IDM Tidak Muncul di Youtube? Begini Cara Untuk Mengatasinya!

IDM Tidak Muncul di Youtube? Begini Cara Untuk Mengatasinya!

Cara Mengatasi IDM TIdak Muncul di Youtube – IDM merupakan singkatan dari internet download manager. IDM ini merupakan software untuk mempercepat download file yang dibuat oleh sebuah perusahaan amerika yang bernama Tonec.inc.

Namun terkadang menggunakan IDM mengalami kendala, misalnya IDM tidak muncul di Youtube.

Bagaimana cara kerja IDM ?

IDM bekerja dengan membagi proses download menjadi sekitar 16 bagian proses pengunduhan. Tampilan yang sederhana dari software ini memang membuat orang mudah untuk menggunakanya, terutama memang aplikasi ini di dedikasikan untuk membantu proses download pada sistem operasi windows.

Saat kamu ingin download file, dan IDM nya tidak muncul tentu akan merepotkan. Apalagi jika menggunakan proses download dari browser biasa bisa membutuhkan waktu yang lama.

Menggunakan IDM mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya file bisa di jeda. terlebih jika ada kendala jaringan , proses bisa terjeda dan bisa dilanjutkan kembali tanpa mengulangi proses download dari awal lagi.

Berbeda dengan proses download menggunakan google chrome misalnya, jika proses gagal atau ada kendala jaringan, kadang file akan mengunduh kembali dari awal.

Penyebab IDM Tidak Muncul di Youtube

idm tidak muncul di youtube

IDM tidak muncul di Youtube ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Diantaranya,

1. Software Belum di Update ke Versi yang Paling terbaru

Jika IDM yang kamu gunakan masih versi lama, sebaiknya unduh versi terbaru untuk menutupi bug dan crash yang ada. Terkadang juga browser sudah update terlalu jauh, dan tidak sinkron dengan IDM yang digunakan.

Atau bisa juga versi laptop dan komputer maupun sistem operasi yang sudah tidak bisa mendukung IDM versi terbaru, Ini juga bisa menyebabkan IDM tidak muncul di Youtube. kalau kamu ingin memperbaharui IDm sebaiknya Unduh IDM di website resminya.

2. Software IDM Belum di Aktivasi

Jika kamu masih baru sajanmenginstall IDM, sebaiknya langsung saja untuk di aktivasi agar bisa langsung untuk digunakan.

3. Ekstensi IDM Belum Terpasang dengan Benar

Yang paling sering adalah ekstensi IDM tidak terpasang dengan benar , sehingga bisa menyebabkan tombol download dari IDM tidak muncul di Youtube.

Jika ekstensi terpasang dengan baik, biasanya tombol IDM nya akan muncul jika ingin mendownload sebuah file dari browser.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube di Telegram

Cara Atasi Tombol IDM Tidak Muncul di Youtube

Jangan panik jika tombol IDM di browsermu tidak muncul ketika ingin mendownload file dari youtube, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa mengatasi IDM tidak muncul di Youtube .

1. Update Software ke Versi Paling Baru

Untuk update software IDM silahkan unduh IDM versi terbaru dan di sesuaikan dengan spesifikasi komputer kamu, supaya bisa compatible dengan browser yang ada di komputermu. Silahkan unduh IDM di website resmi IDM disini, kemudian install di komputer kamu. Bisanya akan ada trial 30 hari dan versi berbayar di bulan berikutnya.

2. Install Ulang Ekstention

Untuk install ulang ekstensi dari IDM bisa kamu lakukan melalui browser, misalnya yan sering kamu gunakan adalah google chrome.

Untuk menginstall ekstensi IDM dari google chrome kamu klik dulu ekstention pilih titik tiga dan klik more tools, lalu klik ekstension.

perhatikan pada kolom IDM Integration Module lalu hapus saja, Klik remove. Akan muncul menu pop up dan klik remove.

Software ekstension sudah terhapus, sekarang install ulang dari versi IDM yang terbaru. jangan di tutup dulu chrome nya. Sekarang buka file manager, Caranya dengan masuk ke program file di direktori windows bisanya sih di drive c, cari nama ‘IDMGCExt.crx’ kemudian drag file tersebut ke IDM Integration Module yang masih dalam keadaan terbuka.

Kemudian tambahkan ekstensi nya lalu install ulang saja. Perlu di ketahui kalau setiap browser itu berbeda, ini hanya untuk chrome. kan berbeda lagi jika kamu sering menggunakan mozilla ataupun browser lainya.

Agar tidak crasch dalam penginstalan ekstensi IDM , kamu hapus dulu ekstensi versi sebelumnya baru install lagi yang terbaru seperti diatas caranya sudah saya bagikan.

Kebanyakan hapus IDM lama, dan langsung ganti dengan IDM versi terbaru, hal ini bisa membuat ekstensi IDM di browser tidak bisa berfungsi.

Sekian cara mengatasi tombol IDM di youtube dengan browser chrome, semoga bermanfaat. Jika kalian masih bingung, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.