4 Cara Install Metasploit di Termux Android

Bagi pengguna terminal linux sangat dianjurkan untuk melakukan cara install metasploit  di termux karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kita selaku pengguna. Contohnya ketika ingin menyadap whatsapp, maka metasploit memiliki peran yang cukup penting.  

Bagi kamu yang berpikiran sulit dalam melakukan install metasploit di termux maka pikiran tersebut sangatlah salah, karena untuk menginstallnya cukup mudah, kamu hanya membutuhkan android, internet serta aplikasi termux yang sudah terpasang.

Apa Itu Metasploit?

Sebelum melanjutkan ke tahap pemasangan sebaiknya kita harus dulu mengenai metasploit itu sendiri. Jadi metasploit ialah sebuah alat atau program yang banyak digunakan untuk mengexploitasi dalam bidang informatika.

  Baca juga: Cara Spam SMS Termux Unlimited Terbaru 100% Work

Metasploit banyak digunakan oleh seorang beginner, namun tidak hanya beginner saja, mungkin masih lebih banyak digunakan oleh para profesional. Metasploit sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

  1. Metasploit community (free)
  2. Metasploit express (paid)
  3. Metasploit Proffesional (paid)

Cara Install Metasploit di Termux Android 

Pada kesempata ini saya memiliki cara untuk menginstall metasploit di termux android dengan 4 sumber yang berbeda. Saya memberikan 4 sumber supaya ketika salah satu mengalami error bisa menggunakan sumber lainnya.  

Jadi kamu tidak perlu melakukan cara berikut semuanya, cukup pilih salah satu saja. Jangan lupa untuk memastikan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang stabil, karena proses download biasanya memakan waktu yang cukup lama.  

Catatan: File download pada umumnya berukuran kurang lebih 300 hingga 500 mb, jadi pastikan kamu memiliki kuota internet yang lebih dari ukuran file tersebut.

1. Rapid7

Rapid7 merupakan salah satu metasploit yang dapat kamu unduh secara langsung melalui web browser, sehingga apabila terjadi kegagalan maka bisa melanjutkannya kembali, karena itulah saya sangat suka sekali dengan yang satu ini.  

Berbeda dengan mendownload secara langsung melalui termux, apabila ada kegagalan karena koneksi internet yang tidak stabil maka file yang didownload akan corrupt. Perlu diingat ini rapid7 ya buka rapid test hahaha.  

Pastikan sudah menginstall termux, jika sudah silahkan download file metasploit rapid7. Tunggu hingga proses download selesai, setelah itu pindahkan file download tadi ke folder memori internal paling luar agar memudahkan proses installasi pada termux.   Terakhir langsung saja masukan perintah berikut untuk memasangnya.

  • $ termux-setup-storage
  • $ pkg install unzip
  • $ cd /sdcard
  • $ unzip metasploit-framework-5.0.0.zip
  • $ cd metasploit-framework-5.0.0.zip
  • $ ./msfconsole

Untuk catatan pada bagian ./msfconsole, perintah tersebut bertujuan untuk menjalankan metasploit yang sudah diunpack/unzip. Dan untuk memasukan perintah hilangkan tanda $.

2. MetasploitTechzindia

Pertama ada MetasploitTechzindia yang bisa langsung kamu download menggunakan termux dengan perintah dibawah. Silahkan masukan perintah tersebut ke dalam termux dan tunggu prosesnya hingga selesai.

  • $ pkg install curl
  • $ curl -LO https://raw.githubusercontent.com/Techzindia/Metasploit_For_Termux/master/metasploitTechzindia.sh
  • $ sh metasploitTechzindia.sh
  • $ cd metasploit-framework
  • $ ./msfconsole

3. Penyimpanan Termux

Sebetulnya termux sendiri sudah menyiapkan file installasi metasploit, jadi kamu bisa memanfaatkannya secara langsung dengan memasukan perintah berikut ini.

  • $ apt update && apt upgrade -y
  • $ pkg install unstable-repo -y
  • $ pkg install metasploit
  • $ msfconsole

Mungkin perintah diatas sudah sangat jelas bagi yang sudah paham, namun dikhawatikan sebagian dari kamu masih ada yang belum paham, oleh sebab itu saya akan menjelaskannya sedikit.  

Perintah pkg install metasploit merupakan perintah untuk menginstall metasploit pada termux kalian, dan supaya metasploit tersebut berjalan maka diberikan perintah msfconsole.

4. Verluchie

Sumber ketiga masih berada di github, jadi tidak perlu banyak kata lagi langsung saja masukan perintah berikut hingga berhasil memasangnya di termux kalian.

  • $ apt update && apt upgrade -y
  • $ pkg install git$ git clone https://github.com/verluchie/termux-metasploit
  • $ cd termux-metasploit
  • $ chmod 777 install.sh
  • $ sh install.sh

Sekedar informasi dalam perintah chmod 777 ialah perintah untuk memberikan izin agar metasploit dapat terinstall dengan benar.

Apa Fungsi Metasploit?

Setelah berhasil melakukan installasi mungkin kamu harus tau mengenai apa saja fungsi yang bisa dilakukan oleh metasploit. Jadi gak hanya asal install saja, namun paham juga mengenai fungsinya.  

Metasploit framework memiliki fungsi yang cukup banyak, salah satunya ialah melakukan tes penetrasi pada keamanan suatu jaringan. Selain itu berfungsi juga untuk memahami cara kerja jika ada serangan.  

Itu hanya sedikit fungsi dari banyak fungsi lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para profesional. Mungkin diantara kalian masih ada yang lebih paham dibandingkan dengan saya.  

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara install metasploit di termux, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.    

Leave a Comment