Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Originally posted on May 7, 2021 @ 9:25 am

Asalkata.com – Tahukah kamu kalau chat obrolan di whatsapp ternyata bisa di backup ? Ternyata memang iya, chat whatsapp bisa di backup dengan dua cara sederhana, yaitu lewat google drive dan sdcard ponsel. Dan kamu juga harus tahu bagaimana Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive maupun di memori ponsel.

Chat pada whatsapp sebenarnya bisa di cadangkan dan bisa di kembalikan jika chat terhapus. Chat pada whatsapp di sqlite database pada setiap ponsel juga akan di backup secara otomatis di memori ponsel setiap jam 2 dini hari.

Jika suatu hari misalnya chat whatsapp kamu ada yang terhapus dan kamu bisa megembalikanya dengan cara login kembali dengan nomor yang sama dan mengembalikan cadangan chatting whatsapp dengan aplikasi whatsapp yang versinya masih sama.

Whatsapp berbeda dengan aplikasi pesan singkat lainya, misalnya saja aplikasi pesan singkat yang lagi melonjak penggunanya seperti telegram. Di telegram misalnya ada pesan singkat maupun file yang di hapus, kadang masih bisa di jelajahi lagi selama data di cloud server nya belum di hapus.

Berbeda dengan whatsapp dimana data dan file yang dikirimkan bisa masuk ke folder whatsapp di sd card dan bisa di lihat di galeri media.

Cara Backup Chat Whatsapp

Beberapa cara untuk membackup chat whatsapp bisa dilakukan dengan menggunakan google drive maupun dengan memori ponsel dan nantinya akan tersimpan di dalam sdcard internal memori ponsel kamu.

Apakah chat whatsapp bisa di backup secara otomatis ?

Sebenarnya bisa , kamu tinggal mengaturnya saja. Atau coba kamu cek sql lite di folder sdcard/whatsapp/database. Di dalam folder ini biasanya akan ada database chat whatsapp setiap harinya dan akan di perbaharui terus setiap malam.

Makanya jika aplikasi whatsapp dihapus, kemudian di install lagi, selama di folder whatsapp tadi belum di hapus maka akan ada pemberitahuan pengembalian chat sebelumnya.

Pengembalian bisa juga denga file media dengan catatan file medianya juga kalau masih ada. Jika tidak ada maka akan muncul masih menunggu pesan sebelumnya.

Cara Backup Chat Whastapp di Memori Sdcard Ponsel

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Untuk bisa mencadangkan chat whatsapp di memori internal ponsel hanya bisa dilakukan di aplikasi whatsapp mod. Whatsapp mod ini ada banyak, misalnya saja yowhatsapp,Gb whatsapp dan aplikasi whatsapp mod lainya.

Berikut langkah-langkah untuk bisa menyimpan cadangan chat di memori ponsel :

  • Masuk kedalam file manager dan cari folder data dimana folder tersebut menyimpan semua foto dari whatsapp mod yang kamu gunakan. Bisanya namanya akan sama dengan nama whatsapp yang kamu install.
  • Tekan lama pada folder tersebut.
  • Pilih Kompress ke .zip file.
  • Sekarang kamu sudah memiliki file cadangan baik media danc hat whatsapp ke memori ponsel.
  • Untuk restore chat tinggal kamu install saja aplikasi whatsapp nya dan kemudian kembalikan saja datanya. Ini cocok juga kalau kamu kepingin ganti HP dan kamu gak mau kehilangan data dan chating di whatsapp mod kamu.

Cara Backup Chat Whatsapp di Google Drive

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Sedangkan untuk mencadangkan obrolan whatsapp kamu ke google drive kamu bisa ikuti cara nya di bawah ini :

  • Silahkan buka dulu aplikasi whatsapp di ponsel yang kamu punya.
  • Tekan titik tiga di kanan atas, kemudian akan muncul halaman baru dengan berbagai opsi dan pilih chat.
  • Setelah itu pilih saja cadangkan chat, untuk membackup ke google drive.
  • Di halaman ini akan ada opsi ketika memilih opsi pencadangan dengan google drive. Kamu bisa memilih harian, mingguna atau bulanan. Jangan lupa juga pilih akun google drive nya dan tunggub proses pencadangan sampai selesai.
  • Untuk lama pencadangan tergantung dengan jumlah chat dan besarnya media yang tersimpan.

2 Cara Melihat Backup Whastapp di Google Drive Plaing Mudah

Setelah kita belajar bagaimana cara membackup obrolan di whatsapp, kita juga perlu tahu cara untuk restore nya. Untuk cara restore nya dari google drive ini bisa dilakukan dengan android, dan juga bisa dilakukan dengan komputer.

1. Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive dengan Android

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Untuk cara restore chat dari google drive menggunakan android sebenarnya cukup mudah. Kalau di awal penggunaan whatsapp setelah memasukkan OTP akan ada opsi pemulihan data aplikasi dengan google drive, kalau tidak ada bisa ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Buka aplikasi google drive di ponsel kamu.
  • Selanjutnya klik saja titik tiga di sebelah kiri atas dan pilih menu cadangan.
  • Disini akan tampil semua cadangan dari chat whatsapp yang kamu backup dan bisa kamu restore kapan saja dari aplikasi whatsapp.

Baca Juga: Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

2. Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive dengan komputer

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Kalau menggunakan komputer silahkan buka browser baik mozilla ataupun google chrome , pilih salah satu saja sesuai kenyamanan dan berikut langkah-langkahnya :

  • Buka drive.google.com untuk membuka google drive dari browser.
  • Masuk dengan akun gmail yang kamu gunakan untuk membackup isi dari chat whatsapp.
  • Klik ikon pengaturan.
  • pilih setting dan kelola aplikasi.
  • Pilih menu whatsapp massanger.
  • Disini file whastapp di cadangkan di google drive.

File pencadangan whatsapp tidak bisa dibuka apakah eror atau file rusak ?

Tidak , file tersebut memang tidak bisa dibuka di google drive. File pencadangan hanya bisa dibaca oleh aplikasi whatsapp ketiuka akan masuk saat setelah memasukkan kode OTP di akun whatsapp baru.

Jadi bukan karena file itu rusak ataupun broken, google drive memang tidak mengijinkan untuk membukanya.

Sekian Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive dengan android maupun dari browser di komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive