Cara Backup Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp

Asalkata.com – Walaupun pengguna whatsapp itu sangat banyak dan bahkan sampai ratusan juta jika dilihat dari unduhan aplikasi di play store, ternyata masih banyak yang belum tahu cara backup chat Whatsapp. Padahal cara ini sangat penting jika anda tidak sengaja menghapus aplikasi pesan Whatsapp atau chat yang sedang berlangsung.

Kebanyakan aplikasi pesan instan memang menghadirkan fitur backup untuk mencadangkan obrolan di platformnya, tapi memang masih jarang yang peduli dengan fitur yang satu ini. Padahal jika anda maksimalkan fitur backup di whatsapp, anda bisa mengecek kembali berbagai percakapan yang penting dengan semua kontak anda.

Apalagi jika akun whatsapp anda merupakan akun yang di khususkan untuk sebuah bisnis, dimana akun dengan keperluan bisnis, tentunya sangat penting untuk menyimpan percakapan dengan klien setiap harinya.

Whatsapp sudah sendiri sudah bisa menggunakan akun untuk bisnis tersendiri dengan aplikasi whatsapp khusus bisnis yang juga sudah ada di playstore.

Apa Backup Whatsapp Penting?

Cara Backup Chat whatsapp

Tentu saja sangat diperlukan, sudah saya singgung diatas tadi jika akun whatsapp anda memang untuk keperluan bisnis. Percakapan dengan klien tentu bisa menjadi salah satu data arsip yang sangat penting dan bisa menjadi sebuah pertimbangan di kemudian hari.

Sebenarnya aplikasi Whatsapp sudah menjalankan backup secara otomatis setiap harinya, cuma bentuknya dalam database. Sekarang coba anda amati di bagian folder whatsapp di internal android anda. Tepatnya ada di folder sdcard/whatsapp/database. Disini setiap harinya akan diperbaharui, dan tanggal dan waktu yang masih terbaru merupakan database yang terbaru.

Di folder Whatsapp inilah anda akan menyimpan semua data whatsapp yang ada di ponsel android anda. Mulai dari media dan bahkan sampai status yang anda lihat saja sebenarnya ada di sini. Namun jarang yang bisa mengetahuinya.

Cara Backup Chat Whatsapp dengan Google Drive

Cara Backup Chat whatsapp

Untuk melakukan backup chat whatsapp sebenarnya bisa dengan mudah menggunakan google drive. Anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini :

  • Buka aplikasi whatsapp anda.
  • Buka titik tiga di kanan atas dan pilih pengaturan.
  • Pilih pengaturan chat.
  • Pilih lagi dibagian bawah anda bisa mencadangkan chat.
  • Cadangkan dengan google drive.
  • Pilih akun google drive dan pilih juga opsi seperti pencadangan harian, mingguan apa bulanan. Pilih juga media yang akan di ikutsertakan, serta jaringan yang akan digunakan seperti wifi maupun jaringan seluler.

Untuk merestore backupan Whatsapp ini anda bisa membaca postingan saya sebelumnya mengenai Cara Restore Backup Chat Whatsapp.

Cara Backup Chat Whatsapp dengan Whatsapp Mod

Sangat berbeda opsi pencadangan yang ada di whatsapp biasa dan juga whatsapp yang sudah di modifikasi. Kalau menggunakan whatsapp yang sudah dimodifikasi anda bisa melakukan backup obrolan ke internal storage dan ini lebih mudah untuk dilakukan.

Seperti yang akan saya contohkan dengan menggunakan GB Whatsapp, untuk caranya dibawah ini:

  • Buka aplikasi GB Whatsapp yang ada di ponsel android anda.
  • Buka titik tiga di kanan atas dan pilih setting.
  • Kemudian pilih saja bagian pengaturan obrolan atau chat.
  • Kemudian pilih cadangkan.
  • Disini tidak ada menu cadangan untuk google drive, sedangkan opsi pencadangan akan langsung masuk ke memori internal ponsel.

Jika anda ingin menggunakan GB Whatsapp, anda bisa mendownloadnya di Kumpulan Whatsapp Mod, disana sudah saya posting lengkap dengan cara installnya. Dan untuk versi aplikasi tentunya yang paling terbaru.

Cara Backup Chat Whatsapp dengan Eksport Chat

kalau menggunakan cara ini anda bisa lebih memfilter karena yang di eksport itu cuma satu chat saja, bahkan dengan cara ini anda juga bisa mengeksport chat dari whatsapp ke telegram. Kalau anda dan teman anda menggunakan telegram, maka chat di whatsapp tidak akan hilang dan bisa diteruskan percakapannya dengan telegram.

Sangat menarik bukan ?

Jika anda ingin menggunakan fitur ini anda bisa mengikuti langkahnya dibawah ini :

  • Buka aplikasi whatsapp di ponsel android anda.
  • Buka chat yang akan anda eksport.
  • Buka titik tiga di kanan atas, kemudian pilih opsi lainya.
  • pilih saja eksport chat.
  • Gunakan fitur platform mana yang akan dijadikan tujuan eksport percakapan anda.

Kesimpulan

Banyak cara backup chat whatsapp yang bisa anda lakukan baik menggunakan whatsapp yang original maupun dengan whatsapp yang versi mod. Setidaknya dengan selalu membackup chat anda , anda bisa mempunyai arsip di setiap obrolan anda dengan klien dan teman anda. Tentu ini akan sangat berguna jika anda membutuhkanya di lain waktu.