2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Gelap Terbaru 2020

Selfie merupakan suatu hal yang sangat digemari oleh kalangan remaja, terutama perempuan. Banyak sekali gaya selfie yang membuat foto terlihat tidak kaku, namun untuk terlihat indah dibutuhkan rumus lightroom selfie yang keren.  

Rumus lightroom selfie merupakan sebuah gabungan dari beberapa pengaturan edit lightroom hingga membuat foto menjadi lebih cantik dan sangat cocok jika diupload ke dalam akun sosial media kamu.  

Baca juga: Kumpulan Rumus Lightroom Keren

Rumus Lightroom Selfie Terbaru 2020

Pada kesempatan ini saya memiliki 2 rumus tutorial edit foto selfie lightroom, dari kedua rumus tersebut kamu bisa memilih dan melihat hasil mana yang sangat cocok dengan selera kalian tentunya, sebelumnya kami pernah membahas Rumus Lightroom Abu-Abu, kamu juga bisa menggunakan preset keren tersebut.

Untuk mengingatkan jika setiap foto memiliki warna bawaan yang berbeda, jika hasil yang telah kamu buat berbeda dengan yang saya contohkan maka itu karena warna dasar tersebut.  

Oleh sebab itu kamu harus bisa menyesuaikannya dengan cara mengubah rumusnya sedikit hingga sesuai dengan foto kalian. Namun itu hanya terjadi dibeberapa teman saya saja, untuk yang lainnya sangat sesuai dan pas dengan yang dicontohkan.

Rumus Lightroom Selfie ala Selebgram

2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Glowing Terbaru 2020

Pertama terdapat rumus lightroom selfie ala selebgram yang tentunya sering sekali digunakan oleh para selebgram, dan untuk hasilnya sendiri lihatlah gambar diatas.  

Karena banyak sekali dari kalian yang mencarinya maka saya ingin langsung saja membagikan tutorial editnya. Berikut adalah rumus lightroom selfie ala selebgram menggunakan platform android.

1. Pencahayaan (light)

2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Glowing Terbaru 2020

Pengaturan pencahayaan tergantung dengan cahaya yang didapat pada foto, karena pada contoh berada diluar ruang ruangan maka kita tidak perlu menaikan Exposure (penchayaan) dan jika foto kalian agak gelap maka bisa menaikannya.

NamaNilai
Pencahayaan0,00EV
Kontras-58
Highlight+34
Bayangan+72
Rona Putih-85
Hitam+69

Selain exposure, apabila foto kamu kekurangan cahaya maka bisa menambahkan Highlight. Karena saya ingin lebih terang maka saya menaikannya hingga ke angka +34.

2. Warna (color)

Selanjutnya masuk ke bagian warna untuk mengatur temperatur, corak dan lainnya. Temp atau temperatur digunakan untuk mengatur suhu pada foto.  

Maksudnya, jika kalian ingin membuat foto terlihat lebih hangat maka bisa menaikan angka temperaturnya. Berikut ini adalah rumus lightroom selfie yang saya gunakan.

NamaNilai
Temp0
Corak0
Vibrance+74
Kejenuhan0

Setelah itu masuk ke menu Kurva bagian warna biru dan aturlah hingga sesuai dengan garis kurva dibawah ini.

2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Glowing Terbaru 2020

3. Campuran Warna (color mix)

Kemudian masuk ke bagian campuran warna untuk mengahsilkan warna yang lebih indah atau unik. Setelah itu ikuti saja rumus lightroom selfie ala selebgram dibawah.

Warna.RonaKejenuhanLuminans
Merah+26+40
Oren-10-10+10
Kuning-100-1000
Hijau000
Biru Muda-28+10
Biru-33-70
Ungu0-1000
Merah Hati000

4. Efek

Dalam menu efek terdapat beberapa tool yang sangat berpengaruh dengan hasil foto yang kita edit. Karena hal tersebut silahkan ikuti rumus berikut dan kamu bisa menyesuaikan agar lebih bagus.

NamaNilai
Tekstur+17
Kejernihan+8
Efek Kabut0
Vignette0
Titik Tengah+50
Feather+50
Kebulatan0
Highlight0
Kuantitas Grain0

Jika ada bagian yang tidak tertulis maka diamkan saja tidak perlu diatur lagi, cukup ikuti yang tertulis pada tabel.

