Cara Menggunakan Preset Lightroom

Dengan preset akan lebih mudah dalam setiap melakukan editing filter dibandingkan dengan mengaturnya secara manual. Namun bagaiamana cara menggunakan preset lightroom di android?

Sebenarnya cara sangat mudah bagi yang sudah paham seluk beluk aplikadi lightroom, akan tetapi tutorial ini ditujukan kepada teman-teman yang masih baru dan belum paham sama sekali.

Kita langsung saja masuk ke tutorialnya, berikut ini adalah 2 cara menggunakan preset lightroom yang sudah jadi dengan menggunakan android.

Cara Memasukan Preset Lightroom Android XMP Mobile

Xmp merupakan salah satu extensi yang bisa dibaca oleh aplikasi lightroom. Namun agar terbaca dibutuhkan beberapa step dalam memasangnya.

Akan tetapi kalian tidak perlu bingung untuk memasangnya, karena saya akan memberikan tutorial cara memasang preset lightroom dengan perlahan agar lebih mudah dipahami.

Sebelum melanjutkan kalian harus sudah memiliki filenya terlebih dahulu, sebagai contoh silahkan download preset lightroom selebgram yang sudah saya bagikan sebelumnya.

  1. Pertama dowload file diatas yang telah saya sediakan, nantinya fike akan berbentuk .zip
  2. Selanjutnya pindahkan file zip tersebut ke folder Android > Data > com.adobe.lrmobile > Files > carouselDocuments > 000000000000000 > Profiles > Settings > UserStyles pastekan file zip ke folder UserStyles.
  3. Setelah itu Ekstark file tersebut bisa menggunakan aplikasi Zharchiver atau Winrar
  4. Selesai

Jika file telah berhasil diekstrak silahkan buka aplikasi lightroom kalian, lalu masukan foto yang ingin diedit lalu pilih preset. Disana nanti akan terlihat preset yang sudah kita tambahkan tadi.

Cara Memasukan Preset Lightroom Android DNG Mobile

Dng juga sama seperti xmp yang sebelumnya sudah dibahas, namun untuk menggunakan preset lightroom dng lebih mudah dibandingkan dengan xmp.

Sebelumnya kamu harus sudah menyiapkan file Dng yang berbentuk sebuah gambar raw yang bisa didownload secara gratis melalui website kami, silahkan cari saja. Jika sudah disiapkan ikuti Cara Menggunakan Preset Lightroom android berikut.

  1. Siapkan file DNG dan simpan di memori peangkat smartphone kalian
  2. Kemudian buka aplikasi lightroom dan pilih tambahkan foto
  3. Cari foto file DNG yang sebelumnya sudah disiapkan
  4. Setelah itu buka file dng melalu lightroom dan tekan titik tiga yang ada dipojok kanan atas dan pilih salin pengaturan atau preset
  5. Jika sudah berhasil disalin keluar dari foto tersebut dan cari foto kamu yang ingin diedit
  6. Apabila sudah terbuka langsung saja klik titik tiga diatas pojok kanan lagi lalu pilih tempelkan pengaturan

Selesai, jika ingin mengedit foto lainnya cukup buka foto yang ingin diedit lalu pilih tempelkan pengaturan kembali, begitu seterusnya. Begitulah cara memasang preset lightroom.

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara menggunakan preset lightroom xml dan dng, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Leave a Comment