Cara Membuat Stiker Telegram

Cara Membuat Stiker Telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan gratis yang akhir-akhir ini sedang booming. Sebenarnya aplikasi ini sudah dirilis sejak 14 Agustus 2013 oleh Telegram Messenger LLP.

Fitur yang ditawarkan di aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi perpesanan yang lain. Misalnya saja seperti telepon, video call, grup chat dengan limit anggota lebih banyak dibandingkan whatsapp, bot telegram dan lain sebagainya.

Selain itu Telegram juga bisa memungkinkan anda untuk saling berbagi stiker dan membuat stiker sekaligus. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat stiker di Telegram dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Stiker di Telegram Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebenarnya anda bisa membuat stiker telegram di aplikasi telegram itu sendiri, anda hanya perlu bantuan dari bot saja. Nah berikut ini adalah caranya:

1. Buka aplikasi Telegram lalu klik ikon search yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu ketikan @Stickers pada kolom pencarian maka secara otoomatis akan muncul akun telegram untuk membuat stiker. Lihat gambar di bawah ini.

cara membuat stiker di telegram tanpa aplikasi tambahan

2. Setelah itu akan muncul berbagai macam perintah/command. Perhatikan gambar di bawah.

cara membuat stiker di telegram tanpa aplikasi tambahan

Keterangan Perintah Bot Stickers

1. /newpack : digunakan untuk menambah paket baru stikers.
2. /addstickers : digunakan untuk menambah sticker pada paket yang sudah dibuat.
3. /delsticker : digunakan untuk menghapus sticker dari paket sticker.
4. /ordersticker : untuk mengatur ulang sticker dari paket sticker.
5. /stats : untuk melihatn statistik untuk sticker.
6. /top : untuk menjadikan stiker diurutan pertama.
7. /packstats : untuk melihat statistik jumlah paket sticker.
8. /packtop : untuk menjadikan paket sticker menjadi diatas.
9. /cancel : untuk membatalkan perintah.

3. Untuk membuat stiker baru, silahkan klik Start yang ada di bawah. Lalu masukkan perintah /newpack dengan cara klik perintah tersebut, atau mengetikkan perintah tersebut.

cara membuat stiker di telegram tanpa aplikasi tambahan

4. Setelah itu bot akan membalas perintah tersebut dan memerintahkan anda untuk mengisi nama paket sticker yang ingin anda buat. Misalnya saja seperti Stiker Asalkata.

cara membuat stiker di telegram tanpa aplikasi tambahan

5. Selanjutnya anda akan diperintahkan untuk memasukkan icon yang melambangkan paket sticker anda. Jadi nantinya saat anda mengklik icon tersebut, maka sticker dalam paket sticker anda muncul pada kolom chat telegram.

Anda juga bisa menggunakan icon smile, like, atau emojo lain. Misalnya anda ingin melambangkan sticker yang anda buat menjadi sticker smile, maka anda memasukkan icon smile.

6. Setelah itu masukkan sticker yang ingin anda masukkan sebagai isi dari emoji yang anda buat. Anda bisa memasukkan gambar yang sudah di edit, anda bisa juga bisa menggunakan foto anda sendiri. Tapi perlu anda ingat, anda harus menghapus backgroundnya saat ingin mengupload foto tersebut menjadi sticker.

Untuk menghapus background tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi seperti picsart atau menghapus background secara online. Selain itu, format foto yang anda upload harus berformat .PNG atau .WEBP, serta memiliki dimensi 512×512 px.

Jika anda sudah sekesai upload gambar pada sticker bot, maka bot ini secara otomatis akan membalas pesan yang mengatakan bahwa sticker sudah selesai diupload. Balas pesan tersebut dengan cara mengetik /publish.

7. Terakhir anda tinggal mengetikan nama dari sticker yang anda buat tadi. Silahkan beri nama sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya di sini saya beri nama Animals.

Nama stiker tersebut berguna untuk menambahkan sticker selanjutnya. Setelah itu bot akan membalas https://telegram.me/addstickers/animals. Sekarang anda sudah bisa masuk kedalam daftar stiker telegram anda, selain itu stiker anda juga sudah bisa digunakan dengan teman anda.

Baca Juga: Cara Nonton Drakor di Telegram

Nah itulah cara membuat stiker di telegram tanpa aplikasi tambahan dengan mudah. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.