Ukuran Foto Polaroid

Ukuran Foto Polaroid

Ukuran Foto Polaroid – Didalam dunia foto digital atau fotografi ada berbagai macam jenis foto. Dari file foto dan gambar saja juga ada bermacam – macam nama file yang tentunya sangat berpengaruh ke penggunaan dan kualitas.

Dari jenis kamera pun juga ada yang namanya kamera polaroid dimana untuk hasil fotonya juga ada berbagai jenis ukuran foto polaroid.

Apa Itu Foto Polaroid ?

ukuran foto polaroid

Foto polaroid adalah sebuah foto yang dihasilkan dari kamera khusus yaitu kamera polaroid. kamera polaroid ini bisa menghasilkan foto yang langsung jadi.

Dari proses nya saja mulai dari pengambilan foto sampai proses percetakan hasil foto, hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit. Dan hanya perlu dikibas-kibaskan sebentar saja. Dan hal inilah yang membedakan kamera polaroid dengan kamera digital lainya.

Foto polaroid dari hasil kamera khusus polaroid ini bisa di dapati di area wisata, biasanya akan ada jasa foto cetak yang beberapa menit langsung jadi.

Hasilnya memang benar- benar langsung tercetak, sangat berbeda jika mengambil foto dari karea perangkat lain misalnya saja android maka hasil nya masih menggunakan format JPG maupaun JPEG, dan kalau mau mencetak hasil foto harus di transfer ke perangkat lain seperti komputer kemudian di print out.

Mungkin di dalam pikiran kamu masih bertanya-tanya mengapa hasilnya bisa langsung di pegang dan real benar-benar langsung jadi. Kamera polaroid sebenarnya di dalamnya menggunakan film khusus yaitu film polaroid, dan ini tidak digunakan di kamera digital lainya.

Dan kamera ini termasuk kamera manual karena dalam penggunaanya harus dengan teliti dan mempertimbangkan secara cermat mulai dari objek foto hingga elemen-elemen terdetail dari objek yang di ambil. Karena ini menyangkut efisiensi penggunaan film polaroid. Sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran pembelian film polaroid.

Dan kamu juga harus tahu, nama polaroid ini sebenarnya juga merk dagang saja. Sama seperti kalau kamu menyebut mie instan dengan indomie atau mie sedap.

Sangat tidak dianjurkan juga bagi kamu yang sedang belajar memotret untuk menggunakan kamera khusus foto polaroid. Tetapi kalau kamu menghabiskan dana untuk pembelian film polaroid ya silahkan saja.

Hasil foto yang dihasilkan dari foto polaroid ini sangat lah unik. Hasilnya merupakan sebidang gambar dengan sisi jarak dan spasi yang ada di sisi atas,bawak maupun kana dan kiri.

Spasi di bagian bawah biasanya cukup besar, jadi semisalnya kamu ingin membubuhi keterangan foto misalnya saja tanggal pengambilan foto,lokasi pengambilan foto maupun nama kamu sendiri tidak menumpuk pada objek yang di ambil.

Jadi bisa dikatakan foto dengan kamera polaroid ini bisa dijadikan bisnis jika kamu mau membuat usaha di bidang fotografi. Untuk bahan film polaroid maupun kamera polaroid bisa di dapatkan di berbagai marketplace di indonesia dan kamera polaroid yang model sekarang pun sudah modern.

Kelebihan Foto Polaroid

ukuran foto polaroid

Karena kalau di bandingkan dengan kamera Digital semacam DSLR lainya tentu kamera foto polaroid mempunyai beberapa kelebihan . Diantaranya,

1.Mudah Digunakan Oleh Seorang Pemula

Dengan menggunakan kamera foto polaroid, seorang fotografer pemula pun akan kelihatan profesional jika menggunakan kamera cepat cetak ini.

Dalam pengoperasinya cukup mudah karena hanya beberapa tombol penting saja yang akan digunakan. Tidak seperti tombol yang ada di kamera DSLR yang cenderung banyak dan sulit bagi yang belum paham.

2. Mencetak Foto dengan Cepat

Sesuai yang sudah disinggung dari awal kalau menggunakan kamera polaroid lebih cepat dalam pencetakan. Tentu hal ini akan menghemat waktu berjam-jam yang biasanya digunakan untuk mengedit dan mengatur pencahayaan gambar.

Foto yang di hasilkan lebih real dan lebih bermakna, misalnya saja sedang liburan dengan keluarga.

