Cara Membuat CTA yang Efektif Mendatangkan Banyak Traffic

Cara Membuat CTA yang Efektif Mendatangkan Banyak Traffic

CTA atau call to action merupakan salah satu strategi atau metode penting di dalam ranah digital marketing atau internet marketing. Metode ini bagus diaplikasikan oleh Anda yang sudah membeli hosting maupun migrasi hosting dalam membangun sebuah website.

Sederhananya, pemasaran yang Anda lakukan di internet tidak akan optimal tanpa adanya CTA. Metode ini sangat penting sekali untuk pemilik hosting murah terpercaya yang sudah dibuat menjadi sebuah web untuk pemasaran.

Apa Itu CTA?

Sederhananya, CTA merupakan sebuah kampanye yang disematkan di dalam konten pemasaran. Namun, cara penyematan CTA ini harus benar-benar ‘halus’ dan tanpa disadari oleh pembaca, atau dalam istilah lain sebuah kampanye terselubung.

CTA yang umumnya dibuat merupakan metode soft selling. Pasalnya metode tersebut mampu menawarkan sebuah produk atau jasa secara ‘halus kepada pembeli.

Gaya pemasaran yang ‘halus’ berangkat dari sebuah konten yang informatif dan memiliki benefit bagi para pembaca. Kemudian ujungnya disematkan CTA agar audiens mau melakukan tindakan sesuai dengan pelaku usaha inginkan.

Kenapa CTA Berperan Penting Dalam Digital Marketing?

Pemilik hosting murah, maupun hosting yang mahal pasti tahu betapa sulitnya menjual produk dan jasa di internet tanpa adanya seorang sales. 

Seperti yang kita ketahui, fungsi sales yaitu menawarkan produk dan merayu calon pelanggan. Nah, di sinilah pentingnya sebuah CTA yang memiliki peran di dalam penawaran jasa maupun produk. CTA akan membantu Anda untuk meminta audiens melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk yang Anda jual.

Baca Juga: Cara Memperbesar Ukuran Foto JPG Online

Berikut ini kami sudah rangkum beberapa alasan kenapa CTA memiliki peranan yang penting di dalam digital marketing.

1. Menyempurnakan Promosi Digital

Umumnya promosi hanya sebatas penawaran saja. Namun dengan adanya CTA, iklan atau promosi yang Anda buat akan menjadi lebih sempurna yang berujung pada tindakan-tindakan tertentu dari audiens.

2. Metode yang Ideal untuk Mengetahui Marketing Funnel

Di dalam bisnis online, marketing funnel atau sales funnel dirasa sangat penting sekali. Marketing funnel adalah bentuk lain dari istilah customer journey. Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan survey mendalam terhadap customer.

3. Meningkatkan Kesuksesan Periklanan Digital

CTA akan membantu meningkatkan kesuksesan promosi Anda di internet. Anda bisa  langsung melihat hasilnya, karena adanya CTA.

4. Membantu Pelanggan untuk Melakukan Tindakan

CTA juga dapat membantu pelanggan agar mereka tahu tindakan apa yang harus dilakukan jika mereka tertarik pada produk Anda. Contohnya saat ingin membeli, login, dan sebagainya.

Jenis-Jenis CTA yang Paling Populer untuk Traffic Web

Ada banyak jenis CTA yang digunakan untuk mengoptimalkan pemasaran. Umumnya CTA berbentuk baris teks, gambar, hingga tombol agar pengunjung mau mengambil sebuah tindakan.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa jenis CTA yang umum digunakan:

1. Tombol “Klik di Sini”

Agar audiens mau mengakses website Anda, buatlah tombol “Klik di Sini”, kemudian sisipkan link website Anda. Dengan begitu, audiens bisa langsung diarahkan ke website yang Anda miliki.

2. Tombol “Login Sekarang”

Jika website Anda menyediakan fitur login bagi para audiens, maka buatlah tombol “Login Sekarang”. Dengan tombol ini maka akan banyak audiens yang mau login di website tersebut.

