Perintah Dasar Termux yang Belum Diketahui Banyak Orang

Termux merupakan terminal linux yang hanya bisa dijalankan dengan memasukan perintah. Banyak sekali perintah dasar termux yang masih belum diketahui oleh para pemula yang baru mengenal aplikasi satu ini.  

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya ingin membagikan kumpulan perintah dasar termux yang wajib kamu ketahui untuk menajalankan aplikasi termux tanpa harus copy paste perintah yang sudah disediakan.

Apa itu Perintah Dasar Termux

Perintah dasar termux ialah sekumpulan perintah yang menjadi dasar untuk berinteraksi dan menjalankan shell linux yang berada di android kita yang berupa sebuah text.   Interkasi tersebut bermacam-macam, misalnya menginstall package, mengclone sebuah script, membuka folder ataupun menghapusnya.

Baca juga: Cara Auto Like dan React FB dengan Termux

Kumpulan Perintah Dasar Termux

Perintah Dasar Termux yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kita langsung saja ke pembahasan utama, berikut ini adalah beberapa perimtah dasar termux mulai dari menginstall hingga ke membuat folder melalui termux.

pkg install

pkg install merupakan perintah yang berfungsi untuk menginstall sesuatu seperti package atau perangkat lunak ke dalam aplikasi. Contohnya ialah pkg install php untuk memasang php pada termux.

pkg list 

Jika ingin mengetahui tools atau perangkat lunak apa saja yang sudah kamu install ke dalam termux maka bisa menggunakan pkg list, sehingga kamu bisa mengahpus tools yang tidak dibutuhkan lagi setelahnya

pkg update dan pkg upgrade

pkg update digunakan ketika kamu ingin memperbarui versi seluruh tools yang sudah dipasang sebelumnya dengan tujuan agar tools dapat berjalan dengan baik.   Sedangkan pkg upgrade digunakan jika ingin mengupdate versi perangkat ke yang lebih baru lagi.

cd

Dengan perintah cd kita bisa masuk ke dalam folder yang kita inginkan. Misalnya cd asalkata, dengan perintah tersebut kita akan masuk ke dalam folder asalkata dan bisa mengakses file yang ada didalam folder tersebut.   Penggunaan lain dari cd ialah cd /sdcard, kode tersebut untuk masuk ke dalam folder penyimpanan eksternal. Sedangkan untuk internal menggunakan kode cd storage.

chmod 

Untuk mengubah izin akses sebuah folder bisa menggunakan perintah chmod. Penggunaannya cukup mudah, misalnya chmod 777 python.py.

clear

Ketika laya terminal kamu penuh dengan kata-kata yang menganggu dan ingin sekali menhapusnya maka bisa menggunakan perintah clear.

cp -f

Perintah tersebut memiliki fungsi untuk menyalin file yang sudah terinstall dalam aplikasi kamu. Contoh penggunanya ialah cp -f namafiles.php namafolder.    Namafile.php ubah menjadi nama file kamu yang ingin dipindahkan, sedangkan namafolder silahkan ubah menjadi nama folder tujuan yang menjadi tempat copyan file yang disalin.

cp -rf

Tidak berbeda dengan sebelumnya, hanya saja perintah ini dilakukan untuk menyalin sebuah folder bukan file.

mv

mv merupakan perintah dasar termux yang digunakan untuk mengubah nama file serta bisa juga berfungsi untuk memindakan tempat penyimpanan file.  

Penggunaannya sangatlah mudah, mv filelama filebaru (untuk mengubah nama file). Sedangkan mv filelama namafolder (untuk memindahkan file ke folder lain).  

Sebenarnya masih banyak lagi perintah dasar termux dengan fungsi yang beragam. Untuk memudahkan pemahaman kalian saya sudah membuatkan sebuah tabel, silahkan perhatikan setiap fungsinya.

PerintahFungsi
lsmelihat tools yang sudah diinstall
exitkeluar dari terminal atau shell
mkdirmembuat sebuah folder
rm -fmenghapus sebuah file
rm -rfmenghapus sebuah folder
catmenampilkan file cat
pmmengecek hak akses dari file atau folder

Demikianlah kumpulan perintah dasar termux yang menjadi pemahaman dasar bagi orang yang sedang mendalami ilmu seputar terminal linux. Saya rasa cukup sampai disini pembahsan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment