Komposisi Fotografi Rule of Thirds

Komposisi Fotografi Rule of Thirds

Originally posted on April 22, 2021 @ 5:36 am

Nah pada kesempatan kali ini asalkata akan membahas mengenai komposisi fotografi rule of thirds. Komposisi ini merupakan salah satu komposisi yang paling mudah untuk dilakukan oleh para fotografer.

Kenapa komposisi Rule of Thirds sering digunakan oleh fotografer? Hal tersebut karena foto dengan hasil komposisi ini memiliki keseimbangan yang sempurna serta merupakan titik awal yang sangat baik untuk komposisi foto yang lain.

Apa Itu Rule of Thirds?

Rule of Thirds adalah komposisi dalam fotografi yang menempatkan objek atau subjek pada sepertiga frame kamera atau foto. Coba anda bayangkan jika foto anda terbagi menjadi 9 segmen yang terbentuk dari 2 garis vertikal dan 2 garis horisontal.

Coba perhatikan foto di bawah ini.

apa itu rule of thirds?
Sangat Menariik bukan?

Rule of Thirds merupakan komposisi yang paling terkenal dalam dunia fotografi. Prinsip dalam komposisi ini anda harus menempatkan elemen foto terpenting kamu disepanjang garis tersebut, atau poin dimana garus tersebut memotong bagian dalam gambar.

Dengan cara tersebut bisa menambah keseimbangan dan kesan indah dalam foto anda. Kamera sekarang ini hadir dengan berbagai pilihan komposisi rule of thirds secara otomatis pada layar preview kamera, sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Komposisi Merupakan Kunci

Saat melihat sebuah foto terlihat bagus, tentunya ada alasan kenapa foto tersebut bisa terlihat indah. Secara sederhana, komposisi adalah elemen visual dari sebuah foto yang membuat foto tersebut terlihat lebih menarik.

Misalnya saja seperti penempatan objek, subjek, titik fokus, serta layout keseluruhan foto.

komposisi adalah kunci
komposisi adalah kunci

Cara Memotret Foto Rule of Thirds

cara memotret foto dengan komposisi rule of thirds

Jika anda menempatkan POI (Point of Interest) di sepanjang garis, maka kamu akan mendapatkan foto yang lebih seimbang. Kenapa? Hal tersebut dikarenakan mata orang secara alami akan mengarah ke salah satu titik tersebut saat melihat hasil foto anda.

Saat anda melakukan framing kepada foto yang anda ambil, bayangkan saja pemandangan tersebut terbagi menjadi 9 bagian dan coba untuk memikirkan elemen yang paling penting dalam frame foto tersebut. Coba posisikan objek tersebut berada di dekat garis bayangan anda.

Jika anda merasa kesulitan dalam memposisikan objek utama dalam sepertiga bagian frame kamera, anda bisa mengaktifkan garis bantu pada pengaturan kamera anda.

Caranya cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya, simak dengan baik.

  1. Aktifkan kamera anda.
  2. Setelah itu klik tombol menu ke kamera anda.
  3. Lalu cari pengaturan Grid Display, dan pilih opsi menu Grid 1.
  4. Selesai.

Baca Juga: Jenis-Jenis Fotografi

Contoh Penggunaan Rule Of Thirds

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan dari rule of thirds, antara lain.

1. Landscape

rule of thirds fotografi~landscape

Banyak fotografer yang menempaptkan posisi cakrawala di sepanjang bagian tengah bingkai, sehingga foto terlihat seperti terbelah 2 (dua). Jika anda ingin menggunakan komposisi rule of thirds, maka anda harus menempatkan cakrawala sejajar dengan 1/3 bagian bawah maupun 1/3 bagian atas.

Jika saat anda memotret langit sedang menarik, maka posisikan cakrawala pada 1/3 bagian bawah, hal tersebut memungkinkan anda untuk mengisi 2/3 bagian frame foto dengan langit yang sedang menarik.

Tapi jika anda memiliki latar depan yang menarik, maka lebih baik anda menempatkan cakrawala pada 1/3 bagian atas.

2. Moving Object

moving object rule of thirds

Saat anda ingin memotret objek yang bergerak, maka tempatkan mereka sesuai dengan aturan role of thirds, tapi anda jangan lupa untuk memperhatikan arah kemana objek bergerak.

Sediakan ruang yang cukup di depan foto objek untuk menunjukan kemana mereka akan bergerak. Hal tersebut untuk menolong para penikmat foto membayangkan kemana objek tersebut akan bergerak.

3. Makhluk Hidup

rule of thirds ~ makhluk hidup

Posisikan orang ke satu sisi bingkai untuk memberikan sedikit ruang serta tunjukan lingkungan subjek yang ingin anda ambil. Mata merupakan hal pertama yang diperhatikan oleh para penikmat foto, maka dari itu memposisikan subjek berada jauh dari bagian tengah akan mendapatkan komposisi yang snagat menarik.

Posisikan subjek anda disepanjang garis grid bagian atas, dimana dua garis saling berpotongan. Jika anda sudah mengambil gambar dari bagian samping dan serta hanya bisa melihat sat mata, maka psisikan mata tersebut pada titik poton dua garis semu (garus rule of thirds).

Nah itulah pembahasan mengenai komposisi fotografi rule od thirds. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.