3. Tombol “Beli Sekarang”

Jika Anda menggunakan website untuk pemasaran atau penjualan, maka buatlah tombol “Beli Sekarang”. Kemudian arahkan audiens, calon pelanggan, atau pelanggan Anda untuk membeli produk di website tersebut.

4. Tombol “Download Sekarang”

Salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung yaitu dengan memberi sebuah hadiah tertentu. Salah satu contohnya seperti e-book. Maka buatlah tombol “Download Sekarang” agar audiens mau mengunduh e-book gratis di website Anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Masing-masing tombol memiliki peranan yang berbeda-beda. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan kepada audiens.

Cara Membuat CTA untuk Meningkatkan Traffic

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, CTA bisa Anda gunakan untuk mendorong audiens agar mau  mengakses website Anda. Khususnya website yang Anda gunakan untuk landing page.

Berikut ini kami jelaskan beberapa cara terbaik agar CTA Anda bisa meningkatkan traffic pada website.

1. Membangun Konten yang Bermanfaat

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat CTA adalah pembuatan konten. Alangkah baiknya Anda membangun sebuah konten yang bermanfaat bagi para audiens atau pembaca.

Konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat audiens tertarik untuk membacanya hingga selesai. Dengan begitu, tidak akan sulit nantinya bagi Anda untuk mendapatkan hasil dari sebuah CTA.

2. Membuat Konten yang Relevan

Yang kami maksud relevan di sini yaitu, konten dan produk atau jasa Anda harus saling berkaitan. Contohnya Anda menjual tas branded. Lalu buatlah konten yang berisi tentang tips membedakan tas branded dan palsu.

Konten semacam ini sangat disukai oleh audiens. Terutama oleh mereka yang berniat belanja tas branded namun takut salah memilih produk.

3. Membuat CTA di Akhir Konten

Tahap selanjutnya setelah pembuatan konten adalah mencantumkan CTA di akhir konten tersebut. Silahkan Anda pilih jenis CTA sesuai dengan tindakan yang Anda inginkan dari audiens atau calon pembeli.

Contohnya menggunakan tombol “Klik di Sini” jika ingin informasi lebih lanjut. Atau “Beli Sekarang” untuk mendapatkan diskon 30% yang kemudian digiring ke website Anda.

4. Pilih Media untuk Penempatan Konten

Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menempatkan konten CTA tersebut. Beberapa di antaranya seperti media sosial maupun blog. Media-media tersebut sangat ideal untuk mengarahkan audiens agar mau mengakses website Anda.

Hal yang Harus Dihindari Saat Membuat CTA

Kesalahan pembuatan CTA sering terjadi, khususnya bagi para pemula. Kesalahan ini dapat membuat call to action yang Anda buat menjadi kurang maksimal.

Berikut sudah kami rangkum beberapa hal kecil yang berdampak buruk pada CTA Anda.

1. Tidak Membangun Konten yang Baik dan Benar

Konten adalah bagian penting di dalam digital marketing. Konten yang disukai oleh audiens umumnya jenis konten soft selling. Jenis konten tersebut umumnya bersifat informatif.

Namun Anda juga bisa menggunakan metode hard selling. Akan tetapi, metode hard selling hanya efektif jika Anda memilih tipe konten copywriting yang relatif singkat.

2. Tidak Memilih Jenis CTA yang Tepat

Ada banyak sekali jenis CTA. Namun tidak semuanya cocok untuk meningkatkan traffic website. Kesalahan dalam memilih CTA tentu akan berakibat tidak baik yang menyebabkan kurang optimalnya CTA yang Anda buat.

3. Memilih Media yang Salah

Asal-asalan saat memilih media untuk penempatan call to action juga dapat berakibat fatal. Contohnya memilih media sosial yang minim followers. Media tersebut tentu kurang bisa mengoptimalkan CTA yang Anda buat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Subscene Error Tidak Bisa Diakses

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat membuat CTA untuk meningkatkan traffic. Informasi di atas dapat membantu Anda yang baru menggunakan hosting maupun yang baru membelinya untuk mendapatkan traffic yang tinggi.