Ukuran Foto Profil Instagram

Ukuran Foto Profil Instagram

Originally posted on June 9, 2021 @ 12:01 am

Instagram memang menjadi media sosial yang identik dengan fotografi dan kreasi berupa gambar, misalnya saja komik dan editor gambar lucu lainya. Namun para pengguna instagram masih banyak yang belum tahu mengenai ukuran foto profil instagram yang sebenarnya.

Kebanyakan masih ngawur kalau mau uploud foto ke instagram, apalagi foto profil. Padahal kalau asal uploud kualitas foto nya bisa menjadi kurang bagus, baik kualitas file maupun ukuran yang bisa di crop oleh instagram.

Lalu berapa sih sebenarnya ukuran foto profil instagram yang direkomendasikan? Berikut ini ulasannya, simak dengan baik.

Ukuran Foto Profil Instagram Supaya Tidak Pecah

Ukuran Foto Profil Instagram Supaya Tidak Pecah

Jika ukuran foto profil pada instagram yang kamu uploud itu asal – asalan saja, pas dibuka denga perangkat yang beresolusi tinggi tentunya akan pecah dan kelihatan blur.

Untuk mengatasi hal ini tentunya kamu harus tahu ukuran standar dari foto profil instagram.

Ukuran standarnya bisa kamu gunakan ukuran yang besar misalnya dengan ukuran 1 : 1 dengan pixel 1080 px X 1080 px. adapun ukuran lain yang bisa kamu pakai bisa kamu lihat dibawah ini.

  • 128 px × 128 px
  • 161 px × 161 px
  • 256 px × 256 px
  • 512 px × 512 px
  • 1024 px × 124 px
  • 1080 px × 1080 px

Dengan mengadopsi ukuran 1 : 1 ini dijamin foto profil instagram kamu tidak akan blur lagi ketika dibuka dengan perangkat tinggi seperti macbok.

Cara Mengubah Resolusi Ukuran Foto Profil Instagram

Cara Mengubah Resolusi Ukuran Foto Profil Instagram

Untuk mengubah ukuran foto profil yang akan kamu uploud ke instagram, kamu bisa menggunakan berbagai jenis editor gambar baik di komputer maupun dengan android.

Kalau di komputer menggunakan photoshop dan corel draw, sedangkan dengan android kamu bisa mengeditnya dengan picsart atau picasay. Atau bisa juga menggunakan canva editor yang sudah ada di playstore aplikasi nya untuk android dan bisa juga lewat browser komputer.

Saya coba contohkan dengan menggunakan canva editor dari browser komputer. Berikut langkah – langkahnya,

  1. Buka canva.com di browser komputer kamu baik menggunakan mozilla firefox maupun dengan google chrome.
  2. Lalu login dengan akun google mail maupun dengan akun lainya, atau bisa juga daftar akun canva baru.
  3. Kemudian buat gambar dengan desain baru.
  4. Buat ukuran yang sesuai dengan ukuran foto profil instagram misalnya saja dengan menggunakan ukuran 1080 pixel X 1080 pixel.
  5. Kemudian uploud gambarnya, setelah itu atur posisi pada ukuran editor yang ada di canva agar gambar bisa melengkapi area editor.
  6. Kemudian tekan unduh dan pilih PNG file.
  7. Kemudian uploud sebagai foto profil instagram kamu.

Untuk menguploud foto profil ke instagram lihat langkah – langkah nya dibawah ini :

  1. Buka aplikasi instagram di ponsel kamu.
  2. Buka dan tap di bagian profil yang di kanan bawah.
  3. Pilih edit profil.
  4. Pilih ganti foto profil.
  5. Selanjutnya tinggal pilih saja foto profil yang tadi kamu edit di canva.
  6. Uploud dan simpan.
  7. Coba kamu buka di perangkat dengan resolusi tinggi,misalnya komputer maupun macbok.

Sampai disini kamu sudah bisa mengganti ukuran foto profil instagram mu dengan ukuran foto yang standar. Namun sebenarnya masih banyak yang perlu di optimasi secara mandiri di instagram mu, apalagi jika akun kamu merupakan akun yang digunakan untuk keperluan bisnis di instagram

Ini akan meningkatkan keseriusan dan profesionalitas kamu dalam menggunakan akun instagram untuk keperluan bisnis. Ukuran thumbnail instagram maupun ukuran story instagram pun juga tidak asal – asalan. Ada ukuran tersendiri yang bisa kamu baca dibawah ini.

Baca Juga: Ukuran Story Instagram Bisa Tepat dengan 5 Alat Ini !

Sehingga semua foto yang ada di akun instagram kamu tidak akan pecah dan blur banget. Untuk itu mulai sekarang atur ukuran foto profil instagram sesuai dengan ukuran standar nya.