5. Split Tone

Selanjutnya kita masuk ke bagian split tone yang berisi tool highlight, bayangan dan keseimbangan. Namun kamu hanya perlu mengatur tool highlight saja dan biarkan default untuk yang lainnya.

Split ToneHS
Highlight2817
Bayangan00

6. Detail

Tahap terakhir untuk membuat preset lightroom selfie ala selebgram ialah mengatur menu bagian detail yang tentunya akan sangat mempengaruhi foto kalian.

NamaNilai
Menajamkan+13
Radius+1,00
Detail+25
Masking0
Pengurangan Noise+20
Detail+50
Pengurangan Noise Wrna+17
Detail+50
Kehalusan+50

Pada tahap ini kamu sudah berhasil memasang rumus lightroom selfie ala selebgram ke dalam foto kalian. Jika ada pengaturan yang tidak disebutkan maka diamkan saja biarkan default.  

Apabila hasilnya bagus, kamu bisa mengcopy preset tesebut dan pastekan ke foto lainnya agar tidak perlu lagi mengaturnya dari awal.

Rumus Lightroom Selfie Gelap

2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Glowing Terbaru 2020

Selanjutnya saya memiliki rumus lightroom selfie gelap atau dark yang akan dibagikan secara gratis kepada teman-teman. Untuk hasil dari rumusnya bisa dilihat pada gambar diatas, bagaimana? bagus bukan.  

Tidak perlu berlama-lama lagi, mari langsung saja kita masuk ke pengaturan rumusnya. Silahkan sesuaikan pengaturan dibawah ini ke dalam aplikasi lr kalian masing-masing.

1. Pencahayaan (light)

Pertama terdapat pengaturan pencahayaan yang tentunya untuk mengatur gelap terangnya cahaya yang muncul dalam foto.

NamaNilai
Pencahayaan+0,19EV
Kontras-83
Highlight-80
Bayangan+50
Rona Putih-100
Hitam-38

Setelah itu, masuk ke bagian kurva dan buatlah kurva hingga membentuk seperti kurva yang ada di gambar berikut.

2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Glowing Terbaru 2020

2. Warna (color)

Agar memiliki sorotan warna sedikit agak cokelat saya mengatur temperaturnya menjadi +13, dan membuat vibrance menjadi -23. Untuk pengaturan lengkapnya ikuti tabel dibawah.

NamaNilai
Temp+13
Corak-23
Vibrance+45
Kejenuhan-25

3. Campuran Warna (color mix)

Untuk menciptakan warna yang lebih unik serta mengatur bagian-bagian warna yang ingin kita atur maka bisa membuka menu campuran warna dan aturlah seperti ini.

Warna.RonaKejenuhanLuminans
Merah-22-30-3
Oren-15-28+4
Kuning-100-80+10
Hijau-100-55-20
Aqua-100+80-34
Biru-31-73-50
Ungu-10000
Merah Muda-10000

4. Split Toning

Selanjutnya pilih split tone dan aturlah seperti pada tabel untuk membuat rumus lightroom gelap ala selebgram.

NamaNilai
Tekstur0
Kejernihan+22
Efek Kabut+61
Vignette-26
Titik Tengah+100
Feather+80
Kebulatan0
Highlight0
Kuantitas Grain0

5. Detail

Langkah terakhir yang harus kita setting ialah menu detail yang berisi beberapa tool keren. Untuk settingannya silahkan sesuaikan dengan rumus yang saya berikan.

NamaNilai
Menajamkan+20
Radius+1,00
Detail+25
Masking0
Pengurangan Noise+18
Detail+50
Pengurangan Noise Wrna+22
Detail+50
Kehalusan+50

Akhirnya kamu telah berhasil memasukan rumus lightroom selfie gelap ke dalam foto kalian. Jika masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar.  

Saya pertegas jika preset yang saya bagikan jangan dijadikan sebagai patokan, namun harus dijadikan sebagai referensi untuk membuat rumus yang jauh lebih keren.  

Demikianlah pembahasan kita mengenai dua rumus lightroom selfie keren, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman.

4 thoughts on “2 Rumus Lightroom Selfie Ala Selebgram & Gelap Terbaru 2020”

Leave a Comment