Cara Install Termux di PC Tanpa Emulator 100% Sukses

Termux merupakan aplikasi andoid yang tentunya hanya dapat dijalankan melalui sistem operasi android itu sendiri. Namun bagi yang ingin menggunakannya di pc masih ada beberapa cara install termux di pc tanpa emulator dan dengan emulator.

Termux ialah salah satu aplikasi terminal android yang memakai sistem linux tanpa memerlukan akses rooting. Artinya, masih banyak aplikasi mirip termux di pc yang bisa langsung diinstall tanpa memerlukan emulator.

Cara Menggunakan Termux di PC

Disini saya memiliki dua cara untuk menggunakan aplikasi termux di pc, jadi sesuaikan saja dengan kalian mana yang cocok.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Termux Menjadi Cantik

Sebetulnya sistem windows itu sudah memiliki terminal sendiri, mungkin kamu sudah familiar dengan CMD. Namun cmd dengan Termux memiliki perbedaan yang jauh, misalnya cmd tidak dapat menginstall package seperti python2 dan php.

Cara Install Termux di PC Tanpa Emulator

Salah satu terminal yang mirip dengan termux yang dapat dijalankan menggunakan sistem operasi windows ialah MinGW. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya, langsung saja berikut adalah cara install MinGW di pc windows.

  1. Pertama silahkan download aplikasi MinGW terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya Install hasil download tadi dan tunggu hingga selesai
  3. Terakhir install Package yang kamu butuhkan

Kekurangan dari MinGw bagi sebagian pengguna termux ialah kebingungan dengan interface awal yang ditampilkan olehnya, karena cukup berbeda dengan termux yang sering kita gunakan.

Namun dengan mingw kamu tidak perlu lagi menginstall emulator yang cukup berat bagi laptop atau pc yang memiliki spesifikasi rendah, oleh sebab itu aplikasi ini menjadi pengganti terbaik termux yang dapat dijalankan dalam pc.

Cara Install Termux di Pc dengan Emulator

Cara ini ditujukan kepada teman-teman yang bingung menggunakan aplikasi seperti MinGw dan lebih nyaman atau biasa dengan termux. Dengan emulator tersebut kamu bisa menginstall termux dengan tampilan seperti android pada umumnya.  

Emulator yang saya rekomendasikan ialah Nox, mengapa harus nox? karena menurut saya penggunaanya yang cukup mudah dan simple. Namun perlu diimbangi dengan spesifikasi pc yang mumpuni.   Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi termux di pc dengan emulator App Nox Player.

  1. Silahkan download aplikasi Nox Player
  2. Selanjutnya install dan jalankan aplikasi tersebut
  3. Jalankan aplikasi nox lalu buka Playstore
  4. Setelah itu masukan akun google kalian untuk masuk ke playstore
  5. Cari aplikasi termux melalui playstore lalu install
  6. Selesai

Selain Nox kamu juga bisa memakai Bluestack untuk menginstall aplikasi termux. Walaupun memudahkan  namun menggunakan nox membutuhkan spek pc yang cukup bagus, jika tidak pc atau laptop yang kamu gunakan mengalami lagging.  

Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara install termux di pc tanpa emulator. Semoga dengan pembahasan ini bisa menambah wawasan kalian semua.

Leave a Comment