Cara Upload Podcast di Spotify

Cara Upload Podcast di Spotify – Saat ini tren Podcast menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Kamu bisa mendengarkan podcast di berbagai macam aplikasi yang menyediakan layanan streaming podcast, salah satunya adalah Spotify.

Selain digunakan sebagai aplikasi streaming musik, Spotify juga menyediakan layanan streaming podcast yang terdiri dari berbagai macam topik. Aplikasi Spotify bisa kamu download secara gratis tanpa membayar biaya sepeserpun.

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang podcast, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu apa itu podcast.

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah sebuah konten yang berbentuk audio digital yang membahas berbagai macam topik secara berseri serta bisa didengar kapanpun dan dimanapun. Kata Podcast adalah gabungan dari kata Ipod dan Broadcasting, pertama kali muncul pada tahun 2005 bersamaan dengan peluncuran Ipod dari Apple.

Setelah mengetahui apa itu podcast, saatnya kita membahas mengenai cara membuat Podcast di Spotify dengan baik.

Cara Membuat Podcast Spotify

Sebelum memulai membuat podcast ada beberapa alat yang harus kamu siapkan, seperti:

  1. Komputer/Laptop
  2. Mixer
  3. Kamera
  4. Pop Filter
  5. Software Audio Editing
  6. Mikrofon

Itulah beberapa alat yang harus kamu siapkan sebelum membuat podcast. Tapi jika kamu memulai dari budget yang tidak terlalu besar, kamu hanya perlu mempunyai mikrofon, komputer, dan software audio editing.

Jika sudah, seilahkan iktui cara-cara dibawah ini untuk membuat podcast Spotify yang efektif.

1. Menentukan Topik

Langkah yang pertama adalah kamu harus menentukan topik yang akan diangkat di podcast kamu. Usahakan memilih topik yang kamu pahami dan sukai, ada baiknya kamu memilih topik yang belum banyak dibahas oleh orang lain.

2. Buat Narasi Podcast

Narasi akan membantu kamu untuk memandu jalannya podcast dengan baik. Tapi perlu kamu ingat juga jika jangan terlalu terpaku dengan membaca narasi yang sudah kamu siapkan, artinya kamu juga perlu improvisasi di podcast yang kamu buat.

3. Recording

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah software Audacity, software ini bisa kamu install di sistem operasi MacOS dan Windows. Setelah memasang mikrofon dengan komputer dan sudah membuka software Audacity, saatnya memulai rekaman sesuai dengan narasi dan topik yang sudah ditulis tadi.

Jika proses recording sudah selesai, silahkan dengarkan lagi rekaman tadi untuk memastikan tidak ada error. Edit rekaman tersebut sesuai dengan part-part yang sudah kamu susun, gunakan format SO/IEC 11172-1 MPEG-1 dengan bitrate antara 96 sampai 320 kbps. Simpan hasil editan rekaman tersebut dalam format MP3 dan pastikan file tidak melebihi 200 MB.

4. Tentukan Nama dan Cover Podcast

Usahakan untuk memilih nama yang unik dan bisa mendeskripsikan konten podcast kamu. Pastikan juga judul dari episode podcast tidak melebihi 20 karakter, jangan lupa juga membuat cover image yang menarik. Gunakan gambar tanpa copyright supaya kamu terhindar dari berbagai masalah.

5. Upload File Ke Spotify

Setelah semua hal sudah disiapkan, sekarang saatnya kamu mengupload podcast kamu ke Spotify. Berikut ini adalah cara upload file podcast ke spotify, simak dengan baik.

  1. Buka halaman Spotify for Podcaster atau klik disini.
  2. Setelah itu masuk menggunakan Spotify kamu.
  3. Pilih Get Started pada halaman Submit your podcast.
  4. Centang pada kotak Terms and Conditions lalu klik Continue.
  5. Masukkan link RSS feed kamu pada kotak yang sudah disediakan.
  6. Judul dan cover podcast akan secara otomatis muncul pada kotak kanan, lalu klik Next.
  7. Pada bagian Add podcast info, jangan lupa untuk melengkapi berbagai informasi seperti negara, kategori, bahasa, dan penyedia layanan. Jika semua sudah terisi, klik Next.
  8. Klik Submit.

Setelah itu konten podcast kamu di review oleh tim Spotify dan tunggu hasil proses review beberapa hari.

Nah itulah cara membuat podcast di Spotify. Jika kamu masih kebingungan, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar

Leave a Comment