Rumus Lightroom Blue Tone

Rumus lightroom blue tone sangat cocok untuk yang suka dengan warna biru, karena dalam filter ini lebih menonjolkan warna biru dibandingkan dengan warna lainnya.

Berbeda dengan rumus lightroom kekinian yang memperhatikan warna aqua dan grey yang beberapa saat lalu pernah dibahas oleh saya.

Dengan warna birunya tersebut membuat foto terlihat lebih segar dan terasa hidup seperti ombak yang tertiup oleh angin.

Rumus Lightroom Blue Tone Terbaru

Teruntuk kamu yang sering post foto diinstagram tanpa pernah diedit terlebih dulu mending hapus deh, dan coba upload kembali dengan foto yang sudah diedit sebelumnya.

Setelah itu lihat feed instagram kamu, saya jamin feed tersebut akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan sebelumnya.

Jika tertarik dengan rumus lightroom blue tone langsung saja masuk ke tutorial editnya, silahkan ikuti step by step agar tidak ada yang terlewatkan.

1. Cahaya (light)

rumus lightroom blue tone

Saya menggunakan foto yang berbeda dan mulai mengeditnya dari awal, gambar diatas merupakan gambar yang masih belum diedit.

Untuk bagian pencahayaan dan bayangan saya biarkan kosong, lalu menurunkan kontras ke angka -22, lalu menurunkan highlight hingga -39, selengkapnya lihat tabel dibawah.

Pencahayaan+0,00EV
Kontras-22
Highlight-39
Bayangan0
Rona Putih-14
Hitam-37

Selanjutnya masuk ke menu kurva dan aturlah kurva berwarna putih hingga membentuk seperti yang ada di dalam gambar berikut.

rumus lightroom blue tone

2. Warna (color)

Agar foto terlihat lebih dingin disini saya menurunkan temperaturnya hingga ke angka 17, setelah itu menaikan vibrance ke 65 agar intensitas warnanya bisa meningkat.

Temp-17
Corak0
Vibrance+65
Kejenuhan0

3. Campuran Warna (color mix)

Untuk warna merah dan oren tidak perlu kalian atur, dan untuk warna lainnya silahkan ikuti pengaturan yang terdapat dalam tabel.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Kuning-77-34-20
Hijau-33-59+70
Aqua-42-30-27
Biru-170-16
Ungu0-460
Pink0-450

4. Efek (effect)

rumus lightroom blue tone

Rumus lightroom blue tone selanjutnya mengatur bagian efek tekstur dan clarity. Untuk tekstur saya menaikannya hingga ke angka 21 dan clarity 11. Bagian tool yang tidak disebutkan biarkan saja tidak perlu diatur.

Tekstur+21
Kejernihan+11

5. Split Tone

rumus lightroom blue tone

Kemudian agar rumus blue dream tone lightroom lebih sempurna kita atur bagian highlight dan saturation yang ada di menu split tone, untuk pengaturannya silahkan sesuaikan dengan tabel.

Jangan lupa menurunkan keseimbangan hingga ke angka -47 yang terletak dibawah bayangan.

ToneHS
Highlight17620
Bayangan900

6. Detail

rumus lightroom blue tone

Tahap terakhir dalam membuat rumus lightroom blue tone ialah mengatur menu detail, disini saya hanya menaikan tool menajamkan hingga 9, pengurangan noise 15 dan kontras ke angka 14.

Menajamkan9
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengurangan Noise15
Detail50
Kontras14
Pengurangan Noise Warna9
Detail65
Kehalusan70

Dengan ini kita telah berhasil memasukan rumus lightroom blue tone ke dalam foto, teman-teman bisa menyimpan rumus yang telah dibuat menjadi preset siap pakai agar bisa digunakan pada foto lainnya.

Demikialah artikel mengenai rumus lightroom blue tone yang paling keren menurut saya, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat.

Leave a Comment