3. Cocok Untuk Dijadikan Kerajinan Tangan

Koleksi foto polaroid sangat cocok untuk dijadikan hiasan di rumah. Misalnya saja hiasan pada dinding ruang tamu maupun kamar tidur. Foto polaroid ini juga bisa menjadi kerajinan lain, misalnya di backgroud gambar pada jam dinding maupun jam alarm.

Berbagai kelebihan dari kamera foto polaroid ini tentu kamu bisa mempertimbangkanya ketika ingin mengambil gambar secara singkat dan berkesan. Tentunya untuk mengabadikan momen terbaik dengan keluarga, pasangan maupun sahabat.

Baca Juga: Ukuran Bingkai Foto Lengkap

Macam, Jenis dan Ukuran Foto Polaroid

ukuran foto polaroid

Ternyata jenis foto dengan kamera keren ini juga mempunyai berbagai ukuran foto polaroid. Pembagian jenis dan ukuran foto polaroid juga terbagi berdasarkan kamera yang digunakan, ukuran foto polaroid standar dan ukuran kosumisasi sesuai kebutuhan. Dan berikut ukuran foto polaroid yang sering digunakan.

1.Ukuran Foto Polaroid Standar

Ukuran foto polaroid standar ini biasa digunakan di berbagai negara di dunia ini dalam bidang fotografi.

Ukuran foto polaroid yang pertama dan original didasarkan pada kamera Polaroid SX-70 yang dibuat oleh Polaroid Corporation ejak tahun 1972 hingga 1981.

ukuran original yang dulu digunakan secara tepat adalah 3,108 × 3,024 inci (area foto) atau 7,89 × 7,68 cm. Sedangkan dimensi kertas foto yang digunakan adalah 4,233 x 3,483 inci atau 10,75 x 8,85 cm.

Dan ada juga ukuran standar yang kedua dimana ukuran ini berdasarkan kamera Polaroid Image/Spectra dengan dimensi foto 2,890 x 3,574 inci (ruang foto) atau 7,34 x 9,08 cm dengan ukuran kertas 4,051 x 3,996 inci atau 10,29 x 10,15 cm.

Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa cek di website resminya polaroid.com.

2. Ukuran Foto Polaroid berdasarkan Jenis kamera yang Digunakan

Didunia ini sudah banyak sekali jenis kamera polaroid yang digunakan di berbagai kalangan. Dan dari setiap produsen tentu mempunyai spesifikasi dan ukuran foto polaroid yang berbeda.

Misalnya saja salah satu produk kamera Fujifilm Instax Mini 7S dimana dimensi hasil gambar yang didukung adalah 2,13 x 3,4 inci (5,4 x 8,6 cm). Sedangkan kamera Polaroid Snap versi digitalnya hanya memungkinakn untuk cetak foto yang lebih kecil yaitu 2 x 3 inci atau 5,08 x 7,62 cm.

Untuk itu ketika nanti ingin membeli kamera polaroid, kamu harus sebisa mungkin mnyesuaikan dengan ukuran kertas cetak maupun kebutuhan yang akan kamu lakukan dengan kamera polaroid.

3. Ukuran Foto Polaroid Berdasarkan Kostumisasi

Ukuran ini tentu sangat menyesuakan dengan kebutuhan sehari – hari . Misalnya saja kamu menggunakan hasil foto dengan ukuran foto polaroid untuk menghiasi kamar tidur. Biasanya ukuranya akan lebih kecil dibandingkan jika kmau ingin menghias ruang tamu dengan foto polaroid.

Pokoknya untuk hal ini bisa disesuaikan dengan kreatifitas kamu saja, yang penting terlihat cocok dan elegan. Walaupun kamu misalnya ingin mencetak foto polaroid dengan ukuran foto polaroid 4R saja pun tak masalah dan emang tidak ada larangan.

Baca Juga: Ukuran Foto Postcard

Contoh Ukuran Foto Polaroid

Berikut dibawah ini contoh ukuran foto polaroid dengan berbagai desain dan kegunaan.

ukuran foto polaroid
ukuran foto polaroid
ukuran foto polaroid
ukuran foto polaroid

Demikian sekilas penjelasan mengenai berbagai ukuran foto polaroid, kelebihan kamera polaroid dan cara menggunakan kamera polaroid. Semoga bisa menambah wawasan kamu tentang ilmu dalam dunia fotografi.