Ukuran Feed Instagram

Daftar Ukuran Feed Instagram – Pada zaman sekarang ini, media sosial menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh semua orang. Banyak sekali media sosial yang sudah dibuat, salah satu media sosial yang populer adalah Instagram.

Banyak sekali fitur-fitur dari instagram, seperti IGTV, snapgram dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa mengupload foto maupun video ke salah satu fitur tersebut secara gratis.

Tapi terkadang foto atau video yang kita upload menjadi pecah atau blur, padahal foto atau video di galeri kita bagus-bagus saja. Nah supaya postingan instagram kamu tidak mengalami masalah seperti itu lagi, ada baiknya kamu mengetahui berapa ukuran yang cocok untuk mengupload foto atau video di Instagram.

Jadi berapa si ukuran feed instagram yang pas? Ukuran Feed Instgram berbeda-beda. Tergantung kamu mau upload kemana, mau ke IGTV, story atau yang lainnnya. Nah untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini.

Berapa Ukuran Feed Instagram yang Ideal?

Ukuran feed instagram ternyata mempengaruhi view dari sesama pengguna instagram. Selain itu kualitas gambar atau video juga mempengaruhi. Lalu berapa ukuran feed instagram yang ideal? Berikut ini adalah masing-masing penjelasannya.

1. Ukuran Feed Instagram Foto

Ukuran Feed Instagram

Ukuran foto Instagram dibagi menjadi 3 model, yaitu Landscape, Square, dan Potrait. Ukuran foto Instagram untuk Landscape maksimal 1080 x 608 piksel atau memiliki rasio 1.91:1.

Sedangkan untuk model Square, rasio feed Instagram yang disarankan 1:1 atau 1080 x 1080 piksel. Dan untuk ukuran post Instagram model Potrait adalah berasio 4:5 atau 1080 x 1350 piksel.

Ukuran di atas adalah ukuran yang disarankan saat kamu mengupload file foto ke instagram. Jika foto sudah diupload, Instagram secara otomatis akan mengkonversi gambar tersebut supaya ukurannya lebih kecil.

Misalnya saja foto Instagram model square 1080 x 1080 piksel akan dikonversi menjadi 600 x 600 piksel.

2. Ukuran Feed Instagram Video

Saat kamu mau mengupload video ke Instagram, kamu juga perlu memerhatikan ukuran video tersebut supaya saat sudah diposting tidak pecah. Lalu berapa ukuran feed instagram video yang cocok? Saat ini pengguna Instagram bisa upload 2 ukuran rasio video, yaitu 4:5 atau 1.91:1.

Untuk ukuran video Instagram rasio 4:5 resolusi videonya adalah 1080 x 1350 piksel. Sedangkan untuk rasio 1.91:1 resolusi videonya adalah 1080 x 608 piksel.

3. Ukuran Resolusi IGTV

Beberapa tahun 2018 lalu, Instagram memperkenalkan fitur baru yaitu IGTV. Fitur ini memungkinkan para pengguna bisa menonton video dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan Insta Story atau Feed.

IGTV bisa ditonton dalam orientasi layar potrait atau landscape. Untuk mode Potrait memiliki ukuran rasio minimal 4:5 dan maksimal 9:16, sedangkan untuk Landscape memiliki ukuran rasio minimal 5:4 dan maksimal 16:9.

Untuk resolusi yang disarankan supaya tidak pecah adalah 1920 x 1080 piksel untuk rasio 16:9 (Landscape) dan 1080 x 1920 piksel untuk rasio 9:16 (Potrait).

4. Ukuran Instagram Story

Fitur ini diluncurkan pada bulan April 2018, fitur ini memungkinkan pengguna bisa post foto serta video yang bisa ditambahkan berbagai macam animasi, teks, emoticon dan lain sebagainya.

Lalu berapa ukuran instagram story yang cocok? Instagram stories bisa menampilkan foto atau video dengan rasio 1.91:1 hingga 9:16. Tapi ukuran yang paling direkomendasikan adalah 4:5 dan 9:16.

Untuk ukuran 1.91:1, resolusi video yang direkomendasikan adlah 1080 x 608 piksel. Sedangkan untuk rasio 9:16 resolusi videonya adalah 1080 x 1920 piksel dengan orientasi potrait.

5. Ukuran Foto Profil Instagram

Supaya akun Instagram kamu semakin kece, ukuran profil Instagram juga harus diperhatikan. Untuk ukuran foto profil Instagram harus memiliki rasio 1:1, sedangkan untuk resolusi minimalnya adalah 110 x 110 piksel dan maksimalnya adalah 180 x 180 piksel.

6. Ukuran Resolusi Instagram Live

Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna bisa broadcast untuk followernya. Format video Instagram Live adalah potrait, aspek rasio video saat live direkomendasikan 9:16. Lalu untuk resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel.

Cara Mengubah Ukuran Foto Untuk Feed Instagram

Untuk mengubah ukuran foto kamu bisa menggunakan software Photoshop di PC/Laptop. Di software ini kamu bisa mengubah ukuran foto sesuka hati kamu. Tapi untuk kamu yang tidak memiliki Laptop/PC, kamu bisa menggunakan Photosshop yang versi Android.

Nah itulah beberapa ukuran feed Instagram yang harus kamu patuhi supaya postingan instagram kamu memiliki banyak like. Jika kamu masih bingung, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

Leave a Comment