Cara Install Google Chrome di Lubuntu Semua Versi 32 & 64 bit

Cara Install Google Chrome di Lubuntu Semua Versi 32 & 64 bit

Asalkata.com – kalau kamu sedang mencari cara install google chrome di lubuntu kamu sudah masuk ke dalam artikel dengan pembahasan yang tepat. Untuk itu baca sampai akhir agar kamu bisa installasi google chrome di distro linux lubuntu semua versi sesuai yang sedang kamu gunakan.

Tapi sebelumnya mari kita kupas dulu sedikit penjelasan mengenai chrome dan distro linux lubuntu.

Google chrome adalah browser yang ada digunakan oleh kebanyakan pengguna internet dengan berbagai perangkat dan berbagai sistem operasi. Salah satu yang akan kita bahas mengenai cara menginstall google chrome di distro linux lubuntu.

Distro linux lubuntu merupakan sebuah distro linux turunan dari ubuntu, karena basic base nya dari ubuntu, lubuntu ini menggunakan semua repositori dari ubuntu dan bisa menjalankan sebagian besar tools yang ada di ubuntu.

Berbeda dengan penggunaan di windows, kalau di linux tentu harus bermain dengan terminal. Kalau kamu masih baru menggunakan linux, tentu akan sedikit bingung dengan penginstallan dan uninstall aplikasi di linux.

Untuk bawaan linux standar saat penginstallan biasanya menggunakan mozilla saja untuk default browser nya. Atau ada juga seperti distro linux mx os yang sudah menyertakan chromium.

Berbeda dengan google chrome, chromium tampilanya juga mirip dengan google chrome namun projectnya open source dan dikembangkan oleh berbagai pihak, salah satunya dari pihak pengembang repositori linux. Sedangkan google chrome merupakan browser yang tidak open source dan perkembangan nya di pegang oleh google. Berikut Install Google Chrome di Lubuntu.

Cara Install Google Chrome di Lubuntu Semua Versi

Install Google Chrome di Lubuntu
Install Google Chrome di Lubuntu

Untuk penginstallan google chrome di lubuntu ikuti langkah – langkah nya di bawah ini, harap memasukkan source code dengan benar di terminal

Buka terminal dengan klik ikon terminal atau dengan tombol kombinasi ctrl+alt+t, masuk dulu ke direktori unduhan dari terminal agar file unduhan nantinya tidak menjadi sampah sistem dan bisa terlihat dari file manager dengan perintah dibawah ini,

cd Unduhan

kemudian download google chrome dengan perintah dibawah ini.

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stabel_current_amd64.deb

sesudah itu install paket google chrome.deb nya denga perintah di bawah ini,

sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb

Kalau terjadi eror pada paketnnya bisa di perbaiki dengan perintah dibawah ini,

sudo apt-get -f install

Sekarang kamu bisa menjalankan google chrome di lubuntu kamu dengan klik ikon google chrome, kalau belum muncul di menu peramban internet kamu bisa mencarinya lewat menu search aplikasi.

Tutorial cara install google chrome di lubuntu ini bisa dilakukan di semua versi lubuntu dari 18.04 sampai 20.10 yang terbaru, namun hanya bisa dengan arsitektur 64 bit. Kalau kamu masih pakai lubuntu 18.04 yang 32 bit seperti yang saya pakai terkait kendala spesifikasi perangkat yang terbilang sudah lama , ada alternatif lain dan bisa menggunakan chromium.

Sudah sedikit saya singgung diatas tadi kalau chromium ini juga browser untuk berbagai perangkat dengan source yang terbuka, terutama pada distribusi linux. Chromium ini mirip banget dengan browser google chrome, namun untuk pengembangan dan update berbeda.

kalau google chrome pengembangan resmi dari google dan kalau ada update tidak harus mencari repositori tambahan seperti halnya chromium.

Namun penggunaan chromium selain mudah digunakan karena memang tampilanya mirip banget dan hampir sama dengan google chrome, browser ini juga ringan dan cepat. Saya menggunakan browser ini ketika memang lubuntu yang saya install versi lama dan tidak mendukung google chrome yang 64 bit.

Untuk cara penginstallan chromium sangat mudah sekali , kamu bisa buka terminal dan salin perintah di bawah ini.

sudo apt install chromium-browser

Lalu ketik ya dan tunggu unduhan sampai selesai , kemudian cari aplikasi chromium di peramban internet.

Untuk uninstall program chromium dan google chrome dari lubuntu kamu bisa lakukan cara dibawah ini.

Buka terminal dan ketikkan atau salin perintah dibawah,

sudo apt-get purge google-chrome-stable 

Kemudian masukkan perintah lagi dibawah ini,

rm ~/.config/google-chrome/ -rf

kalau yang di uninstall itu chromium tinggal ganti saja google chrome nya jadi chromium.

Bagaimana, mudah bukan untuk install google chrome di lubuntu ?

Demikian cara install google chrome di lubuntu beserta cara uninstallnya, semoga bisa membantu kamu yang sedang lagi cari tutorial terkait lubuntu.