Cara Monetisasi Youtube

Cara Monetisasi Youtube

Originally posted on April 29, 2021 @ 10:46 am

Cara Monetesisasi Youtube – Youtube merupakan sebuah platform berbagi video milik raksasa internet google. Di dalam data base nya, youtube oleh google memang dikhususkan untuk menampung konten video. Youtube juga membuka sistem partner dimana kreator bisa menghasilkan uang dari youtube namun tetap terikat pada syarat monetisasi youtube.

Syarat monetisasi youtube ini sebagai acuan agar kreator tetap bisa mematuhi kebijakan dan syarat utama untuk bisa memotisasi konten yang dibuat. Hal ini juga bisa menyaring kreator agar kreator yang bisa membuat konten yang berkualitas saja yang bisa mengikuti program partner dari youtube.

Syarat monetisasi youtube tentu dari google adsense. Google adsesense adalah pihak periklanan google yang menggaji para kreator konten baik dari website,youtube dan aplikasi.

Baik website,youtube dan admob tentu mempunyai syarat-syarat tersendiri untuk menerima partner dari kreator konten nya, tak terkecuali youtube.

Sistem penghasilan dari youtube ini berdasar dari view dan klik iklan dari konten yang ditayangkan. kalau konten yang dibuat semakin populer maka penghasilan semakin banyak untuk tiap bulanya.

Sebenarnya kalau kamu lihat video di youtube tanpa iklan pun bisa, kamu tinggal baca cara menghilangkan iklan youtube di android dan komputer paling manjur.

Cara membuat akun youtube itu mudah, asal punya gmail dan buka aplikasi youtube lalu create channel baru. Kemudian di isi dengan konten video sesuai minat kamu suka.

Usahakan update konten secara berkala dan lihat kemajuan channel, jika channel sudah mempunyai pelanggan yang cukup banyak serta views sudah ribuan, kamu bisa daftarkan channel kamu ke google adsense.

2 Syarat Monetisasi Youtube Supaya Diterima Adsense

Cara Monetesasi  Youtube dengan Cepat

Berikut ini adalah 2 syarat yang harus kalian penuhi sebelum mendapatkan adsense dari youtube, antara lain.

A. Memiliki Minimal 1000 Subscriber

syarat monetisasi youtube

Subscriber adalah pelanggan channel kamu, untuk mencari 1000 subscriber rasanya tidak terlalu sulit jika konten kamu bermanfaat dan kamu buat konten secara berkala. Setidaknya satu minggu sekali dala waktu kurang dari setahun biasanya sudah bisa di monetisasi.

Untuk mencari 1000 subscriber dengan cepat kamu bisa membagikan tautan video mu ke berbagai sosial media, selain itu ajak mereka untuk subscribe.

B. Memiliki Waktu Minimal 4000 Jam Tayang

syarat monetisasi youtube

Dalam waktu kurang dari setahun jika memang videomu bisa viral syarat yang kedua ini sangat mudah untuk di penuhi dalam beberapa hari saja.

Setelah keduanya tercapai, silahkan ajukan monetisasi channel kamu ke google adsense.

Sebagai acuan jangan membuat konten yang menyalahi kebijakan dari youtube. Misalnya saja menggunakan song , cuplikan dan lagu orang lain. Atau konten media lain juga tidak boleh untuk di monetisasi.

Selain itu peraturan-peraturan lain seperti jangan membuat video sara,adu domba dan yang intinya bisa memancing amarah publik. Karena rawan banget untuk di banned.

Ada beberapa tips agar akun youtube kamu bisa cepat di monetisasi google adsense. Diantaranya,

1. Buatlah Video dengan Topik Fokus Satu Topik Saja

Konten yang berfokus pada satu topik saja dan mengulas secara detail biasanya lebih diminati penonton ketimbang channel gado-gado. Channel dengan satu topik biasanya membahas hal yang spesifik sampai tuntas.

Setipa pengunjung youtube maupun website biasanya akan mencari satu hal pokok dengan pembahasan secara rinci.

2. Perhatikan Durasi Video

Durasi video usahakan jangan terlalu pendek, buatlah pembahasan secara rinci dan detail. Misalnya untuk menjelaskan sebuah topik perlu waktu 6 sampai 7 menit, buatlah video dengan sekitar 10 menit karena 3 menit untuk pembukaan dan penutupan dan pengenalan singkat.

3. Thumbnail dan Judul yang Menarik

Untuk membuat thumbnail dan judul gunakan kata-kata yang merayu agar video kamu ditonton banyak orang. Jangan terlalu click bait, karena bisa menurunkan reputasi channel yang kamu bangun.

Saya rasa untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang itu tidak terlalu sulit, yang tersulit untuk terus menaikkan subscriber dan penonton, karena ini terkait langsung dengan kualitas konten.

Selain itu walaupun sudah diterima adsense dan video bisa menampilkan iklan , kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang perbulan begitu saja. Karena akumulasi pembayaran youtube tiap bualan minimal 100 $. Dan itupun jika masih pertama kali, kamu perlu verifikasi alamat, identitas dan rekening bank.