Cara Membuat Daftar Isi di Word

Ketika Anda membaca buku, Anda tentu akan melihat daftar isi di bagian depan buku tersebut. Dengan melihat daftar isi, Anda dapat mengetahui bagian-bagian dari buku tersebut dengan lebih mudah dan terstruktur. Nah berikut ini adalah cara membuat daftar isi di word dengan mudah.

Hal ini berlaku pula ketika Anda membuat dokumen. Bagi Anda yang membuat dokumen atau artikel di Word dengan jumlah halaman yang banyak, ada baiknya untuk menyisipkan daftar isi di bagian awal.

Langkah Membuat Daftar Isi di Word

Catatan: Pada artikel berikut, ilustrasi-ilustrasi yang ada diambil dari Microsoft Word 2019. Akan tetapi, versi 2019 tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word 2016, 2013, dan 2010. Oleh karena itu, Anda juga dapat menggunakan panduan ini pada Microsoft Word 2016, 2013, dan 2010.

Baca juga: Cara Mengganti Email Facebook

Salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui ketika belajar Microsoft Word adalah cara membuat daftar isi. Di Microsoft Word, Anda dapat membuat daftar isi dengan menggunakan fitur Table of Contents.

Fitur ini akan memasukkan tulisan yang menggunakan Heading sebagai judul bab di daftar isi secara otomatis. Pembagian judul bab dan subbab ini dapat atur melalui jenis Heading yang digunakan (Heading 1, Heading 2, Heading 3, dst).

Microsoft Word juga memberikan kebebasan untuk mengatur tampilan dari daftar isi yang Anda buat, seperti jenis Tab Leader, format daftar isi, dll.

Sebelum kita memulai membuat daftar isi, pastikan tulisan Anda (judul bab/ subbab) telah menggunakan Heading. Jika Anda belum menggunakan heading pada dokumen Anda, pilih dan seleksi tulisan yang akan dijadikan bab/ subbab lalu pilih Heading yang diinginkan.

Heading dapat Anda temukan pada bagian Home di kelompok Styles. Berikut gambar letak dari format Heading pada Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Isi di Word

Sesudah mengatur Heading di tulisan Anda, sekarang kita akan menambahkan Table of Contents ke dokumen. Untuk menambahkan Table of Contents, pilih References > Table of Contents > Automatic Table 1 atau 2.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan tipe Automatic sehingga semua Heading pada tulisan Anda akan terdeteksi secara langsung dan tertera pada daftar isi (Anda tidak perlu untuk menulis nama judul secara manual). Berikut gambar style Table of Contents dengan format Automatic.

Cara Membuat Daftar Isi di Word

Apabila Anda menambahkan bab/ subbab baru, maka Anda perlu untuk memperbaharui daftar isi yang ada. Untuk memperbaharui daftar isi, pilih Update Table pada bagian kanan atas daftar isi atau pilih References > Table of Contents > Update Table. Hal ini penting untuk diingat agar semua perubahan pada bab/ subbab ataupun nomor halaman tersimpan.

Setelah mengklik Update Table, Anda akan memiliki 2 opsi, yaitu:

  • Update page numbers only: Opsi ini akan memperbaharui perubahan nomor halaman saja. Perubahan judul bab/ subbab tidak akan dimasukkan ke dalam daftar isi.
  • Update entire table: Semua perubahan yang Anda lakukan baik pada nomor halaman ataupun judul bab/ subbab akan diperbaharui di daftar isi.
Cara Membuat Daftar Isi di Word

Setelah Anda memilih opsi yang diinginkan klik OK. Perubahan pada daftar isi dapat langsung Anda lihat.

Mengubah Style Daftar Isi

Salah satu kelebihan Microsoft Word adalah Anda dapat membuat daftar isi dengan tampilan gaya/ style yang sesuai dengan dokumen Anda. Untuk mengatur tampilan dari daftar isi Anda, pilih References > Table of Contents > Custom Table of Contents. Anda akan melihat kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa

cara Membuat Daftar Isi di Word

Dari ilustrasi di atas, berikut dapat Anda lihat fungsi dan keterangan dari masing-masing bagian:

Print previewMenampilkan contoh dokumen Anda ketika dicetak dengan setting yang telah dipilih
Web previewMenunjukkan bagaimana tampilan dokumen Anda pada web
Show page numbersMenampilkan nomor halaman pada daftar isi
Right align page numbersMeletakkan nomor halaman pada bagian kanan margin dari daftar isi
Tab leaderMengatur jenis garis pada daftar isi (titik-titik, garis putus-putus, atau tanpa garis/ none).
FormatsMengatur style/ model dari daftar isi
Show levelMengatur tingkatan bab atau subbab pada daftar isi
OptionsMengatur daftar isi Anda secara lebih spesifik (Multiple Heading, Heading, Headers. Footers, Comment Text, etc)
ModifyMengatur style dan penjorokan dari daftar isi yang digunakan.

Sekian artikel kami mengenai panduan dalam membuat daftar isi di Microsoft Word. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda membuat daftar isi pada dokumen.

Leave a Comment