Tips Membuat Foto Siluet

Tips Membuat Foto Siluet

Foto Siluet bisa menjadi alternatif gaya foto saat anda bosan dengan gaya foto yang itu-itu saja. Bayangkan saja sebuah foto yang tidak menampilkan rupa objek secara keseluruhan tentu saja menambah kesan keunikan tersendiri.

Sesuai dengan namanya, foto siluet atau silhouette photography merupakan outline berwarna hitam yang terbentuk karena objek yang membelakangi sumber cahaya.

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap jika foto siluet adalah foto gagal karena tidak bisa menangkap rupa objek. Namun hal tersebut tidak sepnuhnya benar, tapi terkadang malah menghasilkan kesan foto yang mengandung misteri, emosi, dan keindahan tersendiri.

Bahkan foto siluet bisa menjadi kado yang unik untuk orang terkasih seperti kepada keluarga, saudara maupun orang tercinta.

7 Tips Membuat Foto Siluet Sunset yang Keren

tips membuat foto siluet

Ada beberapa fotografer yang menyukai genre foto siluet, hal tersebut dikarenakan foto yang akan dihasilkan tidak menggambarkan foto secara jelas tapi hanya menggambarkan secara imajinasi saja.

Nah berikut ini adalah 7 tips untuk membuat foto siluet yang keren, tips dibawah ini bisa anda lakukan tanpa harus menunggu sunset terlebih dahulu.

1. Gunakan Objek Berkarakter

tips membuat foto siluet~objek berkarakter

Hampir semua objek bisa dibuat siluet, tapi sesuatu dengan berkarakterlah yang cocok dijadikan sebagai objek foto siluet. Carilah objek yang mudah dikenal walaupun dalam bentuk hitam, hal tersebut dikarenakan bisa mengikat daya tarik orang untuk melihat foto anda.

Jika anda ingin mendapatkan foto siluet yang indah, kuncinya adalah banyak eksplorasi. Ambil kamera dan potret semua siluet benda yang ada di sekitar anda.

2. Melawan Arah Datang Cahaya

tips membuat foto siluet~melawan arah datang cahaya

Tips yang kedua adalah melawan arah datangnya cahaya, hal tersebut supaya objek yang ingin anda bidik hanya terlihat hitam saja, sehingga membentuk siluet.

Selama sumber cahaya berada di belakang objek, maka objek yang ingin anda foto akan berubah menjadi bentuk siluet saat ditangkap oleh lensa kamera anda. Tapi ada hal yang perlu anda perhatikan seperti mencari momen yang tepat.

Usahakan untuk mencari momen saat matahari terbit atau matahari terbenam. Misalnya saja seperti objek yang ingin anda foto berdiri di tepi pantai saat matahari terbit, hal tersebut sangat cocok dijadikan sebagai spot foto siluet.

3. Pengaturan Segitiga Exposure

Pengaturan Segitiga Exposure

Membidik foto dengan autufocus sebenarnya sudah bisa digunakan sebagai cara membuat foto siluet. Tapi ada beberapa kondisi cahaya yang tidak cocok digunakan dengan autofocus. Sehingga anda pelru mengatur segitiga exposure untuk mendapatkan efek gelap yang merata pada area bayangan objek.

Nah berikut ini adalah pengaturan segitiga exposure yang bisa anda terapkan jika ingin mendapatkan foto siluet. Tapi sebelum anda mengikuti pengaturan di bawah ini, pastikan jika anda menggunakan mode manual di kamera dengan cara putar mode sampai menunjukan huruf M.

  1. ISO, gunakan ISO rendah untuk mengurangi noise serta membuat efek gelap karena kurang cahaya yang masuk ke lensa.
  2. Aperture, supaya anda mendapatkan efek bokeh, gunakan bukaan lensa yang besar. Tapi jika menggunakan bukaan lensa kecil, maka anda akan mendapatkan gambar yang tajam.
  3. Shutter Speed, supaya mendapatkan efek gelap, gunakan shutter speed yang tinggi. Jika anda menggunakan shutter speed yang rendah, cahaya yang masuk akan semakin banyak, sehingga mengurangi kesan siluet itu sendiri.

4. Gunakan Low Angle

gunakan low angle

Menggunakan low angle dirasa sangat cocok untuk mendapatkan foto siluet, karena anda bisa memposisikan subjek anda dengan background yang sangat unik. Sedangkan untuk posenya sendiri, anda bisa berlutut, pose layaknya penari balet, lompat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Setting Mode Manual Kamera

5. Matikan Flash Kamera

matikan flash kamera

Kondisi yang gelap menjadi kondisi yang paling sesuai untuk memotret siluet. Maka dari itu pastikan anda untuk mematikan flash pada kamera anda.

Kenapa seperti itu? Karena cahaya dari flash akan menerangi objek yang ingin anda buat siluetnya. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan membuat foto siluet anda gagal.

6. Framing

framing foto siluet

Lakukan framing pada jepretan anda dengan menempatkannya di depan view supaya lebih menarik, tapi dengan background yang terang. Anda bisa menggunakan background berupa langit tanpa awan yang cerah.

Posisikan cahaya yang paling terang di belakang objek, sehingga terkesan anda sedang menyembunykan sumber cahaya. Tapi jika anda tidak suka dengan sumber cahaya tepat berada di belakang objek, anda juga bisa menempatkan sumber cahaya di samping objek.

Baca Juga: Macam Angle Foto Keren

7. Focus

fokus foto siluet

Tentu anda ingin objek yang disiluetkan adalah fokus dari foto silluet tersebut. Jika seperti itu maka tips pada nomor 6 menjadi sedikit lebih kompleks dimana Anda mendapatkan siluet dengan mengarahkan kamera ke titik paling terang, dan kemudian mengarahkan ke objek.

Fokus akan ada pada titik paling terang pertama kali kamera diarahkan. Untuk menyiasati hal tersebut anda bisa menggunakan 2 (dua) strategi, cara pertama jika kamera anda memiliki fokus manual cobalah menggunakan prefokus sebelum melakukan metering.

Cara yang kedua mengguankan aperture untuk memaksimalkan depth-of-field, atur aperture terkecil untuk meningkatkan depth-of-field, maka hal tersebut akan membuat foreground dan background yang detail.

Nah itulah beberapa tips atau cara membuat foto siluet. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.