Cara Mengedit Foto di Lightroom

Foto merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang untuk mengabadikan suatu kejadian. Namun supaya foto terlihat lebih keren harus melakuakn sebuah cara mengedit foto di lightroom.

Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto ala selebgram, tetapi tidak hanya selebgram saja, kamu bisa berkreasi untuk menciptakan sebuah filter yang menarik untuk dipandang.

Dalam kesempatan ini saya akan sharing mengenai tutorial edit lightroom supaya teman-teman disini bisa lebih paham dengan aplikasi yang sering digunakan agar tidak ketinggalan zaman hehehe.

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Sebenarnya edit foto seperti selebgram sangatlah mudah jika sudah mengetahui rumus lightroom ala selebgram yang sudah saya share sebelumnya, disana terdapat beberapa pengaturan yang bisa langsung kamu contek.

Namun untuk kali ini saya akan memberikan cara mengedit foto di lightroom step by step agar seorang pemula seperti kalian bisa paham dengan mudah apa yang harus dilakukan dalam setiap langkahnya.

Tidak perlu banyak bicara lagi kita langsung saja masuk ke tutorialnya, berikut ini adalah cara mengedit foto di lightroom dengan cara yang cukup simple.

1. Cahaya (light)

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Cahaya atau light merupakan sebuah menu pengaturan yang ada didalam aplikasi lightroom. Jika kamu tidak tahu silahkan cari menu dengan logo seperti matahari, itu adalah menu cahaya/light.

Jika sudah ketemu langsung saja ikuti pengaturan berikut yang tertera dalam tabel untuk disesuaikan ke dalam aplikasi lightroom kalian.

Pencahayaan+0,20EV
Kontras+12
Highlight-42
Bayangan+22
Rona Putih-32
Hitam+28

2. Warna (color)

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Langkah selanjutnya dalam cara mengedit foto di lightroom ialah mengatur menu warna atau color yang bisa kamu temukan menunya disamping menu cahaya dengan logo seperti termometer.

Pengaturan ini berfungsi dalam mengatur intesitas warna dan suhu yang dikeluarkan oleh foto. Selengkapnya lihatlah tabel untuk pengaturan yang lebih lengkap.

Temp0
Corak0
Vibrance-7
Kejenuhan-10

3. Campuran Warna (color mix)

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Aplikasi edit foto ala selebgram dengan lightroom cukup mudah, disini kita mengatur bagian campuran warna yang terdiri dari beberapa warna.

Untuk membuka menu tersebut bisa dilihat saat berada dimenu warna bagian atas terdapat teks CPMRN, klik teks tersebut maka akan terbuka pengaturan campuran warna.

WarnaRonaKejenuhanLuminans
Merah000
Oren0-21+16
Kuning-100-320
Hijau-100-270
Aqua000
Biru000
Ungu000
Pink000

4. Efek (effect)

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Selanjutnya masuk ke menu detail dengan lambang persegi yang didalamnya terdiri beberapa tool dengan fungsi yang berbeda-beda.

Tutorial edit lightroom kita lanjutkan, langsung saja salin pengaturan berikut ke dalam settingan lightroom teman-teman dan pastikan sudah sesuai dengan apa yang ada didalam tabel.

Tekstur+15
Kejernihan+25
Efek Kabut+6
Vignette-34
Titik Tengah+22
Feather+81
Kebulatan0
Highlight0
Kuantitas Grain0
Ukuran+25
Kekasaran+50

5. Detail

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Cara mengedit foto di lightroom telah masuk ke langkah terakhir, disini hanya perlu mengatur beberapa tool yang ada di menu detail. Gimana settingannya? silahkan lihatlah tabel dibawah ya teman-teman.

Menajamkan16
Radius1,00
Detail25
Masking0
Pengurangan Noise29
Detail69
Kontras0
Pengurangan Noise Warna0
Detail25
Kehalusan50

Nah tutorial edit lightroom telah selesai, dengan ini saya jamin kalian sudah lebih mengenal dan mulai terbiasa dengan menggunakan aplikasi lightroom, karena menurut saya penggunaannyapun cukup mudah.

Jika kalian masih kurang puas dengan filter yang dihasilkan oleh rumus tersebut maka bisa mampir ke rumus lightroom dark black orange, filternya keren banget pokoknya.

Demikianlah artikel mengenai cara mengedit foto di lightroom, semoga dengan ini kamu sudah bisa melakukan edit secara mandiri tanpa harus membayar orang lain untuk membeli jasanya.

Leave a Comment