Cara Membuat Banner & Header Youtube

Cara Membuat Banner & Header Youtube

Originally posted on April 28, 2021 @ 3:29 am

Cara Membuat Banner & Header Youtube – Kalau kamu mau jadi seorang youtuber terkenal kamu harus tahu dulu ukuran gambar banner atau gambar header youtube. Ukuran banner youtube yang standar akan membuat channel kamu jadi menarik jika ada subscriber yang sengaja masuk ke beranda channel kamu.

Menjadi youtuber memang tidak semudah yang dibayangkan, perlu usaha ekstra dalam pembuatan konten yang bisa memikat banyak penonton. Buka hanya pembuatan konten saja, promosi konten juga di perlukan, optimasi kata kunci ataupun tag, dan salah satunya juga pengoptimalan pada gambar header.

Dalam membuat ukuran banner youtube, pihak google juga mempunyai ukuran banner tersendiri agar bisa terlihat baik ketika di buka dengan browser komputer, di buka dari iphone maupun dibuka dari android.

Untuk membuat ukuran banner youtube kamu bisa perhatikan dulu 4 hal dibawah ini.

4 Acuan Membuat Banner Youtube

ukuran banner  youtube
ukuran header youtube
  • Saran rekomendasi uploud gambar menggunakan resolusi 2560×1440, minimal harus menggunakan resolusi 2048×1152 px.
  • kalau kamu mau menggunakan logo dan teks, sebagai gunakan are aman untuk teks dengan resolusi 1546×423 px, ini maksutnya kalau kamu hanya ingin menggunakanteks dan logo harus diletakkan pada area ini, kalau tidak logo dan teks nya bisa terpotong pada beberapa perangkat.
  • lebar yang paling aman digunakan jika punya ukuran 2560×423 ,dengan pilihan ini gambar akan tetap terlihat dan termasuk area aman untuk semua jenis ukuran.
  • maksimal untuk ukuran file yang akan di unggah sebaiknya kurang dari 6 mb, atau kalau tidak youtube akan menolaknya.

Demikian ukuran banner youtube yang bisa kamu buat berdasar acuan diatas, dan untuk membuatnya kamu bisa menggunakan software di komputer maupun berbagai aplikasi editing di ponsel kamu.

Cara Mengganti Gambar Header Youtube

Untuk mengganti gambar header youtube kamu bisa lakukan langkah-langkah di bawah ini,

  • Buka youtube.com melalui browser Komputer.
  • Pada menu di bagian kanan atas pilih saja my channel.
  • Setelah itu customisasi channel kamu.
  • Klik add channel art jika ingin mengunggah gambar banner baru.
ukuran banner youtube
ukuran banner dan header youtube
  • Arahkan kursor ke logo pensil dan edit.
  • Kemudian pilih gambar di bagian galerry.
  • Kemudian atur crop jadi beberapa bagian.
  • Setelah itu pilih dan kamu sudah bisa menganti ukuran banner youtube.

Selain itu pada bagian bawah pengaturan banner juga da gambar watermark, ini kan memberikan tanda air pada setiap video yang kamu uploud. Jadi duplikasi dari konten yang kamu buat oleh kreator konten lain bisa di minimalisir dan bisa kamu klaim di kemudian hari jika ada yang menyalahgunakan.

Sedangkan di pengaturan atas banner merupakan foto profil kamu, gunakan foto profil yang elegan,keren dan identik, supaya penonton tahu kalau misalnya ada video yang ada di beranda mereka mereka langsung tahu kalau kreatornya itu kamu.

Ada banyak sekali optimasi supaya channel yang kamu buat bisa menjadi channel yang besar, selain ukuran gambar banner kamu juga harus optimasi kata kunci konen yang kamu buat.

Bisanya ada di tag, atau berikan juga tag di judul. Untuk memberikan tag di judul kamu cuma tulis tag nya di deskripsi konten, nantinya akan muncul di bawah judul konten.

Sekian cara mengatur ukuran banner youtube dan standar ukuran header youtube, semoga bermanfaat dan bisa langsung kamu terapkan di channel yang kamu punya.