Lightroom Night Tone

Kita telah masuk ke tahap terakhir dalam menyetting rumus lightroom night tone. Silahkan teman-teman buka bagian detail dan aturlah seperti tabel berikut ya.

Menajamkan28
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengurangan Noise24
Detail65
Kontras0
Pengurangan Noise Warna21
Detail25
Kehalusan50

Silahkan lihat perbandingan sebelum dan sesudah diedit, terlihat jauh berbeda bukan? jika kalian suka maka bisa menyimpannya menjadi preset siap jadi.

Dengan membuat preset siap jadi, jika kamu ingin melakukan editing dengan rumus yang sama bisa langsung membuatnya hanya dengan satu kali klik dalam aplikasi lightroom.

Leave a Comment