Rumus Lightroom Alam

Punya hobi naik gunung? atau menjelajah curug? jika punya pasti kalian tidak akan lupa untuk mengambil foto yang banyak. Namun foto-foto tersebut butuh sentuhan halus menggunakan rumus lightroom alam.

Mengapa harus diedit menggunakan rumus lightroom alam? karena foto yang kamu miliki berada di alam dengan bermacam jenis tumbuhan maka akan sangat cocok jika diedit dengan filter berwarna hijau.

Sebelumnya saya sudah membahas kumpulan rumus lightroom keren yang berisi beberapa preset keren. Namun pada kesempatan ini saya akan fokus ke filter alam dengan nuansa hijau.

Rumus Lightroom Alam Terbaru

Dengan perpaduan warna hitam dan hijau membuat foto menjadi lebih cool dan enak dipandang oleh kedua mata. Untuk itu saya memberikannya dengan nama moody dark green lightroom.

1. Cahaya (light)

Rumus Lightroom Alam Terbaru

Dalam menu cahaya terdapat beberapa tool yang akan kita ubah. Karena foto yang saya edit sedikit gelap akhirnya saya menaikan pencahayaannya ke angka 0,90EV, dan untuk lainnya silahkan perhatikan tabel.

Pencahayaan+0,90EV
Kontras-23
Highlight+26
Bayangan-86
Rona Putih-58
Hitam-21

Perhatikan bagian atas dalam menu cahaya, disana terdapat tulisan kurva. Silahkan buka menu kurva dan aturlah kurva berwarna putih, merah dan hijau hingga berbentuk seperti yang saya buat.

Rumus Lightroom Alam Terbaru

Terlihat jelas bukan perbedaan setelah melakukan pengaturan pada ketiga warna kurva diatas? Jika sudah kita lanjut ke bagian selanjutnya.

2. Warna (color) Rumus Lightroom Alam

Tutorial edit foto lightroom filter alam yang harus kita lakukan sekarang ialah mengatur bagian warna yang terdiri dari temperatur, corak dan lainnya.

Temp atau temperatur sendiri berfungsi untuk mengatur suhu yang ditampilkan oleh foto kita, seperti hangat atau sejuknya foto tersebut.

Temp0
Corak-14
Vibrance-25
Kejenuhan+25

3. Campuran Warna (color mix) Rumus Lightroom Alam

Saat berada di menu warna terdapat text CMPRN yang berfungsi mengatur campuran warna yang terdiri dari beberapa warna. Untuk lebih lengkapnya silahkan amati pengaturan yang tertera dalam tabel.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Merah-4+40
Oren-2+6+20
Kuning-37-37+47
Hijau+94-45-13
Aqua-100-100+100
Biru-100-100+100

4. Efek (effect) Rumus Lightroom Alam

Kemudian untuk membuat rumus lightroom dark green kita perlu mengatur bagian efek yang tentunya akan membuat gambar menjadi lebih hidup dengan warna hijau yang lebih ditonjolkan.

Tekstur+6
Kejernihan+46
Efek Kabut+58
Vignette-34
Titik Tengah+4
Feather+100

5. Detail Rumus Lightroom Alam

Rumus Lightroom Alam Terbaru

Terakhir masuk ke menu detail, disini saya hanya mengatur beberapa bagian saja dan jika ada tool yang tidak saya sebutkan biarkan default saja jangan kamu atur lagi agar hasilnya bisa maksimal.

Menajamkan8
Pengurangan Noise10
Pengurangan Noise Warna20

Catatan: Saya hanya mengubah 3 tool dalam bagian Detail dan membiarkan tool lainnya secara default tanpa mengaturnya lagi.

Jika sudah berhasil dibuat kalian bisa menduplikat rumus tersebut untuk digunakan ke dalam foto lain untuk ditempelkan.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita kali ini, mungkin preset lightroom alam sangat berbeda dengan rumus lightroom senja, namun keduanya sangatlah keren.

Leave a Comment