Cara Menghapus Malware di Android

Cara Menghapus Malware di Android

Originally posted on April 19, 2021 @ 9:15 am

Di smartphone Android yang Anda miliki tentunya sudah mengunduh berbagai macam game dan aplikasi. Dengan berbagai macam aplikasi yang sudah kita unduh tak jarang memiliki virus, atau bahkan ada virus yang menyamar menjadi program.

Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya untuk android yang Anda miiliki, Karena virus pada umumnya memiliki sifat merusak, mencuri data atau mengintai pengguna. Dengan berbagai macam sifat tersebut, tentunya sangat merugikan.

Ada berbagai jenis virus yang paling banyak dikenal, seperti malware, trojan, spyware, dan masih banyak lagi lainnya. Virus-virus seperti ini memang harus segera dimusnahkan dengan berbagai cara yang akan kami bahas di bawah ini.

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lalkukan untuk menghapus malware di android, antara lain.

1. Install Aplikasi Antivirus Terbaik

Cara menghapus malware di hp yang pertama adalah dengan memasang aplikasi antivirus. Tapi seringkali kita menyepelekan fungsi dari antivirus, sehingga kita tidak menginstall antivirus. Padahal ancaman virus hp selalu mengintai hp Anda.

Selain bisa menghapus malware di hp kita, dengan aplikasi antivirus kita bisa mencegah virus-virus atau malware masuk ke smartphone anda. Tapi pastikan aplikasi antivirus yang anda install merupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik.

Jika anda ingin mendapatkan proteksi yang lebih mendalam, sebaiknya anda memasang aplikasi antivirus dengan versi berbayar. Ada berbagai perbedaan dari versi free dan berbayar, salah satunya pada fitur-fotur pada versi berbayar lebih banyak.

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah, tapi cara ini tidak direkomendasikan jika hp anda terkena virus yang sangat berbahaya. Hal tersebut dikarenakan cara ini tidak cukup untuk melawan malware.

Baca Juga: Cara Mengatasi MSA Terus Berhenti Xiaomi

2. Safe Mode

safe mode android

Cara yang kedua adalah masuk ke safe mode, cara yang sati ini bisa dibilang cukup efektif untuk memnghapus malware di hp android anda. Untuk masuk ke safe mode, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Power untuk reboot hp android anda.
  2. Lalu tekan dan tahan tulisan Power Off.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, klik Reboot to Safe Mode.
  4. Klik Ok.

Lalu kita bisa cek file mana saja yang anda curigai dan aplikasi mana saja yang terinfeksi virus. Jika pada aplikasi tidak terdapat opsi uninstall berarti aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus.

Tapi tenang saja, anda bisa menghapus aplikasi tersebut dengan cara me-nonaktifkan fungsi administrator dengan cara di bawah ini.

  • Kembali ke menu utama.
  • Lalu masuk ke Security >> Device Administrator.
  • Lalu centang kotak yang ada di samping.

Jika cara tersebut sudah dilakukan, silahkan reboot perangkat android anda, maka secara otomatis perangkat android anda akan keluar dair safe mode.

Cara yang satu ini terbilang sangat ampuh untuk menghapus virus yang menyerang hp android anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto Terhapus di Android

3. Hard Reset

safe mode android

Sayangnya ada berbagai malware yang bisa mencegah kita untuk melakukan cara nomor 2. Maka mau tidak mau kita harus melakukan cara yang lain seperti melakukan hard reset.

Cara untuk melakukan hard reset terbilang sangat mudah, anda hanya tinggal melepas baterai dari perangkat android lalu memasangnya kembali.

Tapi bagiamana jika hp android anda menggunakan baterai tanam? Hard Reset bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power selama 10 detik. Setelah itu saat perangkat sedang booting, segera tekan dan tahan kedua tombol volume untuk masuk ke safe mode.

Baca Juga: Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus

4. Factory Reset

Salah satu cara menghapus malware di android yang paling ampuh adalah dengan melakukan factory reset/kembali ke pengaturan pabrik. Factory Reset bukan hanya menghapus virus saja, tapi juga bisa berguna untuk menghapus berbagai permasalahan android lainnya.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan factory reset, simak dengan baik.

  1. Masuk ke pengaturan/setting.
  2. Setelah itu scroll dan cari opsi Cadangan dan setel ulang.
  3. Lalu pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik.
  4. Umumnya anda akan dimintai sandi atau pola android anda, jika anda menggunakan fitur kunci smartphone.
  5. Tunggu beberapa saat, lalu android akan melakukan setel ulang ke pabrik.
  6. Selesai.

Tapi sebelum anda melakukan cara tersebut, pastikan jika smartphone android anda harus memiliki baterai lebih dari 50%.

Jika melakukan factory reset melalui recovery mode, berikut ini adalah caranya.

  1. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dalam beberapa detik.
  2. Lalu android akan otomatis masuk ke recovery mode.
  3. Setelah itu pilih wipe data atau factory reset, lalu pilih OK.
  4. Android akan memulai proses reset data pabrik.

Nah itulah beberapa cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus. Bagaimana? Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.