Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Originally posted on April 13, 2021 @ 3:33 am

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop – Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang sangat umum digunakan oleh orang-orang. Perangkat elektronik yang satu memiliki banyak sekali kegunaan, seperti bekerja, desain, belajar, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada masa-masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kamera laptop menjadi fitur yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Fitur kamera di laptop ini berguna untuk kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah. Namun terkadang tanpa kita sadari kamera laptop ternyata tidak terdeteksi atau belum aktif.

Sebenarnya rata-rata kamera pada laptop sudah langsung menyala saat kamu membuka software yang membutuhkan akses kamera. Tapi jika kamera kalian belum menyala, mungkin ada beberapa settingan yang perlu kamu rubah.

Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop

Pada artikel ini kami akan membahas cara mengaktifkan kamera di sistem operasi Windows dan Linux, berikut ini adalah cara mengaktifkan kamera di laptop.

1. Cara Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows

Berikut ini adalah cara mengaktifkan kamera laptop di windows, simak dengan baik.

1. Buka menu Start yang ada dipojok kiri bawah layar laptop.

2. Ketik Settings di kolom pencarian dan buka menu tersebut.

3. Setelah itu ketik Camera pada kolom search yang ada.

4. Setelah itu akan muncul beberapa sugesti menu mengenai kamera, lalu pilih Camera Privacy Settings.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

5. Pada halaman Camera, klik tombol On pada bagian Allow apps to access your camera. Hal itu akan mengizinkan aplikasi mengakses kamera laptop.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

6. Setelah itu kalian bisa memberikan izin atau tidak memberi izin pada beberapa aplikasi yang membutuhkan akses kamera. Pada bagian Choose which Microsoft Store apps can access your camera.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

7. Nantinya jika kalian membuka aplikasi yang sudah diberikan izin untuk mengakses kamera, maka kamera laptop kalian akan langsung aktif.

Baca Juga: Cara Upload Foto Instagram Laptop

2. Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop Linux

Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop Linux

Untuk mengaktifkan kamera di laptop linux, kalian menginstall software terlebih dahulu. Tapi tenang saja, mendownload software di linux itu sangat mudah, kalian hanya perlu mengetik beberapa baris perintah saja. Berikut ini adalah caranya, simak dengan baik.

1. Buka terminal di laptop kalian.

2. Setelah itu ketikkan sudo apt-get install cheese, lalu tekan enter.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

3. Setelah itu klik y dan tekan enter.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

4. Lalu tunggu proses download sampai selesai.

5. Setelah itu buka software cheese yang tadi kita download.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Tidak semua pengguna laptop bisa membuka kamera dengan cara yang diatas. Hal tersebut mungkin karena ada beberapa kendala, seperti:

  1. Kamera webcam gelap.
  2. Tidak terdeteksi.
  3. Kamera muncul gambar tiba-tiba hilang.
  4. Dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa solusi dibawah ini.

1. Install Ulang Driver Kamera

Hal yang paling umum adalah drivernya, baik itu karena tidak cocok atau memang drivernya rusak atau bahkan tidak kompatibel dengan windows yang digunakan.

Jika Anda mengalami hal ini coba install ulang driver, jangan lupa pastikan pastikan sudah sesuai dengan tipe laptop yang digunakan dengan windowsnya.

2. Install Ulang Laptop

Umumnya install ulang laptop bertujuan utnuk mengganti sistem operasi laptop. Karena terkadang hal ini bisa berpengaruh kepada kamera yang sebelumnya tidak bisa digunakan.

Tapi perlu Anda ingat jika sudah selesai install ulang sistem operasi, jangan lupa untuk memasang drivernya lagi.

3. Device Manager

Pada settingan Device Manager, perangkat-perangkat komponen yang terpasang ke laptop atau pc Anda akan terdeteksi. Selain itu disini Anda juga bisa memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi/terdeteksi, berikut ini adalah caranya.

  1. Klik kanan This PC lalu pilih menu Properties.
  2. Lalu pilih Device Manager di bagian menu sebelah kiri.
  3. Setelah itu klik kanan pada bagian Camera lalu pilih Update Driver Software.

Jika langkah diatas sudah dilakukan, silahkan restart laptop Anda terlebih dahulu. Maka dengan caara seperti itu komponen kamera akan langsung terpasang.

Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop

Rekomendasi Software Kamera Laptop

Umumnya saat memulai kamera di laptop, maka secara otomatis laptop akan menggunakan software bawaan. Jika Anda ingin menggunakan software pihak ketiga juga bisa saja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi software kamera di laptop, antara lain.

1. Manycam

Software kamera yang satu ini memiliki banyak sekali preset untuk edit hasilnya. Bukan hanya itu saja, software ini juga mendukung rekaman video. Bahkan software ini bisa mendukung resolusi yang cukup tinggi.

Jika Anda tertarik menggunakan software ini, Anda bisa mendownloadnya disini.

2. Yawcam

Software kamera yang kedua adalah Yawcam, software ini dibuat dengan tampilan yang sangat sederhana. Meskipun tampilannya sederhana, tapi software ini memiliki segudang fitur-fitur yang sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa fungsi dari fiturnya bisa untuk meningkatkan kualitas gambar.

Jika kalian berminat menggunakan software ini, silahkan download disini.

3. Youcam

Software kamera yang ketiga adalah Youcam, software yang satu ini sudah cukup terkenal di luar negeri. Tampilan software ini sangat bersih, selain itu fitur di software ini juga sangat menarik.

Jika Anda tertarik menggunakan software ini, silahkan download disini.

4. Free2X Webcam Recorder

Software yang ke empat adalah Free2x Webcam Recorder, dengan software ini Anda bisa mengambil foto seperti biasa dan merekam video dengan format WMV dan AVI. Ada beberapa hal yang menarik dari software ini seperti menyediakan fitur file manager yang bisa mengganti fungsi Windows Explorer saat Anda menggunakan software ini.

Selain itu Anda juga bisa melakukan penjadwalan perekaman video secara otomatis dengan software ini. Disini Anda juga bisa mengatur berbagai settingan seperti contrast, saturation, sharpness, gamma, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik menggunakan software ini, silahkan download disini.

5. Bytescout Screen Capturing

Software yang kelima adalah Bytescout Screen Capturing, software yang satu ini merupakan salah satu software yang handal dalam urusan rekaman video melalui webcam. Selain itu, software ini juga bisa memotret foto.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari software ini adalah screen recording. Yap betul, Andabisa merekam layar laptop Anda secara keseluruhan, area tertentu, maupun mengikuti pointer mouse.

Jika kamu berminat menggunakan software ini, silahkan download disini.

Kesimpulan

Untuk mengaktifkan kamera di laptop tidaklah terlalu sulit, tapi bagi yang masih pemula pasti banyak yang belum tahu cara untuk mengaktifkan kamera di laptop.

Nah itulah cara mengaktifkan kamera laptop di windows dan linux. Jika kalian masih bingung, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.

One Comment