Manfaat Manpower Planning bagi Perusahaan

Manfaat Manpower Planning bagi Perusahaan

Originally posted on June 1, 2021 @ 1:44 am

Manpower Planning merupakan perencanaan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mengatur seberapa banyak jumlah karyawan yang dibutuhkan, skill apa saja yang akan diperlukan, dan strategi rekrutmen seperti apa yang akan dilakukan. Istilah manpower planning dapat disebut juga sebagai perencanaan SDM yang berguna untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Adanya perencanaan tersebut diharapkan perusahaan dapat melakukan pengontrolan terhadap jalannya bisnis agar tetap efektif dan menghasilkan keuntungan. Sebab, karyawan adalah komponen penting yang mendukung perkembangan bisnis.

5 Manfaat Manpower Planning bagi Perusahaan

Inilah beberapa manfaat dari manpower planning bagi perusahaan, antara lain:

1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan perencanaan yang baik, penempatan kerja karyawan akan sesuai dengan skill yang mereka punya. Perlu diketahui bahwa bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki akan meningkatkan produktivitas karena pekerjaan dilakukan dengan senang hati.

2. Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas

Karyawan yang pintar dan cekatan tentu saja menjadi idaman bagi setiap perusahaan. Untuk mendapatkan ciri karyawan seperti itu tentunya diawali dari proses rekrutmen yang tepat dan efektif. Dengan begitu, divisi HRD dapat melakukan penyaringan karyawan yang benar-benar memenuhi kualifikasi dan jangan sampai justru mempekerjakan kandidat yang tak sesuai kualifikasi.

3. Mengefisiensi Biaya Perekrutan

Untuk mengadakan rekrutmen karyawan, perusahaan akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan karyawan unggulan. Namun dengan adanya manpower planning, proses rekrutmen karyawan bisa berjalan dengan efektif dengan mengeluarkan biaya yang benar-benar diperlukan. Biaya yang terbuang percuma dalam rekrutmen dapat menurunkan tingkat efektifitas rekrutmen.

4. Menyesuaikan dengan Perkembangan Teknologi

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi sudah semakin maju dan memadai. Untuk memudahkan pekerjaan, perusahaan juga merubah persyaratan dan pola kerja yang disesuaikan dengan perkembangan revolusi 4.0. Maka dari itu, dibutuhkan penyesuaian dan pemenuhan SDM agar bisnis perusahaan bisa tetap berdiri dalam tantangan 4.0

5. Mengetahui Permasalahan Kinerja Dari Awal

Selama melakukan pekerjaan, terkadang karyawan mengalami penurunan kinerja akibat beberapa masalah yang mereka hadapi. Manfaat dari perencanaan SDM atau manpower planning ini adalah menanggulangi masalah atau hambatan karyawan sebelum menjadi besar. Sehingga masalah tersebut tidak akan merembet ke pekerjaan lainnya.

Dari 5 manfaat di atas dapat disimpulkan bahwa perencanaan SDM atau manpower planning sangat penting diterapkan di perusahaan. Perencanaan yang baik tentu saja dapat melancarkan sistem kerja serta mempercepat perusahaan dalam mencapai tujuannya. Jika perusahaan ingin memudahkan perencanaan SDM, perusahaan bisa mulai menggunakan Software HRIS Indonesia dari LinovHR.

Melalui LinovHR, Anda bisa melakukan perencanaan SDM yang efektif serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berbagai macam fitur yang tersedia dalam Software HRIS Indonesia dari LInovHR dapat memudahkan HRD dalam melakukan perencanaan SDM lebih mudah dan praktis.

Sumber Penulisan: https://www.linovhr.com/manpower-planning/