Cara Restore Chat Whatsapp

Cara Restore Chat Whatsapp

Originally posted on May 8, 2021 @ 6:05 am

Asalkata.com – Tahu nggak kamu kalau chat Whastapp ternyata bisa dipulihkan walaupun sudah di hapus ? kalau belum tahu ,yuk kita akan bahas Cara Restore Chat Whatsapp di smartphone android dan iphone .

Sebagai platform perpesanan instan dengan tingkat pengguna mencapai satu milyar lebih pengguna dari seluruh dunia, whastapp dibekali dengan fitur – fitur yang sangat mumpuni.

Mulai dari dukungan enkripsi pada seluruh fitur komunikasinya, voice note, panggilan suara maupun video ,pengiriman file dan pencadangan obrolan baik obrolan individu maupun grup serta berbagai file media didalamnya.

Fitur – fitur whastapp sendiri juga akan di update demi mempertahankan penggunanya dari berbagai platform baru seperti telegram dan signal. Fitur terbaru tersebut misalnya cara video call di whastapp versi web atau dekstop, dimana fitur video call yang tadinya hanya bisa di versi ponsel saja.

Cara Backup Chat Whatsapp dengan Google Drive

Cara Restore Chat Whatsapp

Berbicara masalah pencadangan obrolan, whatsapp menyematkan pencadangan obrolan dengan google drive. Pencadangan google drive ini bisa kamu lakukan dengan langkah – langkah di bawah ini :

  • Buka aplikasi whatsapp di android maupun ios kamu.Jangan lupa gunakan aplikasi versi terbaru. Untuk android bisa di unduh di sini.
  • kemudian pilih garis tiga di kanan atas.
  • kemudian pilih lagi di opsi pengaturan.
  • Di opsi setelan scroll dan pilih opsi chat atau obrolan.
  • Di sini scroll ke bawah dan pilih cadangkan chat.

Atau bisa juga pilih opsi riwayat chat dan kemudian pilih ekspor chat , pilih chating yang akan di ekspor dan pilih dengan media atau tanpa media.

Pilih lagi dengan aplikasi apa kamu akan mengeksportnya, bisa dengan email atau dengan media sosial lainya.

Cadangan obrolan semacam ini akan berguna jika misalnya saja HP kamu eror lalu butuh diflashing, kemudian kamu login whatsapp dengan ponsel baru. Disinilah akan berguna, kamu bisa mengembalikan cadangan chat kembali dengan backup yang sudah kamu simpan sebelumnya.

Kadang di whatsapp juga ada pemberitahuan mengenai cadangkan chat whatsapp yang biasanya akan tampil mulai dari opsi cadangkan harian, mingguan , bulanan dan jangan pernah dicadangkan. Sebagai opsi terbaik silahkan pilih pencadangan sesuai selera.

Jangan sampai tidak di cadangkan, soalnya kamu bisa kehilangan semua obrolan penting jika suatu saat nanti Hp kamu rusak dan harus login dengan aplikasi whatsapp yang baru.

Setelah mempelajari cara backup obrolan di whatsapp diatas, sekarang kita akan lanjuta ke Cara Restore Chat Whatsapp.

Cara Restore Chat Whatsapp

Cara Restore Chat Whatsapp

Cara Restore Chat Whatsapp ini sebenarnya cukup mudah. dan akan bekerja jika kamu sudah mempunyai cadangan obrolan whatsapp sebelumnya. Untuk Cara Restore Chat Whatsapp kamu bisa baca langkah-langkah nya dibawah ini :

  • Disini kamu bisa menggunakan aplikasi whastapp baru atau dalam keadaan whastapp baru saja terinstall.
  • Login dengan nomor ponsel kamu.
  • Masukkan kode OTP.
  • masukkan nama akun kamu.
  • Biasanya jika kamu sudah memiliki backupan sebelumnya dari google drive kamu bisa langsung mendapatkan notifikasi untuk mengembalikan chat whatsapp sebelumnya.
  • Kalau bisa ponsel dalam keadaan login ke akun gmail yang didalamnya ada cadangan chat whatsapp yang sudah kamu simpan.

Baca Juga : Cara mengetahui Whatsapp Sedang Disadap

Setelah proses restore selesai , maka kamu bisa menggunakan whastapp kamu kembali tanpa kamu harus kehilangan obrolan lama kamu.

Untuk alternatif termudah kamu cukup mengembalikan cadangan menggunakan data base pada sql lite yang digunakan untuk menyimpan arsip whatsapp.

Whastapp menyimpan backupanya di database sdcard di semua memori internal HP android.

Database perpesanan whatsapp ini akan update secara otomatis di setiap jam 2 dini hari. Dan file yang terenkripsi dengan kode rumit ini juga bisa dijadikan untuk mengembalikan chat whastapp yang sudah terhapus.

Walaupun pesan di wahtsapp sudah terhapus, kadang semua elemen masih ada di sdcard/whastapp/database atau beberapa folder media. Untuk mengembalikan ternyata cukup mudah.

Baca Juga : Cara Melihat Backup Whatsapp dari Google Drive

Hapus aplikasi whatsapp dan install lagi, kemudian buka aplikasi whatsapp nya lalu masuk ke akun whatsapp seperti biasanya. Sehabis kode OTP biasanya akan ada cadangan chat dari memori posnel.

Dan ini memang database yang tadi di perbaharui secara otomatis setiap malam.

Sekian dulu Cara Restore Chat Whatsapp dari google drive dan dari memori internal. Semoga bermanfaat !