Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Originally posted on May 7, 2021 @ 1:55 am

Asalkata.com – Whatsapp merupakan aplikasi pesan singkat yang sudah mendarah daging bagi pengguna smartphone. Walaupun kini hadir beberapa pesaingnya seperti Telegram dan Signal, Whatsapp masih tetap memiliki jutaan pengguna. Ada satu hal terpenting yang di abaikan oleh pengguna , yaitu cara mengetahui Whatsapp disadap.

Apakah whatsapp bisa di sadap ? Tentu saja rawan atau tidaknya tergantung dari pengguna. Walaupun aplikasi sudah terbarukan dan sudah ditambal celah-celah kebocoronya oleh developer, tapi kalau penggunanya ceroboh tetap sama saja.

Whatsapp juga banyak di dincar karena memang pengguna nya itu sudah mencapai jutaan dan setiap waktu , bahkan setiap jam sering digunakan. Aplikasi pesan singkat ini sudah digunakan tidak hanya dalam ranah hiburan ataupun sosial media saja. Namun bisnis pun sudah menggunakan whatsapp sebagai prioritas komunikasi.

Hal inilah yang di incar oleh para peretas terkait penyadapan. penyadapan sendiri tujuan nya itu ada bermacam-macam. Misalnya untuk tujuan pengambilan data, membocorkan rahasia, atau sekedar ancaman dan pemerasan.

Terkadang para pengguna whatsapp tidak tahu tentang ini , mereka hanya menggunakan whatsapp dan hanya menggunakanya saja tanpa peduli dengan keamanan privasi maupun data diri. Walaupun whatsapp sendiri sudah mendukung enkripsi.

Sekarang kita akan coba bahas mengenai Cara Mengetahui Whatsapp Disadap baik di android maupun di iphone.

7 Cara Mengetahui Whatsapp Disadap di Android dan Iphone

Ada 7 hal yang bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan apakah sebuah akun whatsapp sedang dalam penyadapan atau tidak. Jika beberapa hal dibawah ini sudah ada di ponsel kamu , bisa di pastikan sedang dalam penyadapan. Mari kita ulas satu – persatu.

1.Pesan Masuk Sudah Dibaca Walaupun Kamu Belum Membukanya

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap yang pertama bisa kamu amati dari pesan whatsapp. Jika kamu mendapati pesan masuk di dalam akun whatsapp kamu sudah dibaca,tapi kamu belum membukanya berarti ada kemungkinan whatsapp kamu sedang disadap.

Penyadapan ini bisa kemungkinan memang peretas memasang exploit di ponsel atau memang ponsel kamu yang tidak di amankan dengan kunci pola,pin maupun sidik jari yang hanya kamu saja yang tahu.

Kalau sudah di pastikan opsi kunci ponsel baik itu pin maupun polan nya kamu saja yang tahu, dan pesan whatsapp masuk bisa dibaca oleh orang lain, kemungkinan android maupun iphone memang dalam penyadapan.

2. Mengirim Pesan Ke kontak Lain Tetapi Kamu Tidak Melakukanya

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Kamu tidak mengirim pesan ke kontak lain, tapi kamu mendapati ada sebuah pesan terkirim ke kontak lain, ini juga bisa dipastikan akun whatsapp kamu sedang dalam penayadapan.

Atau mungkin kamu juga sedang terkenan MITM. MITM ini adalah man in the middle, dimana peretas bisa melakukan perubahan pada data komunikasi yang sedang berlangsung. Baik antara pengguna dengan pengguna seperti sedang melakukan chating, atau pengguna dengan server, misalnya sedang melakukan browsing.

Baca Juga: Cara Memindahkan Stiker Telegram ke Whatsapp

3. Adanya Koneksi yang Tidak Wajar, Bisa Dilihat Dari Kecepatan Koneksi Internet

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap yang ketiga bisa kamu lihat dari kecepatan koneksi yang berjalan. Coba aktifkan kecepatan koneksi internet di bar notifikasi supaya kamu bisa selalu cek dan tahu seberapa besar kecepatan internet yang kamu punya.

Jika melakukan resource data biasanya koneksi akan naik, jika tidak maka koneksi akan biasa dan stabil. Kalau misalnya kecepatan sangat tinggi sedangkan kamu tidak melakukan apapun, kemungkinan ada aplikasi yang sedang mengunggah file data kamu.

