Cara Memilih Kamera Digital

Cara Memilih Kamera Digital

Originally posted on April 18, 2021 @ 8:27 am

Cara Memilih Kamera Digital – Jika kalian ingin memasuki dunia fotografi tentunya kalian membutuhkan kamera, baik itu kamera DSLR atau mirrorless. Memilih kamera memang membutuhkan riset yang mendalam, karena kemungkinan kita akan menggunakan kamera itu untuk waktu yang lama.

Saat memilih kamera ada baiknya jika kalian menyesuaikan dengan preferensi pribadi serta jangan terlalu terpaku dengan orang lain. Karena kamera yang akan kalian beli bukan diigunakan oleh orang lain, tapi digunakan oleh kamu sendiri.

Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Cara Memilih Kamera Digital

Berikut ini adalah beberapa cara memilih kamera DSLR untuk pemula, simak dengan baik.

1. Perhatikan Merk Kamera

Perhatikan Merk Kamera

Harga kamera digital yang ada dipasaran juga dipengaruhi oleh merk dari kamera tersebut. Ada tiga produsen kamera digital ternama, yakni Canon, Sony, dan Nikon. Ketiga merk tersebut memiliki harga kamera yang tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan merk lain.

Setiap merk memiliki keunggulannya masing-masing, jadi sebelum kalian memutuskan memilih merk tersebut, cobalah untuk meng-research mengenai merk tersebut. Kalian juga perlu bertanya kepada teman kalian yang mengerti kamera, mengenai pelayanan, garansi, keunggulan, dan servis dari distributor.

Mengapa kita perlu bertanya soal servis? Karena dalam jangka panjang mungkin kalian harus melakukan servis ataupun menukar komponen kamera lewat garansi.

Baca Juga: Segitiga Exposure Fotografi

2. Sesuaikan Kebutuhan dengan Budget

sesuaikan kebutuhan dengan budget

Setelah menentukan merk kamera yang ingin kalian beli, sekarang kalian perlu menyesuaikan seri merk tersebut dengan budget kalian. Jangan habiskan dana hanya untuk membeli kamera saja.

Jangan membeli kamera terlalu mahal, tapi harus sesuai dengan kebutuhan kalian.

3. Perhatikan Fitur yang Dibutuhkan

perhatikan fitur yang dibutuhkan

Selain memperhatikan seri kamera yang ingin kalian beli, kalian juga perlu mengenali fitur-fitur apa saja yang ada dikamera tersebut. Jika kalian ingin malakukan aktivitas fotografi sehari-hari, kalian bisa memilih kamera dengan fitur standar saja.

Tapi jika kalian ingin membeli kamera untuk kebutuhan pekerjaan atau profesi, maka kalian membutuhkan fitur-fitur unggulan yang ada di kamera.

4. Ukuran dan Model

Ukuran dan Model

Sebenarnya hal ini tidak terlalu penting, tapi jika kalian adalah tipe user yang memperhatikan kenyamanan saat memotret, tidak ada salahnya jika kalian mempertimbangkan hal ini.

Pilih ukuran dan model yang nyaman digenggam oleh tangan, hal tersebut juga berpengaruh terhadap hasil fotografi kalian. Model juga sangat mempengaruhi kenyamanan tangan saat menggenggam kamera tersebut, pastikan ukuran dan modelnya sesuai dengan kalian.

5. DSLR atau Mirrorless

DSLR dan Mirrorless

Saat ini banyak kamera mirrorless (tanpa cermin) yang bermunculan, kamera jenis ini memiliki ukuran yang sangat mungil, tapi kualitasnya tidak kalah dengan kamera DSLR. Perbedaan kamera mirrorless dan DSLR hanya ada pada viewfinder saja, jika di mirrorless viewfinder tidak ada.

Jika kalian masih bingung ingin memilih jenis kamera apa, sebaiknya kalian kembali lagi ke tujuan utama kenapa kalian ingin menggunakan kamera tersebut. Jika kalian membeli kamera untuk mengabadikan momen-momen saat travelling, sebaiknya kalian memilih kamera mirrorless karena body kamera ini cukup ringkas.

Tapi jika kalian ingin serius dalam dunia fotografi, maka tidak ada salahnya jika kalian membeli kamera DSLR.

Baca Juga: Teknik Dasar Fotografi

6. Beli dengan Lensa Kit atau Pisah

beli dengan lensa kit atau pisah

Jika kalian ingin membeli kamera DSLR, ada pilihan lagi yang harus kalian pertimbangkan. Kamera DSLR umumnya dipaketkan dengan lensa kit atau lensa standar dengan harga yang murah. Membeli kamera sepaket dengan lensa tentunya akan lebih murah, tapi kalian belum tentu puas dengan hasil dari lensa tersebut. Tapi jika kalian seorang pemula, lensa Kit sudah sangat memenuhi kebutuhan fotografi kalian.

Tapi seiring berjalannya wakti, kalian mungkin akan membutuhkan lensa-lensa yang lain untuk menunjang kebutuhan fotografi kalian.

7. Pelajari Spesifikasi Kamera

pelajari spesifikasi kamera

ISO, Sensor, dan Megapiksel menjadi beberapa unsur penting dalam spesifikasi kamera. Resolusi diukur dari seberapa besar megapiksel dalam kamera tersebut. Tapi selain megapiksel kamera, lensa juga sangat berperan penting dalam pengambilan sebuah gambar. Pastikan resolusi dan spesifikasi kamera sesuai dengan kebutuhan kalian.

Nah itulah beberapa bebrapa Cara Memilih Kamera Digital sebelum kalian membelinya. Jika kalian masih bingung mau membeli kamera, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.