Konsep dan Tips Foto Human Interest

Konsep dan Tips Foto Human Interest

Fotografi Human Interest (HI) adalah foto yang menggambarkan manusia dengan hubungan emosi serta simpati yang dalam. Mungkin akan sedikit sulit saat membedakan perbedaan antara fotografi Human Interest dengan foto portrait biasa.

Dalam jenis fotografi human interest memang dibagi lagi menjadi beberapa sub bab, misalnya saja seperti stree photography, potrait photography, journalism photography, wedding photography, dan sport photography.

Meskipun dibagi menjadi banyak sub kategori, tapi kebanyakan foto human interest menggambarkan kehidupan masyarakat dengan ekonomi lemah atau di daerah urban karena bisa dengan mudah mengambil emosi.

Tapi sebenarnya human interest tidak terbatas pada subjek kelas bawah saja, keberhasilan kelas atas juga bisa masuk dalam kategori human interest.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai fotografi human interest, tapi kami tidak akan membahas secara teknik.

Macam-Macam Fotografi Human Interest

Macam-Macam Fotografi Human Interest
Photo by Falaq Lazuardi on Unsplash

Berikut ini adalah beberapa macam fotografi human interest, antara lain.

  1. Fotografi Pernikahan
  2. Fotografi Jurnalistik
  3. Sport Fotografi
  4. Wedding Fotografi
  5. Portrait Fotografi

Tips Foto Human Interest

Photo By Admin Asalkata

Bagaimana? Tertarik belajar memotret human interest?. Jika anda tertarik dengan jenis fotografi yang satu ini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat memotret human interest, antara lain.

1. Jangan Malu

Jika anda mendekati orang dengan car ayang offensive, maka subjek akan merasa takut atau merasa tidak nyaman akan kedatangan anda. Nah itulah yang menjadi salah satu tantangan saat anda ingin memotret Human Interest.

Jika subjek merasa tidak nyaman, cobalah untuk bercanda dengan mereka menceritakan mengapa anda ingin memotret mereka. Jika anda merasa malu, cobalah untuk berlatih dengan orang yang anda kenal supaya merasa lebih percaya diri.

Jika suasana sudah cair, pengambilan posisi memotret bisa dengan mudah anda lakukan. Hal tersebut sangat penting karena bisa menambah pemahaman anda mengenai subjek yang akan anda foto.

2. Candid

Jika anda ingin mendapatkan reaksi alami dari subjek, sebaiknya mereka tidak sadar kalau sedang difoto anda. Nah itulah yang disebut dengan candid.

Ada beberapa cara supaya anda tidak mengganggu saat melakukan foto candid, seperti:

  1. Tentukan apa yang ingin anda foto, misalnya saja seperti sebuah kios sayuran di pasar.
  2. Cari tempat dengan framing dan komposisi yang bagus.
  3. Tunggu sampai terdapat manusia lewat silih berganti dan menyatu dalam frame kamera anda.
  4. Ambil beberapa foto untuk nantinya anda seleksi, mana foto yang terbaik.

Jika anda menggunakan lensa tele, mungkin orang-orang tersebut tidak akan merasa anda sedang memotretnya. Tapi jika anda menggunakan lensa kit, mereka akan menyadari jika anda sedang memotret mereka, sehingga membuat adegan yang tidak alami. Misalnya saja seperti melambai, tersenyum, memandang ke kamera.

Antisipasi Perilaku Manusia

antisipasi perilaku manusia
Photo by Farhan Abas on Unsplash

Jika anda ingin memotret Human Interest tapi menunggu sampai melihat orang melakukan adegan, maka sudah terlambat. Hal tersebut dinamakan dengan decisive moment.

Kunci dari foto human interest adalah memperhatikan subjek dengan cermat, pastikan kamera sudah siap untuk memotret, atur aperture dan shutter speed terelebih dahulu sehingga anda tidak perlu setting lagi saat ingin memotret.

1. Memahami Kebiasaan Orang

Kita sebagai manusia tentu memahami sifat manusia serta menyadari bagaimana orang bereaksi dalam situasi tertentu. Misalnya saja jika seseorang duduk di kafe, dia biasanya akan melihat ke atas jika pelayan mendekat.

Pikirkan tentang situasi yang akan difoto serta bagaimana orang-orang akan bertindak. Lalu persiapkan diri anda untuk momen tersebut.

2. Melibatkan Subjek Anda

Saat anda ingin memotret Human Interest, anda juga bisa sekaligus belajar untuk mengatasi rasa malu. Anda bisa mendekati orang secara terbuka dan ramah, lalu terangkan mengenai siapa anda dan apa yang ingin anda lakukan di tempat tersebut.

Jangan langsung masuk ke area tersebut dengan kamera anda menyala. Atau lebih baik jika kamera anda masih berada di tas saat pertama kali mendekati orang, supaya orang tersebut tidak takut.

3. Candid dengan Persetujuan

Candid dengan persetujuan dari subjek foto dibuat saat anda ingin terlibat dengan subjek dan subjek sadar akan keterlibatan anda ini.

Foto adalah catatan atau memori mengenai hubungan fotografer dengan subjeknya. Hubungan disini bisa terlihat jelas, misalnya saja seperti subjek melihat langsung ke kamera, seakan akan subjek sedang berkomunikasi. Atau bisa hubungan samar, tersirat karena gambar akan terlihat lebih alami.

Nah itulah pengertian dan tips foto human interest yang bisa anda terapkan. Jika masih ada pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.