Soalnya kadang peretas menggunakan exploit dan menyamarkan nya menjadi aplikasi yang familiar pada umumnya. Misalnya saja aplikasi whatsapp.

Penggunaan aplikasi yang tidak resmi dari vendor bisa membuka celah bagi peretas untuk masuk ke perangkat dan mengambil data pribadi.

Untuk selalu gunakan aplikasi resmi dari vendor , kalau android ya download di playstore dan kalau iphone download di appstore.

kalau mendownload dari playstore maka akan di scanning dulu dengan play protect sebelum di install di android, jadi lebih aman digunakan. Dan aplikasi yang di uploud vendor ke playstore pun juga harus menjalani scanning test dulu dari malware dan virus.

4. Cek Whatsapp Web

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap yang ke empat ini merupakan cara yang paling sederhana untuk tahu apakah ada yang menyadap whatsapp kamu atau tidak.

Fitur whatsapp web sebenarnya digunakan untuk memudahkan pengguna whatsapp yang ingin berbagi file dan melakukan aktifitas whatsapp dari komputer dengan mengakses https://web.whatsapp.com/ lewat browser.

Namun kadang aplikasi ini disalahgunakan oleh pihak tertentu. Aplikasi ini memang resmi dari whatsapp, sedangkan kalau yang tidak resmi seperti cloning whatsapp dan ini banyak macam dan jenisnya di playstore.

Pada intinya apliksai cloning akan membuat duplikasi layar dari apliaksi yang di cloning, whatsweb pun demikian . Whastweb akan menampilkan layar yang sama persis dengan whatsapp yang di cloning, dan bahkan bisa melakukan apapaun baik mengirim pesan maupun menghapus pesan.

Silahkan kamu coba cek kil di kanan atas dan pilih whatsweb lalu kalau ada perangkat aktif silahkan hentikan saja.

5. Batere HP Boros

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap bisa juga dengan melihat keadaan suhu ponsel dan batere. Kalau kecepatan koneksi terus naik dan pengunggahan file secara berkala dilakukan oleh aplikasi eksploit yang dilakukan oleh peretas yang sudah di install di ponsel target. Maka efek nya bisa dirasakan dengan keadaan suhu ponsel yang panas dan batere ponsel yang cepat habis.

6. Ada Aplikasi Backdoor yang Berjalan di Latar Belakang

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Peretas biasanya akan membuat sebuah aplikasi backdoor dan exploit untuk bisa melacak dan bahkan menguasai ponsel target. kalau sampai ini terjadi tidak hanya akun whatsapp kamu saja yang bisa di salahgunakan, bahkan seluruh isi ponsel pun bisa di salahgunakan dan di remote dari jarak jauh.

Ini merupakan Cara Mengetahui Whatsapp Disadap yang harus orang awam ketahui. Penyamaran aplikasi exploit bisa berupa game dan aplikasi. atau bisa juga dia di gendong oleh aplikasi dan game populer lain.

Sesuai yang saya jelaskan diatas , biasanya akan selipkan di aplikasi yang sifatnya dari pihak ketiga. Untuk itu selalu usahakan install aplikasi dan game dari vendor dan developer aslinya ya guys.

7.Permintaan Kode OTP Secara Berulangkali

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Pernahkah kamu mendapatkan kode OTP whatsapp dengan nonor kamu, sementara kamu tidak melakukan request kode OTP ? Kalau terjadi sekali mungkin ada orang yang salah salam memasukkan nomor ponselnya dan keliru dengan nomor kamu.

Namun bagaimana jika pengiriman kode OTP terjadi berulang kali ?

Ini patut di curigai karena kemungkinan ada seseorang yang sedang berusaha membobol akun whatsapp kamu.

Sekian Cara Mengetahui Whatsapp Disadap atau tidak baik di android maupun di Iphone yang bisa kamu jadikan acuan. Tentunya agar kamu bisa antisipasi karena memang data privasi itu sangat penting.

Kalau misalnya kamu mendapati aplikasi asing di pengaturan aplikasi silahkan hapus saja. Biasanya akan menyamar sebagai phone backup, kalau lebih simple nya sih silahkan reset ke pengaturan awal pabrikan saja.