Cara Merubah Ukuran Foto 120 KB Untuk CPNS

Pemerintah melalui BKN (Badan Kepegawaian Negara) sudah membuka pendaftaran Calon Pegaawai Negeri Sipil (CPNS). Tapi dalam salah satu alur pendaftaran, para pelamar wajib meng-upload foto dalam ukuran terentu.

Menurut informasi dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS, menjelaskan bahwa foto yang diunggah harus mempunyai ukuran minimal 120 Kb dan maksimal 200 kb serta harus memiliki format JPG atau JPEG.

Bagi para pelamar yang mempunyai foto ukuran lebih dari 200 kb, kamu harus dikompres/dikecilkan menjad kurang dari kapasitas tersebut. Sedangkan jika kamu memiliki foto dengan ukuran kurang dari 120 kb maka tidak jadi.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online

Cara yang satu ini sangat praktis, sebab tak membutuhkan software di PC/Laptop. Kamu hanya perlu mengecilkan ukuran foto dengan cara di bawah ini, simak dengan baik.

1. Buka halaman Pixlr Express atau klik disini, tapi perlu kamu perhatikan jika halaman yang kamu buka adalah versi old dari pixlr express.

2. Setelah halaman tersebut terbuka secara utuh, silahkan klik ikon Browse yang ada pada sebelah kiri untuk memilih foto yang ingin kamu kecilkan/kompres.

Cara Mengecilkan Foto 120 KB

3. Setelah foto yang kamu pilih terbuka, lalu klik tombol Save di pojok kanan atas.

4. Setelah itu pada kotak Quality, geser bar ke kiri hingga ukuran foto tersebut turun menjadi kurang dari 200 KB dan lebih dari 120KB.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Untuk Daftar CPNS

5. Jika sudah klik tombol Save serta pastikan kamu memilih format .jpeg atau .jpg.

Nah itulah cara mengecilkan foto tanpa menggunakan software tambahan. Jika kamu masih bingung dengan langkah di atas, di bawah ini adalah cara mengecilkan foto secara offline.

Cara Mengecilkan Foto Secara Offline

Cara yang satu ini cukup sangat praktis jika di PC/Laptop kamu terdapat software edit foto. Jika kamu menggunakan sistem operasi windows, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan software Paint. Berikut ini adalah cara mengecilkan foto secara offline, simak dengan baik.

1. Buka software Paint.

2. Setelah itu klik tombol menu yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Open untuk memilih foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya.

3. Setelah foto yang kamu pilih terbuka, klik Resize lalu pilih Percentage.

4. Pada menu tersebut, centang percentage horizontal atau vertikal yang disesuaikan dengan kapasitas asli ukuran foto tersebut. Jika foto kamu mempunyai ukuran 4 mb atau lebih, kamu bisa memilih percentage 50 untuk mengubah ukuran menjadi setengahnya.

5. Jika ukuran foto kamu masih lebih dari 200 kb ulangi langkah di atas, tapi perlu kamu ingat jangan sampai kurang dari 120 kb.

6. Jika sudah sesuai silahkan klik tombol Save dan pastikan foto yang kamu simoan dalam format .jpeg atau .jpg.

Nah itulah cara untuk mengecilkan foto menjadi 120 kb untuk daftar cpns. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jika kamu masih bingung, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

Leave a Comment